Serba-Serbi Informasi Kegiatan PDPM 2015
Menu

Serba-Serbi Informasi Kegiatan PDPM 2015

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

fth
Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia. Ia memiliki hubungan fungsional simbiotik dengan ajaran Islam, yaitu dari sisi keberadaan pesantren yang diwarnai oleh corak dan dinamika ajaran Islam yang dianut oleh para pendiri dan kiyai pesantren yang mengasuhnya. Sedangkan di sisi lain, ia menjadi jembatan utama (main bridger) bagi proses internalisasi dan transmisi ajaran Islam kepada masyarakat. Melalui pesantrenlah agama Islam menjadi membumi dan mewarnai seluruh aspek kehidupan masyarakat; sosial, keagamaan, hukum, politik, pendidikan, lingkungan, dan lain-lain.

Dari sejak didirikannya pada abad 16 hingga saat ini, pesantren tetap eksis dan memainkan perannya yang semakin besar dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang beragama Islam. Melalui tradisinya yang unik dan berbasis pada nilai religiutas ajaran Islam, serta kiprah para lulusannya yang tampil sebagai tokoh nasional yang kharismatik dan kredibel, pesantren semakin dihormati dan diperhitungkan, dan karenanya ia telah diintegrasikan ke dalam sistem pendidikan nasional, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 th. 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).
Prinsip modernitas yang dianut pesantren adalah Al Muhaafadzatu ‘ala al qadii al-shaalih wa al akhdzu bi al jadiidi al ashlah (Menjaga nilai-nilai luhur agama Islam dengan mengadopsi metode dan sistem yang lebih tepat guna).

Pesantren Darunnajah Cipining Desa Argapura Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor merupakan satu lembaga pendidikan pesantren dari + 30.000 lembaga pendidikan pesantren di Indonesia. Pesantren yang menerapkan sistem pendidikan dan pengajaran terpadu, bertujuan untuk mencetak generasi muda yang IMAMA sebagai kader bangsa dan agama berjiwa pemimpin (Imam), bertaqwa (Muttaqi), berpengetahuan luas (Alim), menyampaikan risalah Islamiyah (Muballigh), dan terampil, mengamalkan ilmunya (Amil).

Dengan mengembangkan perpaduan antara kurikulum nasional dan pesantren, setelah menamatkan pendidikan, santri diharapkan menguasai pengetahuan agama dan umum yang luas sebagai modal dasar hidup beribadah dan bermasyarakat. Lebih dari itu, santri diharapkan memiliki sensitifitas tinggi terhadap problematika yang muncul dalam masyarakat dan mampu mencarikan jalan keluarnya serta dapat mengabdikan keahlian dan ketrampilannya yang telah ditekuni untuk kemaslahatan umat.

Untuk mendukung tujuan pendidikan di atas, maka diadakan kegiatan lapangan yang merupakan implementasi dari hasil belajarnya selama ini dan merupakan pembelajaran dini bagi santri untuk hidup bermasyarakat. Kegiatan tersebut adalah Praktik Dakwah dan Pengembangan Masyarakat (PDPM).

Tujuan Kegiatan
Secara umum tujuan yang hendak dicapai dari kegiatan Praktik Dakwah dan Pengembangan Masyarakat ini adalah untuk mempersiapkan generasi penerus agar peka terhadap masalah-masalah sosial keagamaan dimana mereka berada dan mampu memberikan alternatif jalan keluarnya serta menumbuhkan kesadaran bermasyarakat sedini mungkin.

Adapun tujuan khusus dari kegiatan ini antara lain:
Mewujudkan aktifitas santri di masyarakat sebagai pengamalan ilmu yang telah dicapai selama belajar di Pondok Pesantren Darunnajah Cipining Bogor, Pengkajian terhadap ilmu kemasyarakatan secara langsung dan praktis, Membantu masyarakat dalam kegiatan pendidikan, keagamaan dan social.

A. Waktu Pelaksanaan
Praktik Dakwah dan Pengembangan Masyarakat (PDPM) dilaksanakan selama 10 hari, mulai tanggal 21 – 30 Desember 2015.

B. Lokasi
Kegiatan Praktik Dakwah dan Pengembangan Masyarakat (PDPM) pada tahun ajaran 2015-2016 diselenggarakan di Desa Neglasari, Desa Petir, dan Desa Purwasari, yang seluruhnya berada di Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat.

C. Sasaran Kegiatan
Sesuai dengan latar belakang serta tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan Praktik Dakwah dan Pengembangan Masyarakat ini, maka telah ditetapkan beberapa aspek kemasyarakatan yang menjadi sasaran pokoknya.

Kegiatan ini lebih menitikberatkan pada pengembangan potensi peserta didik dalam aspek pendidikan keagamaan serta pendidikan umum, implementasi akhlaqul karimah, peningkatan kesadaran dan antusiasme para pemuda untuk ikut berperan aktif dalam kegiatan masyarakat, serta mendorong kepekaan mereka dalam upaya mengenal lebih dekat fakta sosial dan dinamika kehidupan yang terjadi di tengah-tengah mereka. Dengan misi dakwah islamiyah yang menjadi agenda utamanya.

D.Jenis Kegiatan
Jenis kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi:
1. Kegiatan Keagamaan
• Membantu mengajar baca tulis Al-Qur`an (TPA) di Mushalla, Masjid dan tempat-tempat pengajian.
• Membantu kegiatan formal/non formal bersama siswa/siswi di SD, MI, TPA, MTs, SMP, Madrasah Diniyah dan lain-lain.
• Membantu dan mengikuti pengajian di Majlis Ta`lim dan lain-lain.
• Mengikuti dan membantu kegiatan-kegiatan keagamaan.
• Mengadakan lomba-lomba; MTQ, MSQ, HSP (Hafalan Surat Pendek), bacaan-bacaan sholat, do’a harian, adzan dan iqamah, pidato dan lain-lain.

2. Kegiatan Sosial
• Kebersihan lingkungan dengan melakukan K3 di masjid-masjid, mushalla-mushalla, majlis ta`lim, madrsah-madrasah, dan sarana umum.
• Mengadakan lomba kebersihan antar kelompok untuk masjid, mushalla, majlis ta’lim, madrasah, tempat tinggal, dan lain-lain.
3. Kegiatan Karang Taruna/Remaja Masjid
• Bhakti sosial dan santunan
• Kepramukaan
• Keorganisasian
• Diskusi
• Latihan Pidato (Khutbah)
• Kursus-kursus; letter, bahasa, puisi islami, nasyid islami, seni tulis Al–Qur`an, dll.
• Lomba-lomba; pidato, cerdas cermat dan lainnya.
• Olah raga; bola volly, sepak bola, tenis meja, silat, senam dll.

E. Peserta
Peserta program Praktik Dakwah dan Pengembangan Masyarakat adalah santri kelas XII Madrasah Aliyah/kelas VI TMI Pesantren Darunnajah Cipining yang berjumlah 115 santri, terdiri dari:
1. 49 santri Putra
2. 66 santri Putri
Peserta program ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia yang terbagi menjadi 12 kelompok, terdiri dari 5 kelompok putra, dan 7 kelompok putri. Dan pada setiap kelompok dipimpin oleh ketua kelompok.

Biro Dakwah dan Humas
Biro Dakwah dan Hubungan Masyarakat merupakan salah satu lembaga internal Pesantren Darunnajah yang bergerak dalam bidang pengelolaan dan pembinaan da’i sebagai kader dakwah yang akan bergerak ke seluruh lapisan masyarakat, sehingga mampu berjuang membangun masyarakat serta mampu menghidup-kembangkan sunnah-sunnah nabawi yang berlandaskan syariat Islam dan berasaskan al-Qur’an dan as-Sunnah.
Biro Dakwah dan Hubungan Masyarakat juga turut berperan serta dalam berbagai aktifitas sosial kemasyarakatan, utamanya dengan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan dakwah secara rutin, seperti majlis ta’lim ibu-ibu, wisata rohani, santunan sosial, dan lain-lain.

Sebagai sebuah program dakwah dan kemasyarakatan, Praktik Dakwah dan Pengembangan Masyarakat (PDPM) yang akan dilaksanakan oleh para santri kader bangsa dan agama ini tentu dapat menjadi sebuah solusi aktif dalam upaya meningkatkan kesadaran hidup beragama bagi masyarakat, bersosialisasi dengan lebih baik di antara umat, melaksanakan kegiatan pendidikan anak-anak dan remaja dengan lebih baik, serta mampu memberikan alternatif positif bagi para generasi muda Islam guna menyongsong masa depan yang lebih cerah.

Data Peserta
Praktik Dakwah dan Pengembangan Masyarakat (PDPM)
Tahun Ajaran 2015-2016

KELOMPOK 1
Pembimbing:
Ust. Fahmi Arifuddin, S.E
Ust. Muhammad Fariz Khaerul Fazri
No Anggota Kelompok
1 Muhammad Fajar Dzikriansyah
2 Ahmad Sulthoni
3 Imam Nur Syahdan
4 Den Supi Kamil
5 Ahmad Sharifudin
6 Rizal Alwi
7 Ahmad Fauzi
8 Ashabul Kahfi
9 Nadhir Muhammad Abdul Ghofur
10 Mohamad Ridwan Faiz

Kelompok 2
Pembimbing:
Ust. Muhlisin, S.H.I
Ust. Mu’min Hidayat
No Anggota Kelompok
1 Muhamad Ibnu Seftian
2 Febi Fahrizal Muhtar
3 Muammar Khadafi
4 Muhammad Wildan Miftahurrachman
5 Agil Said
6 Abdus Salam Muharam
7 Ahmad Khairul Imam
8 Fajar Sutomo
9 Muhammad Hanif Nur Rohman
10 Opang Maulana

Kelompok 3
Pembimbing:
Ust. Nursodiq
Ust. Iwan Setiawan
No Anggota Kelompok
1 M Ahya Putra Sany
2 Ahmad Mujahid
3 Rafii Sidqi
4 Luky Sanjaya Mahameru
5 Rezki Haris Ilhami
6 Eko Hermawan
7 Ali Hasbi
8 Firdaus Yazit
9 M Imam Kurniawan
10 Muhammad Fadilah

Kelompok 4
Ust. Afif Maghfuri, M.Pd.I
Ust. Najmudin
No Anggota Kelompok
1 Faisal Fadhlurrahman
2 Dede Hasan Suryana
3 Andriansyah
4 Banu Prasetyo
5 Feby Hanifudin
6 Khoerumansyah
7 Andi Saputra
8 Ibnu Kaffi
9 Muhamad Nasihul Ihsan
10 Muhammad Yusuf P

Kelompok 5
Ust. Hari Wijaya
Ust. Meidy Risyandi
No Anggota Kelompok
1. Cahyo Gondo Arum
2. Baharudin Yusuf Al Gazali
3. Nanang Fadholi
4. Muhammad Yusuf B
5. Mursalin
6. Adam Fadlurrahman
7. Arif Budiman
8. Ishak Hakiki
9. Kuswara

Kelompok 6
Pembimbing:
Ust. Husnul Mubarok, S.Pd
Usth. Marlina
No Anggota Kelompok
1. Ilma Sabila
2. Asti Silmi Insi
3. Jihan Balqis Fitria Rahma
4. Alfi Nurhaeni
5. Hanun Dzakiyyah Amin
6. Nur Huda Abdullah
7. Sheila Syafitri
8. Yeyen Anggraini
9. Siti Sarah

Kelompok 7
Pembimbing:
Ust. Zaenal Muttaqin, S.Pd
Usth. Aizah
No Anggota Kelompok
1. Minahul Fikriyah
2. Yuniar Arrummaisha Bachtiar
3. Linda
4. Yunita Nur Holipah
5. Irviana Sari
6. Nur Apni Rohmawati
7. Muhammadah Dina Napiah
8. Gustina Ayu Ardita
9. Friska Allifta
10. Iin Apriliani

Kelompok 8
Pembimbing:
Ust. Imam Ghozali, S.Pd.I
Usth. Anis Kurniati
No Anggota Kelompok
1 Nurulitasari Budi Utami
2 Eliana Rachman
3 Sri Hamidah Putri
4 Mutiara Silmi Suliani
5 Lintang Aulia
6 Hilda Damayanti
7 Siska Khoerunisa
8 Hafifatul Farhanah
9 Niken Ayu Safitri
10 Nurhayati

Kelompok 9
Pembimbing:
Ust. Katena Putu Gandhi, S.Pd.I
Usth. Adawiyah
No Anggota Kelompok
1 Raihan Nur Azizah
2 Choirunisa Nur Azizah
3 Siti Sholihah Mumtazah
4 Nur Ajizah
5 Suryati
6 Nabila Ramadhanty Noorend
7 Siti Amelia Fauziah
8 Neng Sumiyati
9 Deva Desyas
10 Baitul Uliyah

Kelompok 10
Pembimbing:
Ust. Sholehuddin
Usth. Kunarti, S.Pd.I
No Anggota Kelompok
1 Riska Oktaviani
2 Fera Indriani
3 Syifa Lestari Septianingrum
4 Rita Komalasari
5 Muliani Citra Insani
6 Lizia Eka Sinta
7 Syadza Razanah
8 Nur Amalia
9 Izul Mustafidah

Kelompok 11
pembimbing:
Ust. Saeful Bahri, S.Pd.I
Usth. Nur Azizah
No Anggota Kelompok
1. Suci Fitriatun Nisa
2. Intan Yusuf Kadir
3. Shafwatun Nada
4. Rahmanissa
5. Nur Efita Dewi
6. Afifah
7. Fidelia Safira
8. Nur Rhodhotul Jannah
9. Hilyatul Labibah

Kelompok 12
pembimbing:
Ust. Asnawi Sihabudin, S.Pd.I
Usth. Nisaul Mufidah
NoAnggota Kelompok
1. Ela Listiani
2. Siti Rohmah
3. Khiyarotul Baroroh
4. Ninda Ulwiyatunnajah
5. Annisa Syawalliya
6. Nurul Lailatul Fitri
7. Salsabila Rahman
8. S. Clara
9. Laela Fitriah

(WARDAN/Annisa)

(WARDAN/Annisa)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Adanya Pandemi Covid-19 mengharuskan para anak-anak harus mengikuti pembelajaran jarak jauh, dengan begitu dukungan orang tua atau wali murid menjadi sangat penting bagi keberlanjutan pendidik