Kelemahan Ras Adam as Menurut Al-Qur’an

Kelemahan Ras Adam as. Menurut Al Quran

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Sebagaimana kita ketahui bahwa ras Adam as. Yang merupakan bagian dari Makhluk hidup di planet bumi ini mempunyai kelebihan  dari makhluk serupa yang telah hadir di planet bumi ini, yaitu :

  1. Sebagai khalifah-NYa di bumi,
  2. Memiliki kebebasan,
  3. Sebagai makhluk yang mengakui Tuhan dan keesaan-Nya,
  4. Memliki rasa tanggung jawab,
  5. Dan sebagainya.

Tetapi, perlu kita ketahui di dalam kelebihannya Allah Swt. Menciptakan kekurangan bagi manusia yang terkadang kita sendiri lupa dan bahkan mengabaikan kelemahan tersebut. Disebabkan nafsu duniawi yang terus menyelimuti diri kita sehingga menjadikannya lupa untuk ber-muamalah dengan sang khaliq, Allah Swt. Dan muhasabah diri sendiri.Dan akhirnya keangkuhan, kesombongan menjadi akhir hidupnya.

Kelemahan Ras Adam as. Menurut Al Quran
Kelemahan Ras Adam as. Menurut Al Quran,Sumber Foto weclipart.com

Angkuh/sombong merupakan kelemahan yang sangat bebahaya, bahkan sifat inilah yang merupakan dosa awal makhluk. Hal inilah yang terjadi oleh Iblis ketika membangkang perintah Allah untuk bersujud kepada Adam.

Allah Swt. Berfirman ,;

(و إذ قلنا للملائكة اسجدوا لأدم فسجدوا إلا إبليس أبي واستكبر و كن من الكفرين (البقرة)

Dan (ingatlah) ketika kami berfirman kepada para malaikat,”sujudlah kamu kepada Adam,” maka sujudlah mereka kecuali iblis; ia enggan dan takabbur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang kafir. (QS Al Baqarah [2]:34)

Bahkan dalam surat yang menjelaskan mengapa iblis enggan dan sombong untuk bersujud didepan Adam sebagamana yang diperintahkan Allah Swt. Kepada malaikat-Nya.Allah berfirman,” Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu aku menyuruhmu ?” Iblis mnjawab,” Saya lebih baik dari padanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia engkau ciptakan dari tanah.” (QS Al A’raf [7]:12)

Setelah kita perhatikan dua ayat tersebut, jelaslah bahwa Allah Swt. Tidak menyukai sifat sombong yang dimana sifat tersebut dapat menzhalimi orang lain selain dari itu manusia dapat mudah menjadi iri hati, tamak, pemarah, dan yang lebh parahnya membangkang kepada sang maha pencipta yang demikian terjadi oleh iblis .

Adapun contoh kesombongan yang pernah terjadi kepada seorang mantan Kepala Negara Amerika seperti George Bush yang dilempar sepatu oleh seorang wartawan karena kesombongannya – karena ia tidak mrasa sedikit pun bersalah ketika negaranya menyerang Irak tanpa alasan sehngga menyebabkan ribuan orang mati. Padahal Allah telah berfirman dalam surat Al-Lukman, yang berbunyi ;

وَلاَتُصَعِّر خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلاَتَمشِ فِي الأَرضِ مَرَحًا إِنَّ اللهَ لاَيُحِبُّ كُلَّ مُختَالٍ فَخُورٍ
“Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi     membanggakan diri.”  (QS Al-Lukman : 18)

Dan ini semua merupakan awal dari kehancuran dunia, oleh sebab itu marilah kita memohon kepada Allah Swt. Agar menjadikan kita meninggalkan sifat tersebut yang terkadang tidak kita sadari masih melekat dengan diri kita tentunya dengan do’a dan muhasabah diri atau intropeksi dir kita.. Syukron…

By. Rifal Mustaqim(Ateam),Redaktur:S.Rama Prayogo

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
TK Darunnajah Jakarta

Pentingnya Ilmu

Ilmu adalah cahaya yang menyinari disaat gelap menerpa. begitu pentingnya ilmu sampai ungkapan sahabat yang mengatakan ” JIka kamu menginginkan kebahagian dunia tuntulah ilmu, jika