Jika Seorang Anak Ingin Orang Tuanya Terhormat, Maka Lakukanlah Hal Ini
Menu

Jika Seorang Anak Ingin Orang Tuanya Terhormat, Maka Lakukanlah Hal Ini

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
Jika Seorang Anak Ingin Orang Tuanya Terhormat, Maka Lakukanlah Hal Ini
Jika Seorang Anak Ingin Orang Tuanya Terhormat, Maka Lakukanlah Hal Ini

عَنْ سَهْلِ ابْنِ مُعَاذ عَنْ أَبِيْهِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : “مَنْ قَرَأَ الْقُرْآنَ وَعَمِلَ بِمَا فِيْهِ أُلْبِسَ وَالِدَاهُ تَاجًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ ضَوْؤُهُ أَحْسَنُ مِنْ ضَوْءِ الشَّمْسِ فِي بُيُوْتِ الدُّنْيَا فَمَا ظَنُّكُمْ بِالَّذِي عَمِلَ هذَا”. رواه أحمد وأبو داود وصحّحه الحاكل – الترغيب

Dari Sahl bin Mu’adz dari Bapaknya ra., Rasulullah saw. Bersabda : “Barang siapa membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya apa yang terkandung di dalamnya, maka kedua orang tuanya akan dipakaikan mahkota pada hari kiamat yang cahayanya akan lebih terang daripada cahaya matahati di rumah-rumah yang ada di dunia ini. Maka bagaimana perkiraanmu mengenai orang yang beramal dengannya?”.

 

Suatu berkah dari membaca dan mengamalkan Al-Qur’an adalah orang tua si pembaca akan dikenakan mahkota pada hari kiamat, yang cahayanya begitu kuat sehingga mampu mengalahkan sinar matahari. Seandainya matahari itu berada di rumah kita, sianar matahari itu akan lebih terang dari pada sinar matahari tersebut. Meskipun matahari itu jaraknya sangat jauh, namun sinarnya sangat terang, apalagi seandainya matahari itu berada di rumah kita, pasti cahayanya akan lebih terang lagi.

Demikianlah cahaya mahkota yang akan dipakaikan kepada orang tua si pembaca Al-Qur’an dan mengamalkan isinya. Jika orang tua si pembaca Al-Qur’an saja akan mendapatkan kelebihan yang begitu hebatnya, maka tidak dapat kita bayangkan bagaimana keutamaan orang yang membacanya itu sendiri. Orang yang menjadi perantara saja akan mendapat derajat yang tinggi, apalagi orang yang menjadi penyebabnya, tentu akan memperoleh derajat lebih tinggi lagi. Orang tua yang mendapatkan pahala demikian tingginya, hanya karena mereka telah melahirkan dan mendidiknya.

Hakim meriwayatkan dari Buraidah ra., Nabi saw. bersabda“ barang siapa membaca Al-Qu’an dan mengamalkannya, maka ia akan dikenakan kepadanya sebuah mahkota yang terbuat dari nur (cahaya) dan akan diberikan kepada kedua orang tuanya sepasang pakaian yang keindahannya tidak ada bandingannya di seluruh dunia. Kedua orang tuanya akan bertanya kepada Allah swt., “Ya Allah..mengapa kami dipakaikan pakaian seperti ini ?” Allah menjawab : “karena kalian telah menjadikan anakmu sebagai orang yang membaca Al-Qur’an”.

 

semoga bermanfaat. (dn.com/as)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Maklumat Pimpinan Terkait Peraturan Terbaru Kedatangan Santri

Maklumat Pimpinan Pesantren Annur Darunnajah 8 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 dan Kedatangan SantriMaklumat Pimpinan Pesantren An-Nahl Darunnajah 5 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 Dan