Umat Islam di seluruh dunia hampir serempak melaksanakan hari pertama puasa Ramadhan pada Kamis (17/5). Namun, dengan zona waktu yang berbeda di setiap sudut dunia, rentang (durasi) waktu berpuasa setiap negara di enam benua di dunia berbeda-beda.

Di Indonesia, umat Islam menjalani puasa dalam sehari selama sekitar 13 jam. Sementara di Uni Emirat Arab, seperti dilansir diĀ Khaleej Times, Jumat (18/5), umat Islam di sana menjalani puasa selama hampir 14 jam 52 menit.

Di belahan dunia yang lain, terdapat negara yang tercatat memiliki jam puasa terpanjang. Adalah Islandia, negara yang memiliki durasi waktu puasa terlama yang mencapai hingga 21 jam. Akhir waktu sahur di sana adalah pukul 2.27 dini hari. Sedangkan umat Muslim di Islandia akan berbuka puasa pada pukul 10.44 malam.

Sementara itu, Finlandia dan Greenland berada di urutan kedua dengan durasi waktu puasa masing-masing sekitar 19 jam dengan selisih empat menit (masing-masing 19 jam 25 menit dan 19 jam 21 menit). Selanjutnya, durasi waktu puasa terlama diikuti oleh Norwegia dan Swedia, dengan masing-masing 19 jam 19 menit (bahkan bisa mencapai 20 jam) dan 19 jam 12 menit.

Di ujung spektrum lain, negara yang tercatat menjalani puasa dengan waktu terpendek adalah Cile, yaitu hanya 10 jam 33 menit (dan bisa mencapai 11 jam). Cile mencatat perbedaan waktu sekitar 10 jam dari waktu Islandia.

Negara-negara lain yang memiliki durasi waktu puasa kurang dari 12 jam sehari ialah Argentina (11 jam 8 detik), Selandia Baru (11 jam 35 menit), Australia (11 jam 59 menit), dan Afrika Selatan (11 jam 47 menit), Brasil (11 jam 59 menit).

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 berada di Pabuaran Serang Banten. Pondok Pesantren Modern terbaik ini memiliki dua jenjang pendidikan, yaitu SMP (Sekolah Menengah Pertama), dan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) jurusan Multimedia. Pondok Pesantren Nurul Ilmi khusus menerima santri putra dan menyediakan beasiswa bagi santri berprestasi. Nurul Ilmi memiliki banyak kegiatan ekstrakulikuler seperti pramuka, seni bela diri, public speaking (latihan pidato), kursus programming, robot, desain, dan bebagai cabang olah raga seperti futsal, basket, volly, badminton. Pondok Pesantren Modern Nurul Ilmi memiliki banyak prestasi dalam bidang IT (Informasi dan Teknologi), sering menjadi juara dalam perlombaan dari taraf regional sampai nasional. Nurul Ilmi memiliki fasilitas lengkap seperti asrama, masjid, koperasi, laboratorium komputer, lapangan futsal, lapangan basket, lapangan badminton, guest house (penginapan), perkantoran, gedung sekolah, ruang rapat, kantor organisasi santri, dll.