Mr. Jed Taro sebagai Wakil Atase Kebudayaan Dubes Amerika

Tiga Bulan yang lalu tepatnya pada tanggal 18 Mei 2018, Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor kedatangan tamu dari Dubes Amerika yakni Wakil Atase Kebudayaan Mr. Jed Taro Dohnburg. Beliau datang bersama Kak Syafrie Renaldo dan Kak Yusep Supriatna, keduanya merupakan alumni program YES tahun 2016 dan 2008. Tujuan kedatangan Wakil Atase Kebudayaan tersebut adalah untuk berbagi cerita serta pengalaman mengenai kehidupan muslim di Amerika, sejarah berdirinya Islam di Amerika serta mempromosikan salah satu program unggulan Negara Amerika yakni YES (Youth Exchange Students) dan YEASL (Young Southeast Asian Leaders Initiative).

Setibanya Mr. Jed di Darunnajah, beliau disambut langsung oleh Pimpinan Pesantren Darunnajah Cipining dan Panitia Penyelenggara. Setelah berbincang-bincang di ruangan Biro Pengasuhan Santri, Panitia mengantarkan langsung sang tutor ke tempat pertemuan yang dilaksanakan di Aula Asrama Kampus 3 Putra pukul 09.00 WIB. Hadir dalam kesempatan tersebut KH. Jamhari Abdul Jalal Lc selaku Pimpinan Pesantren Darunnajah, Segenap dewan guru, dan juga seluruh santri. Bertindak sebagai Mc yakni Ust. Hifdzi Sobahi.

Dalam sambutannya, Pak Kyai mengucapkan terimakasih atas kedatangan Dubes Amerika yang diwakili oleh wakil atase kebudayaan ke Pesantren. Beliau juga memaparkan tentang sejarah berdirinya Pesantren Darunnajah Cipining, kurikulum yang digunakan hingga pendidikan formal dan informal yang diajarkan kepada santri. Beliau menekankan bahwa di pesantren para santri bukan hanya belajar ilmu agama dan pengetahuan umum, namun juga mengikuti berbagai ektrakulikuler tambahan seperti belajar Bahasa Asing (Arab-Inggris), Pramuka, Drumband, Kesenian, Silat, Panahan, Pidato dll. Selain itu, Pak Kyai juga merasa bangga bahwa sejauh ini sudah ada 5 alumni Darunnajah 2 Cipining Bogor yang telah lolos dalam program YES diantaranya:

  1. Fitriani Susanti
  2. Fikri Indra Silmi
  3. Sinta Komalasari
  4. Yusep Supriatna
  5. Ahmad Shidqi Qushayyi

Tak hanya itu, Pesantren juga mampu memberangkatkan para santrinya untuk dapat melanjutkan sekolah ke berbagai perguruan tinggi yang ada di luar negeri melalui jalur beasiswa. seperti Mesir, Madinah, Pakistan, Maroko, Lebanon, Turki, Malaysia dll. Selama sambutan berlangsung, Pak Kyai didampingi oleh Ust. Syaiful Hadi selaku Translator English.

Berikutnya, giliran sang tutor Mr. Jed Taro Dornburgh yang merupakan keturunan asal 2 Negara yakni Amerika dan Jepang untuk memberikan sambutan sekaligus presentasinya mengenai “Moslem Life in United States”. Materi yang disampaikan cukup menarik karna membahas kehidupan minoritas di Negara Amerika, namun tetap dapat hidup rukun, harmonis dan juga saling menghormati satu sama lain. Para santri dan gurupun terlihat sangat antusias mendengarkan materi yang disampaikan menggunakan Bahasa inggris secara full dan fasih. Lalu, dilanjut dengan aneka termin pertanyaan yang dilayangkan oleh para audience.

Tak lupa Pimpinan Pesantren juga memberikan kenang-kenangan kepada Mr. Jed selaku Wakil Atase Kebudayaan yang telah berkunjung ke Pesantren. Disusul dengan perfotoan bersama antara tutor dan juga dewan guru. selepas acara berlangsung Mr. Jed kembali menuju mimbar utama dan menyampaikan beberapa patah kata yakni, “Congratulation to this boarding school because Your English is Very Good” hal tersebut tercermin dari aneka pertanyaan yang dilayangkan oleh para guru dan santri kepada Mr. Jed.

Guru Darunnajah 2 Cipining bersama Dubes Amerika

Guru Darunnajah 2 Cipining bersama Dubes Amerika

Terakhir, Mr. Jed didampingi oleh beberapa guru Bahasa Inggris berjalan mengelilingi Pesantren seperti asrama, sekolah, kolam renang dan fasilitas lainnya, untuk memperkenalkan setiap sudut dan keindahan yang ada di Pesantren. Semoga dengan berkunjungnya Dubes Amerika ke Pesantren Darunnajah Cipining mampu meningkatkan kemampuan para santri dalam berbahasa asing khususnya Inggris, sekaligus menjadi peluang untuk dapat meraih aneka program beasiswa seperti YES dan YEASL secara mudah. Amin!

(WARDAN/Annisa)