Liburan identik dengan jalan-jalan. Nah, memasuki waktu liburan tiba, banyak objek wisata yang kebanjiran pengunjung. Begitupun yang dilakukan oleh dewan asatidz (guru) Pondok Pesantren Darunnajah Cipining pada liburan akhir semester 2  tahun ajaran 2010-2011 ini. Turut mengambil makna liburan, mereka pun mengunjungi objek wisata Pantai Carita Karang Sari Pandeglang, Kamis (30/6).

Sebanyak 3 armada bus travel mengantarkan rombongan yang terdiri dari keluarga besar Darunnajah Cipining ini. 2 bus berisi asatidaz yang telah berkeluarga, sedangkan guru single (bujang) berada pada 1 bus lagi. Sebelum perjalanan dimulai, panitia yang dipimpin oleh Ustadz Ahmad Haryadi dan Ustadz Asnawi mengecek semua perlengkapan termasuk anggota rombongan.

Menjelang pukul 7.30 ketiga bus tersebut mulai bergerak meninggalkan pesantren menuju Pantai Carita via Tangerang. Dengan beriring-iringan dalam jarak yang teratur, ketiga bus ini memasuki arena objek wisata pukul 1 siang. Dengan mengabaikan rasa lelah karena jauhnya perjalanan, rombongan pun mulai menempati lokasi yang telah dipesan panitia. Sebelum mulai acara, mereka melaksanakan sholat Dzuhur yang dikerjakan secara jama’ dengan sholat Ashar.

Setelah peserta rombongan nampak siap, acara kemudian dimulai dengan berbagai macam lomba dari tarik tambang hingga futsal. Puas dengan aneka lomba, rombongan melanjutkan dengan bermain-main di pantai, ada yang berenang, ada pula yang mengelilingi pantai dengan banana boat sewaan.

Menjelang pukul 4 sore, rombongan telah berkemas kembali dan berkumpul di lokasi utama guna pembagian hadiah dan doorprize dari panitia. Keadaan kembali berpusat pada satu tempat saat satu persatu doorprize tengah dibagi dengan pengambilan kupon oleh kepala-kepala biro. Pun begitu dengan pembagian hadiah, namun ada satu lomba yang terpaksa tidak terdapat  juaranya yaitu tarik tambang. Dikarenakan baru 1 babak lomba dilakukan, tambang yang digunakan terpaksa putus.

Kegiatan berlibur ini dinamakan Family Gathering keluarga besar Darunnajah Cipining. Pimpinan Pesantren, KH Jamhari Abdula Jalal, Lc yang tidak turut dalam acara ini karena ada acara dengan dinas sosial tingkat Jawa Barat sengaja mengagendakan kegiatan ini tepat 1 hari setelah pelaksanaan rapat evaluasi pesantren. Beliau berharap, selain mencairkan pikiran karena selama 2 hari rapat, juga agar terjadi keakraban antara sesama guru dan keluarganya.

Panitia mengatakan, pemilihan objek wisata Pantai Cerita juga melalui kesepakatan dan setelah dilakukan survai beberapa hari sebelumnya. Alhamdulillah, selama melakukan perjalanan dan acara, rombongan tidak mendapatkan hambatan apapun. Semoga, apa yang menjadi tendensi dari kegiatan ini dapat dicapai. Amin. (Wardan/Billah)