Search
Close this search box.

SEMINAR KEPRAMUKAAN

blank

blank

PAMULANG- Sabtu, 16 September 2023 Pada Pukul 13.45 WIB.

,Darunnajah 9 melaksanakan Seminar Kepramukaan yang bertemakan “Mencetak Generasi Pemuda yang Berkarakter dalam Pembangunan Bangsa” yang disampaikan oleh Kuwartil Cabang Jakarta yaitu Kakak Nurlela S.Pd, beliau seorang guru dan  seorang Pelatih.

Di dalam Seminar ini,menjelaskan tentang Kepramukaan, fungsi Kepramukaan,Manfaat Pramuka dan Gerakan Pramuka.

Diadakan seminar ini  untuk meningkatkan semangat para santri dalam Kegiatan Pramuka dan Menambah pengetahuan tentangkepramukaan.

Kepramukaan adalah sebuah organisasi yang menawarkan pengalaman unik kepada anak-anak dan remaja.

Tujuannya adalah untuk mengembangkan kepemimpinan, kemandirian, dan rasa tanggung jawab.

Pramuka belajar berbagai keterampilan, mulai dari kemahiran bertahan di alam liar hingga keterampilan sosial seperti kerjasama dan komunikasi.

Selain menjadi sarana hiburan dan petualangan, kepramukaan memiliki berbagai fungsi dan manfaat penting dalam pembentukan karakter anak-anak dan remaja.

  1. Pengembangan Karakter

Salah satu fungsi utama kepramukaan adalah membantu dalam pengembangan karakter anak-anak. Dalam kepramukaan,

prinsip-prinsip seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kedisiplinan diajarkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui berbagai kegiatan pramuka, seperti berkemah, mereka belajar untuk menghadapi tantangan, bekerja dalam tim, dan mengatasi hambatan.

Ini membantu mereka menjadi pribadi yang lebih mandiri, percaya diri, dan bertanggung jawa

  1. Pembangunan Kepemimpinan:

Kepramukaan adalah tempat yang baik untuk mengembangkan kepemimpinan. Anak-anak dan remaja dihadapkan pada kesempatan untuk memimpin kelompok mereka, mengambil keputusan, dan mengelola sumber daya.

Mereka belajar untuk memimpin dengan contoh dan berkolaborasi dengan anggota tim mereka.

Kepemimpinan yang terbentuk dalam kepramukaan membawa manfaat jangka panjang dalam kehidupan

  1. Penghargaan dan Prestasi:

Dalam kepramukaan, terdapat berbagai penghargaan dan prestasi.

Pramuka dapat meraih berbagai tanda penghargaan dan tingkat prestasi yang mencerminkan pencapaian mereka dalam berbagai bidang, termasuk keterampilan bertahan hidup, seni, olahraga,

Ini memberikan dorongan motivasi kepada Santriwati untuk terus belajar dan berprestasi.

Gerakan Pramuka berdasarkan tiga pilar utama:

  1. Pilar Kepanduan: Ini melibatkan kegiatan-kegiatan seperti berkemah, orienteering, dan pertolongan pertama. Pilar ini mengajarkan keterampilan dasar yang sangat berguna, baik di alam terbuka maupun dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Pilar Pendidikan Karakter: Pramuka membantu pemuda mengembangkan karakter yang kuat. Ini termasuk pengajaran nilai-nilai seperti kejujuran, kedisiplinan, kerjasama, dan tanggung jawab.
  3. Pilar Kewirausahaan: Pramuka juga mengajarkan kewirausahaan kepada para anggotanya. Ini membantu pemuda belajar tentang mengatur waktu, kreativitas, dan cara berfikir.

 

 

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah