Search
Close this search box.
Agama adalah Nasehat

[ DARUNNAJAH’S QUOTE ] Agama Adalah Nasehat 2, Diambil Dari Tausyiah Jum’at Malam Oleh Ust. M Hassan Darojat Ph.D

[ DARUNNAJAH’S QUOTE ] Agama Adalah Nasehat 2, Diambil Dari Tausyiah Jum’at Malam Oleh Ust. M Hassan Darojat Ph.D

Agama adalah Nasehat
Agama adalah Nasehat

DARUNNAJAH’S QUOTE edisi pertama ini akan membahas lanjutan dari penggalan tusyiah Jum’at malam yang disampaikan oleh Ust. M Hassan Darojat, PhD di hadapan para santri Darunnajah.

 

Bismillahirrahmaanirrahim

Agama adalah Nasehat 2

Sekarang kita akan membahas kelanjutan dari Bab sebelumnya mengenai “Agama adalah Nasehat”

Kedua, Nasihat Untuk Kitabnya al-Quran

Maksudnya adalah menjalankan hak-hak yang harus diberikan kepada alQuran, baik itu yang wajib maupun yang sunnahnya.                                                                                    Adapun hak-hak yang wajib untuk al-Quran antara lain :

  1. Meyakini bahwasanya al-Qur’an itu betul-betul kalam (perkataan) Allah ta’ala, baik itu huruf-hurufnya maupun makna yang terkandung di dalamnya.
  2. Beriman bahwasanya al-Qur’an adalah sebaik-baik perkataan, juga hukum-hukum yang terkandung di dalamnya adalah sebaik-baik hukum, tidak ada yang setara dengannya.
  3. Menjalankan perintah-perintah Allah yang Dia wajibkan di dalamnya, serta menjauhi larangan-larangan yang Dia haramkan atas umat-Nya di dalamnya.
  4. Meyakini kebenaran berita-berita yang disebutkan di dalamnya, tanpa dicemari dengan keraguan sedikit pun.
  5. Melindungi al-Qur’an dari ulah orang-orang yang menafsirkannya semaunya sendiri, serta membantah dan mengungkap kebatilan mereka.

(Lihat: Shahiyah Shahih Muslim, karya Ibnu ash-Sholah, hal 224, dan Syarh al-Arba’in an- Nawawiyah, oleh Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin hal:136)

Sedangkan hak-hak sunnahnya antara lain:

  1. Memperbanyak dalam membaca, menghafal, dan menghayatinya.
  2. Tentunya seorang muslim yang menginginkan kebaikan di dunia dan di akheratnya tidak mencukupkan diri dengan hanya membaca dan menghafal al-Qur’an saja, akan tetapi dia juga berusaha semampunya untuk memahami makna-makna yang terkandung di dalamnya.
  3. Mengajarkan al-Qur’an terhadap kaum muslimin dan memasyarakatkannya

Lihat Juga

 

 

 

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah