Alhamdulillah, program kegiatan belajar mengajar di Pesantren Darunnajah Cipining baik formal (Kegiatan Belajar Mengajar dikelas) ataupun informal (diluar kelas/extrakulikuler) berjalan dengan lancar dan baik sesuai jadwal. 
Untuk mengetahui hasil dari proses belajar mengajar yang dilakukan oleh santri Darunnajah Cipining selama setengah tahun ajaran 2016-2017 tersebut, hari ini Sabtu, 3 Desember akan dimulai ujian semester ganjil dengan diawali ujian lisan dan dilanjutkan dengan ujian tulis. 

Pembukaan ujian lisan ditandai dengan diadakannya upacara di Lapangan Futsal kampus 1 Asrama Putri, di ikuti oleh seluruh santri Darunnajah Cipining dari kelas 1 MTs/SMP sampai kelas 5 MA/SMK sebagai peserta ujian dan seluruh dewan guru sebagai penguji ujian lisan. 

Ada yang berbeda pada upacara hari ini,  bila biasanya yang berdiri didepan para siswa/i adalah jajaran dewan guru, pagi ini juga terlihat santri kelas 6 MA/SMK berbaris rapi bersama dewan guru,  mereka akan menjadi penguji lisan adik-adik kelasnya bersama dewan guru. 

Adapun yang menjadi pembina upacara pada pembukaan ujian ini adalah Kepala Penjamin Mutu Pendidikan ustadz Mustafa Kamal,  M. Ag banyak hal yang beliau sampaikan dihadapan seluruh peserta ujian dan dewan guru penguji, beliau juga menjelaskan pentingnya diadakannya jjian lisan di Pesantren Darunnajah Cipining dan yang tidak kalah pentingnya beliau mengingatkan kepada seluruh santri dalam meluruskan niat dalam belajarnya, ‘Jangan ada sedikit pun dalam hati kalian niat  belajar untuk mendapat selembar ijazah, namun niatlah belajar karena Allah swt’ ungkap beliau dihadapan seluruh peserta ujian. 

Setelah mendapatkan pengetahuan, semangat dan motifasi dari Kepala Penjamin Mutu, dilanjutkan dengan pembacaan tata tertib ujian lisan semester ganjil oleh ustadz Abdul Hafidz selaku panitia ujian. 

Upacara pembukaan ujian lisan semester ganjil tahun ajaran 2016-2017  ditutup dengan pembacaan do’a yang di pimpin oleh ustadz Budi Setiawan yang diamini oleh seluruh peserta upacara. Sebagai penutup do’a dan sebagai penyemangat peserta ujian ustadz Budi meneriakkan takbir 3 kali diikuti seluruh peserta upacara, ALLAHU AKBAR,  ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR!!! 

(Abs)