Cara Mewarnai yang baik bagi anak

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Mewarnai adalah sebuah keterampilan yang banyak di sukai oleh anak- anak. Oleh karena itu. Cara mengajar anak mewarnai  perlu bunda  ketahui agar kita lebih mudah saat mengajarkan anak untuk mewarnai suatu gambar. Masa kanak-kanak biasanya mereka sangat suka sekali mencoret-coret dinding atau apa saja jika mereka menemukan pensil atau crayon, daripada mereka mencoret-coret dinding rumah lebih baik bunda fasilitasi mereka dengan buku gambar dan alat-alat untuk mengambar serta mewarnai. Pada tahap awal ajarkan anak kita untuk mewarnai terlebih dahulu sebelum kita mengajarkannya menggambar atau bisa sekaligus mengajar mewarnai dan mengambar secara bersamaan tetapi biasanya hal ini agar sedikit repot. Agar mendapatkan hasil yang lebih baik orang tua bisa fokus di mewarnai terlebih dahulu kemudian baru tahap selanjutnya mengajarkan anak cara menggambar.

Beberapa cara mengajar anak mewarnai :

1. Langakah pertama adalah mengenalkan terlebih dahulu warna -warna dasar seperti : hitam, putih, merah, kuning, dan hijau.2. Ajaklah anak untuk mewarnai gambar yang sederhana seperti gambar segitiga, bujur sangkar, persegi panjang sambil bunda memeperkenalkan bentuk pada anak.

3.Tahap selanjutnya ajak anak untuk mewarnai hewan atau tumbuhan yang ia senangi sehingga anak akan termotivasi untuk mewarnai karena ia menyukai gambarnya.

4.Jika si kecil suka robot atau mobil-mobilan maka ajaklah si kecil untuk mewarnai gambar robot atau mobil-mobilan kesukaannya.

5.Setelah anak merasa senang dengan kegiatan mewarnai terapkanlah aturan untuk mewarnai gambar dengan rapi jangan sampai keluar garis, pahamkan pada anak jika mewarnai keluar garis akan mengurangi keindahannya.

6. Ajarkan juga pada anak untuk mencampur warna, lakukanlah percobaan dengan anak sehingga anak akan merasa senang jika ia menemukan warna baru dari percampuran warna tersebut hal ini bisa memotivasi anak untuk terus mewarnai. misal campuran dari semua warna maka akan menghasilkan warna hitam.

8.Jangan memaksa anak kita untuk mewarnai saat ia merasa bosan dengan kegiatan tersebut biarkan anak melakukan kegiatan lain dulu kemudian jika mood nya sudah kembali maka ajaklah ia mewarnai lagi.

Itulah beberapa cara mengajar anak mewarnaisemoga bermanfaat bagi bunda dan si kecil.

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Detik-detik melepas K.H. Saifuddin Arief

KH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief Memotivasi Santri Untuk BerprestasiDokumentasi Pemakaman K.H. Saifuddin Arief, S.H., M.HKalimat Takziah K.H. Nasir