Menu

6 Amalan Pembuka Pintu Rizki

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

DSC_3688

  1. ISTIGHFAR

Istighfar adalah amalan yang sangat manjur untuk mengangkat setiap masalah yang kita hadapi. Bila ditimpa kesulitan, perbanyaklah istighfar. Dalam Surat Nuh ayat 10 – 12 disebutkan, “Maka katakan pada mereka mohon ampunlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat dan membanyakkan harta dan anak-anakmu dan mengadakanmu untukmu kebun-kebun dan mengadakan pula di dalamnya untukmu sungai-sungai”

  1. MENJALIN SILATURRAHIM

Dari Abu Hurairah r.a. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya maka jalinlah silaturahim.”

Mengunjungi orangtua, kerabat, sahabat ataupun saudara adalah peluang mendapatkan berbagai informasi. Informasi pekerjaan, informasi wirausaha dan lain sebagainya. Intinya adalah dibarengi dengan usaha konkret. Tidak serta merta hanya silaturrahim saja.

  1. MEMPERBANYAK SEDEKAH

Dalam Surat Saba’ ayat 39 disebutkan “Katakanlah sesungguhnya Tuhanku melapangkan rizki bagi siapa yang dikehendakinya di antara hamba-hambaNya, dan menyempitkan bagi siapa yang dikehendakinya. Dan barang apa saja yang kau nafkahkan, Allah akan menggantinya. Dan Dialah pemberi rizki yang sebaik-baiknya”

Dalam hadits Qudsi juga disebutkan, “Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah melainkan Allah akan mengangkat derajatnya”

Interpretasinya adalah bahwa harta yang dinafkahkan atau disedekahkan karena Allah, akan diberkahi dan dihilangkan berbagai dampak bahaya yang ada padanya. Kekurangan harta tersebut akan ditutup dengan keberkahan. Walaupun secara bentuk harta tersebut berkurang namun kekurangan tersebut akan diganti dengan pahala yang berlipat ganda.

  1. BERTAQWA KEPADA ALLAH

Barangsiapa bertaqwa kepada Allah maka akan dibukakan baginya jalan keluar dan didatangkan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka. Orang yang bertaqwa akan dicukupkan keperluannya.

  1. MELAKSANAKAN HAJI DAN UMROH

Rasul bersabda, “Haji dan umroh bisa menghilangkan kemiskinan dan dosa besar sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas dan perak.” (HR. An Nasa’i)

  1. MEMPERBANYAK DO’A MINTA RIZKI

Tentunya usaha harus dibarengi dengan do’a. Maka perbanyaklah do’a mohon rizki yang halal dan thoyib. Wallahu a’lam bish showab.(WARDAN/Qotada)

*Intisari Kajian Ilmiah Ust. Anton Septiono, S.Pd.I

dalam Majlis Ilmi Shubuh Kamis, 25 Agustus 2016

 

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Manasik Haji Nurul Ilmi Darunnajah 14

Serang- Haji merupakan salah satu rukun iman yang ke lima. Ibadah yang dilakukan oleh umat muslim apabila ia mampu. Mampu secara jasmana, rohani dan materi.