Keunggulan Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor
Menu

Keunggulan Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor

gedung asrama putra kampus 3

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
gedung asrama putra kampus 3
gedung asrama putra kampus 3

Pesantren Darunnajah adalah Pesantren modern yang berkembang di 17 lokasi di seluruh penjuru Indonesia. Sejauh ini ada 57 satuan pendidikan dengan 10 ribu santri yang insyaallah akan terus bertambah. Salah satu cabang kedua Pesantren Darunnajah yang terletak di Kab. Bogor adalah Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining. Ponpes Darunnajah 2 Cipining berada di atas lahan seluas 170 hektare tepatnya di Ds. Argapura Kec. Cigudeg Kabupaten Bogor Jawa Barat. Lingkungan yang asri, teduh dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan membuat para santri nyaman dan senang belajar di Pesantren. Ditambah dengan panorama serta pemandangan yang begitu memukau.

Kurikulum Pondok Pesantren Darunnajah adalah perpaduan antara kurikulum pondok modern Darussalam Gontor, kurikulum Nasional dan juga Salaf. Darunnajah juga menerapkan sistem bilingual language yaitu mengajarkan Bahasa arab dan inggris baik dalam aplikasi pembelajaran di sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari. Pesantren Darunnajah merupakan lembaga pendidikan islam yang Independen, yakni tidak berafiliasi kepada partai politik atau organisasi masyarakat tertentu. Motto Pesantren Darunnajah adalah “berdiri di atas dan untuk semua golongan”.

Darunnajah 2 Cipining juga Pesantren dengan lembaga pendidikan terlengkap baik untuk santri putra maupun putri, terlebih hampir semua lembaga sudah terakreditasi “A”. diantaranya terdapat PAUD, TK, MI, SMP/MTS, MA/SMK bahkan hingga Perguruan Tinggi. Di samping itu, Pesantren juga menyediakan asrama bagi santri yang masih duduk di bangku SD/MI yang di sebut dengan Santri Cilik.

Tak hanya itu, Pesantren juga menyediakan banyak beasiswa sekolah untuk santri. Terdapat 3 kategori beasiswa sekolah yang ditawarkan, yakni santri berprestasi dengan nilai akademik rata-rata 86,00, Santri Beasiswa Tahfizhul Qur’an dan juga Santri Kader Pesantren (Ashabunnajah). Alumni Darunnajah tersebar di seluruh Indonesia dan dunia, baik swasta maupun negeri. Sejauh ini para alumni Darunnajah 2 Cipining berhasil meraih berbagai beasiswa kuliah di luar negeri seperti Mesir, Madinah, Turki, Pakistan, Arab Saudi, Lebanon, Maroko, Malaysia dll.

Pesantren Darunnajah 2 Cipining dipimpin oleh KH. Jamhari Abdul Jalal Lc, alumni KMI/ IPD Gontor dan Universitas Ummul Quro Mekah. Alhamdulillah, memasuki awal tahun ajaran 2017-2018 jumlah santri Darunnajah 2 Cipining mencapai 2.227 orang, 246 Guru, 91 Adminstratur dan 116 Karyawan.

Selain menjunjung tinggi nilai pendidikan formal di sekolah, Pesantren Darunnajah juga unggul dalam Extrakulikluler. Setiap harinya para santri disuguhkan berbagai kegiatan menarik dan edukatif agar mampu mengasah bakat para santri dalam berbagai bidang seperti Olahraga, Kesenian, Kepramukaan, Silat, Jurnalistik, Drumband, Pidato dll.

Pesantren Darunnajah juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti Asrama, Koperasi, Wisma (Guest House), Lapangan Olahraga, Kolam Renang, Sekolah, Perkantoran, Laboratorium, Poskestren, Perpustakaan, Masjid, dll. Selain itu, Pesantren juga terus berkembang dalam sektor usaha. Adapun beberapa unit usaha yang dikelola oleh Darunnajah Cipining diantaranya: Waserda, Kantin, Walapa, Pulsa, Tabungan santri, DNC Production House, Darunnajah Tour and Travel, Warung Telekomunikasi, Poskestren (Pos Kesehatan Pesantren), Fotokopi, Laundry, Barbershop, Rental Kayu, Oven Kayu, Mebeuler, Rental Truk, Perkebunan, Penginapan Wisma, Panen Madu Asli dan juga memproduksi Santri Roti & Bakery.

Salah satu program unggulan yang ditawarkan oleh Pesantren Darunnajah 2 Cipining adalah program Tahfizh Al-Qur’an. Program yang tengah berdiri sejak tahun 1998 terus berkembang sampai saat ini. Peminatnyapun semakin bertambah di setiap tahunnya. Para penghafal Al-Qur’an juga diberikan ruang asrama yang cukup nyaman. Tahun 2018 bulai Mei lalu tepatnya dalam acara Khaflatu Takharruj atau perpisahan santri kelas akhir, Pesantren Darunnajah Cipining mampu mencetak 30 santri penghafal Qur’an sebanyak 30 Juz. Insyaallah berikutnya pesantren akan terus dibanjiri oleh para hafizh Al-Qur’an.

Selain belajar intens ilmu agama dan juga pengetahuan umum di sekolah, para santri juga dibekali dengan pengalaman berorganisasi di asrama. Tak salah bahwa santri bukan hanya cerdas dalam bidang akademis namun juga cerdas dalam hal sosial. Hal tersebut diperkuat dengan berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh pesantren di setiap tahunnya seperti Safari Dakwah, PDPM (Praktik Dakwah dan Pengembangan Masyarakat), PRAKERIN (Praktik Kerja Industri), Riset SMK, Fathul Kutub, Attarbiyah Amaliyah (praktik mengajar). IHRAM (Ihya Ramadhan), Rihlah (Study Tour Pengurus OSDC dan Koordinator), KMD (Kursus Mahir Dasar), Ifthor Shoimin, LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan), PORSEKA (Pekan Olahraga Seni dan Pramuka), PIKSA (Pekan Ilmiah dan Ketrampilan Santri), Wisuda Tahfizh dan Gebyar Kesenian Santri Cilik, DLC (Darunnajah Language Competition), Sima’an Akbar Tahfizh Qur’an 30 Juz, Drama Contest dan Nisaiyyah.

Menginjak Kesyukuran 30 tahun Pesantren Darunnajah 2 Cipining, lembaga ini juga tengah menorehkan banyak prestasi diantaranya: PPMB yang berhasil meraih ratusan calon santri, pengesahan STAI (Sekolah Tinggi Agama Islam) Darunnajah Bogor, para santri yang mampu menjuarai beberapa event diantaranya LP3 Gontor, Persada, Gagak, Wonderkind Festival Jabodetabek, Kejuaraan SBDC dalam Pakuan Cup 2018, 4 santri kelas 6 raih predikat Mumtaz dalam ujian Niha’I, 13 Alumni Darunnajah Cipining lanjutkan S1 di luar negeri, 2 santri Darunnajah Cipining raih hadiah umroh dalam ajang MHQ (Musabaqah Hifzhil Qur’an Nasional) ke 3 di Darunnajah Jakarta, Juara Favorit ASCO se Jawa Barat 2017, Peringkat 3 Ecopontren Se-Kabupaten Bogor, Santri Mts Juarai AKSIOMA (Ajang Kompetisi Seni Dan Olahraga) 2017, MI Darunnajah Cipining Juara KSM 2017, RA Darunnajah 2 Juara  Umum AKSERA 2017, Santri Putra Juara 3 Al-Mizan Scout Championship tingkat Penggalang dan masih banyak lagi.

Setiap semesternya aneka informasi dan berita seputar Pesantren dimuat dalam sebuah majalah yang disebut WARDAN (Warta Darunnajah) yang dikelola langsung oleh sejumlah guru kompeten dalam hal jurnalistik. Majalah tersebut berisikan informasi terkini seputar kegiatan maupun prestasi santri, Perkembangan Pesantren dalam berbagai sektor serta kabar mengenai para alumni baik dalam kancah Nasional maupun Internasional.

Selain bergerak untuk menciptakan lingkungan yang menarik serta melengkapi berbagai fasilitas di sekolah maupun asrama, Pesantren juga terus berusaha meningkatkan sumber daya manusia baik bagi santri dan gurunya. Hal tersebut terlihat dari berbagai seminar yang diselenggarakan setiap bulan maupun tahunnya yang meliputi berbagai bidang seperti Kesehatan, Olahraga, Pendidikan, Kesenian, Keagamaan, Bahasa, Jurnalistik, Kepramukaan dll.

Tak kalah menarik, pada pertengahan Bulan Februari 2018 pesantren juga mengadakan ekstrakulikuler tambahan bagi para santrinya yakni “Panahan”. Kegiatan memanah adalah salah satu cabang olahraga favorit yang sangat diminati oleh para santri Darunnajah Cipining.

(WARDAN/Annisa)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Maklumat Pimpinan Terkait Peraturan Terbaru Kedatangan Santri

Maklumat Pimpinan Pesantren Annur Darunnajah 8 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 dan Kedatangan SantriMaklumat Pimpinan Pesantren An-Nahl Darunnajah 5 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 Dan