Seperti sudah banyak diketahui, bahwa mendengarkan musik klasik sangat disarankan bagi para ibu hamil. Pasalnya, musik klasik dipercaya mampu menstimulasi pertumbuhan otak janin dalam kandungan. Tak sampai disitu, belajar alat musik juga sangat baik bagi anak-anak usia dini. Hal ini dikarenakan belajar alat musik dapat memberi banyak manfaat bagi otak anak.

Sebuah studi yang dilakukan di Northwestern University menyebutkan bahwa berlatih atau belajar alat musik dapat mengubah fungsi otak dalam memproses suara. Bahwa orang-orang yang sudah berlatih musik sejak kecil akan menjadi lebih pandai dalam mencerna isi pidato yang disampaikan orang lain ketika mereka dewasa.

Anak-anak juga pada umumnya mengagumi bunyi yang keluar dari instrument-instrumen music. Tidak semua jenis antrumen music cocok digunakan anak TK. Jenis intrumen music yang paling sesuai adalah jenis instrument perkusi sedrehana seperti tamborin, kastanyet, triangle, drum, marakas atau gong. Hampir semua kegiatan kesenian melibatkan alat music, seperti menari dan bernyanyi. 

Pengimitasian instrument dapat dilakukan bila anda sulit untuk memperoleh instrument yang dibutuhkan. Dengan ini, anak akan memperoleh pengalaman dalam mencari dan mengeksplorasi bunyi dengan menggunakan bahan sederhanasesuai keadaan lingkungan. Pengimitasian instrumen music tidak terbatas ragamnya, terutama untuk jenis instrumen music ritmis dan anda dapat memanfaatkan bahan yang ada di sekitar. misalnya :

  • Kotak sabun/kotak sepatu dilubangi secukupnya lalu dipasangkan 2/3 karet akan menghasilkan suara mirip cello.
  • Botol plastic yang diisi oleh biji-bijian dapat menghasilkan bunyi seperti marakas.
  • Gelas kaca  yang diisi air dengan ketinggian yang berbeda bila dipukul dengan stick logam akan menghasilkan bunyi nada yang berbeda.
  • Bekas tutup botol dari logam yang dipipihkan lalu dirangkai degan batang kayu dapat digunakan sejenis tamborin. Memainkannya dengan diketuk-ketuk pada telapak tangan.
  • Potogan pipa paralon berdiameter besar, pada salah satu  ujungnya ditutup dengan plastic atau kertas bungkus nasi. Bila dipukul dengan stick akan menghasilkan bunyi mirip tifa.
  • Tabung plastic bekas tabung air, bila dipukul bagian bawahnya akan menghasilkan suara mirip bongo.
  • Dua sendok dari logam bila saling dibenturkan akan menghasilkan bunyi seperti kastanyet.
  • Pipa logam tipis yang digantung dan dipukul dengan stick akan menghasilkan bunyi mirip triangle.

Tidak memerlukan alat yang bagus dan mahal untuk mengajarkan anak bermain music. Bahan dari lingkungan sekitar yang sederhana dan menarik bisa dijadikan alat untuk mengajarkan anak bermusik. :D