DARUNNAJAH – Bank Indonesia atau yang biasa disingkat BI yang merupakan Bank Sentral Republik Indonesia. Sebagai bank sentral, BI mempunyai satu tujuan tunggal, yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Kestabilan nilai rupiah ini mengandung dua aspek, yaitu kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa, serta kestabilan terhadap mata uang negara lain.

Untuk mencapai tujuan tersebut BI didukung oleh tiga pilar yang merupakan tiga bidang tugasnya. Ketiga bidang tugas ini adalah menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, serta mengatur dan mengawasi perbankan di Indonesia. Ketiganya perlu diintegrasi agar tujuan mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah dapat dicapai secara efektif dan efisien. Setelah tugas mengatur dan mengawasi perbankan dialihkan kepada Otoritas Jasa Keuangan, tugas BI dalam mengatur dan mengawasi perbankan tetap berlaku, namun difokuskan pada aspek makroprudensial sistem perbankan secara makro.

BI juga menjadi satu-satunya lembaga yang memiliki hak untuk mengedarkan uang di Indonesia. Dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya BI dipimpin oleh Dewan Gubernur.

Pada kesempatan kali ini Bank Indonesia bekerjasama dengan Pondok Pesantren Darunnajah dengan programnya yaitu Bank Indonesia Mengajar. Yang bertemakan “Mengenal Lebih Dekat Peran Bank Sentral Indonesia Dalam Perekonomian Nasional”. Disampaikan langsung oleh Bapak Erwin Riyanto, Deputi Gubernur Bank Indonesia.

Bapak Erwin Riyanto, Deputi Gubernur Bank Indonesia Ustad Mustofa Hadi Chirzin, Ketua Yayasan Darunnajah
Bapak Erwin Riyanto, Deputi Gubernur Bank Indonesia Ustad Mustofa Hadi Chirzin, Ketua Yayasan Darunnajah

Acara ini berlangsung pada hari Rabu, 08 Agustus 2018 yang bertempat di Gedung Aula 4 Windu, Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta. Staff Bank Indonesia disambut langsung oleh Ustad. Mustofa Hadi Chirzin selaku Ketua Yayasan Darunnajah dan segenap kepala sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs), MA (Madrasah Aliyah) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Pondok Pesantren Darunnajah.

 

Adapun yang ikut serta mengikuti acara ini adalah Santri Darunnajah dan segenap Dewan Guru yang mengajar pelajaran ekonomi dan syariah di Pondok Pesantren Darunnajah.

Bapak Erwin Riyanto menyampaikan banyak hal mengenai peran Bank Sentral Indonesia dalam perekonomian nasional. Diantaranya permasalahan ekonomi di Indonesia seperti rendahnya pertumbuhan ekonomi, inflasi, ketidakmampuan industrial, ketidakmampuan mengelola Sumber Daya Manusia (SDM), masalah pangan, dsbg.

Santri Darunnajah menyimak dengan seksama apa yang beliau sampaikan. Dan ketika beliau memberikan waktu untuk sesi pertanyaan ada beberapa Santri yang langsung mengangkat tangannya.

Santri Darunnajah - Bank Indonesia Mengajar
Santri Darunnajah – Bank Indonesia Mengajar
Santri Darunnajah - Bank Indonesia Mengajar
Santri Darunnajah – Bank Indonesia Mengajar

 

Bahkan ada dari mereka yang minat untuk bergabung bersama Bank Indonesia nantinya ketika lulus dari Sarjana (S1). Dan beliau sangat senang sekali, mendengar semangat dari Santri Darunnajah.

Selain menyampaikan dan berbagi mengenai Program Bank Indonesia di Pondok Pesantren Darunnajah. Dilanjutkan dengan peresmian BI Corner di Perpustakaan Putra.

BI Corner adalah sebagai bentuk kepedulian Bank Indonesia terhadap dunia pendidikan dan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait ekonomi dan peranan BI. Melalui BI Corner diharapkan akan meningkatkan budaya baca dan menulis khususnya di kalangan generasi muda.

Bapak Erwin Riyanto, Deputi Gubernur Bank Indonesia
Bapak Erwin Riyanto, Deputi Gubernur Bank Indonesia

“Semoga kedepannya Santri Darunnajah akan lebih giat lagi dalam membaca untuk menjadi generasi penerus bangsa ini” tungkas Erwin Riyanto usai meresmikan BI Corner di Pondok Pesantren Darunnajah.

(Almas Khalishah Al-Batawi)

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta adalah Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang Play Group, PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMA sampai Perguruan Tinggi. Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, pramuka, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti silat, jurnalistik, marching band, dll. Kampus Darunnajah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, bank, ATM, production house, asrama, koperasi, guest house (penginapan), gedung olahraga (GOR), sekolah, perkantoran, laboratorium, dll. Darunnajah menyediakan beasiswa untuk kaderisasi. Pesantren Darunnajah memiliki 16 cabang di seluruh Indonesia.