Darunnajah Cipining kembali bekali santri soal kesehatan dengan  mengadakan seminar Penyuluhan kesehatan Thibbun Nabawi dan Kesehatan Kulit (Scabies) bekerja sama dengan Puskesmas UPF Lebak Wangi di Auditorium Darunnajah Cipining, Senin (18/4/2011). Peserta kegiatan kali ini mulai dari kelas VII MTs/SMP s.d. XI MA/SMK kecuali Kelas IX MTs yang sedang mengikuti pemadatan dan pemantapan materi UN bersama beberapa guru pengajar serta kelas XII MA-SMK yang bertepatan dengan  hari pertama pelaksanaan UN.

Dalam sesi pembuka, hadir Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah Cipining, KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc beserta  ibu dan  beberapa dewan guru. Tampil membawakan susunan acara yaitu Ustadz Husnul Mubarok. Usai pembukaan, acara disempurnakan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dilantunkan dengan Merdu dan penuh khidmat oleh Ustadz Tatang. Dari pembacaan Al-Qur’an tersebut MC bermohon agar acara dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Dalam sambutannya, Bapak Kyai sangat menekankan akan pentingnya harga sebuah kesehatan. Kesehatan menjadi perhatian bersama, terutama pesantren yang menjadi tempat para santri. “Harus kalian ingat anak-anakku sekalian bahwa segala sesuatunya itu tergantung dari diri kita masing-masing. Penyakit yang akan timbul pada diri kita berasal dari perilaku dan perbuatan kita sendiri. Apabila kita bisa hidup sehat tentu berbagai macam penyakit pun tidak akan terjangkit dalam tubuh kita dan juga sebaliknya. Maka dari itu, semoga dengan diadakannya acara penyuluhan kesehatan ini kalian bisa memanfaatkan sebaik mungkin” ujar beliau di depan peserta seminar.

Kegiatan penyuluhan dibagi menjadi 3 sesi. Untuk season pertama diisi oleh Ketua UPF Lebak wangi yaitu Dr. Rika. Beliau menyampaikan berbagai macam penyakit kulit (scabies) sekaligus cara pengobatannya. Dalam sesi awal kali inipun para santriwati dan santriwan berlomba-lomba secara bergantian untuk menanyakan cara pengobatan penyakit kulit. Tak lupa Dr. Rika pun memberikan beberapa tips agar santri bisa mencegah berbagai macam penyakit, terutama penyakit yang mudah sekali menular.

Sesi kedua nara sumber berasal dari UPF Cigudeg. Tak kalah serunya, dalam sesi ini dibahas tentang Penyakit TBC yang biasanya cepat sekali terjangkit pada sistem imunitas seseorang yang lemah. Dari mulai penyebab, jenis-jenis TBC ,dan dampak  penularan maupun pengobatannya pun diterangkan dan dijelaskan secara rinci. Setelah itu panitia memberikan waktu untuk bisa beristirahat sejenak. Untuk mengisi kekosongan tersebut diadakan pula senam Detox yang diberikan sebagai selingan agar para peserta lebih fresh dan bisa mengendorkan otot-otot yang tegang.

Usai beristirahat, sesi ketiga materi terkait Thibbun Nabawi yang dibawakan langsung oleh Ustadz Deni Rusman dan Ustadzah. Nani Karmila. Pada Kesempatan kali ini seluruh peserta pun sangat bersemangat karna dibantu dengan beberapa video yang ditampilkan di layar infocus. Dalam materi kali ini bukan hanya tentang pengobatan ala Rasul saja yang diterangkan tapi nara sumber juga membahasa tentang bahaya merokok sekaligus cara untuk bisa meninggalkan kecanduan terhadap rokok. Dan yang lebih menarik lagi peserta diputarkan rekaman suara Rommy Rafael yang berisi Sugesti Positif  untuk bisa meninggalkan rokok. Alhamdulillah, para santri pun sangat antusias dalam mengikutinya.

Sebelum ditutup, panitia berkesempatan memberikan beberapa doorprize dan hadiah kepada para peserta terbaik dan teraktif dalam acara ini, di antaranya ada Syifa Fauziah, dan Afrizal. Semoga dengan diadakannya seminar penyuluhan kesehatan ini bisa memberikan banyak pengetahuan para santri dalam bidang kesehatan dan mereka dapat mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari. Amin. (Warna/Putri Khoirunnisa)