terjebak dalam kondisi berdua dan bingung harus membuka topik pembicaraan apa, atau kamu sedang bersama kakak kelas senior dan bingung mau bicara apa. Kebayang kan betapa tidak enaknya ketika situasi menjadi canggung dan bingung mencari topik pembicaraan. Nah 7 tips ini patut dicoba biar obrolanmu makin asyik dan berbobot.

1. Kamu bisa memulai dengan menanyakan hobinya

Membicarakan hobi terbukti ampuh banget mengusir rasa canggung dalam obrolan. Kamu bisa dengan mulai menanyakan hobinya dan menanyakan kegiatan yang dilakukan untuk mendukung hobinya. Syukur-syukur kamu dan lawan bicaramu memiliki hobi yang sama, jadi makin nyambung kan ngobrolnya.

2. Kalau kamu tidak tahu lebih baik katakan tidak tahu, jangan sok tahu dan terkesan tahu segalanya

- Advertisement-

Ketika kamu tidak tahu apa yang dibicarakan lawan bicaramu lebih baik jujur dan tanyakan apa maksudnya, jangan kamu pura-pura tahu. Atau yang lebih gawatnya lagi kamu malah sok tahu dan ngobrol kesana kemari, kalau seperti ini kamu bisa saja dicap lawan bicaramu sebagai orang yang menyebalkan.

3. Mulai dari pengalaman hingga suka duka dalam menuntut ilmu, bisa juga jadi topik pembicaraan

Kamu bisa memulai obrolan dengan menanyakan pengalaman nya hingga suka duka dalam menuntut ilmu. Biasanya lawan bicaramu memiliki pengalaman-pengalaman yang lucu dalam belajar, dan bisa memberikan tips-tips ampuh dalam menghadapi dunia kerja. Lumayan kan selain terhibur kamu juga bisa mendapatkan tips-tips dari lawan bicaramu dalam menghadapi dunia pendidikan.

 

4. Jangan membicarakan orang lain ataupun terpancing untuk membicarakan orang lain

Walaupun bergosip itu menyenangkan, tetapi usahakan kamu jangan sampai membicarakan orang lain ataupun terpancing untuk membicarakan orang lain. Karena selain itu tidak baik ada kemungkinan juga pembicaraanmu akan disampaikan ke orang yang bersangkutan. Bahaya kan kalau kamu dicap oran-orang sebagai tukang gosip.

5. Bekali dirimu dengan wawasan yang luas, kamu bisa mengangkat obrolan dengan tema yang lebih berat misalnya isu dunia

Bekali dirimu dengan wawasan yang luas supaya kamu memiliki topik obrolan yang luas, karena orang dengan wawasan luas bisa menjadi teman ngobrol yang baik. Kamu bisa mengangkat isu-isu dunia, politik, bisnis, bahkan teknologi baru yang sedang berkembang dalam topik pembicaraanmu. Walaupun begitu jangan sampai kamu memaksakan diri untuk tahu segalanya dan menjadi sok tahu, lebih baik katakan tidak tahu bila kamu memang belum mengetahuinya.

6. Manfaatkan waktu berdua untuk diskusi mengenai masalahmu, siapa tahu seniormu memiliki solusi yang selama ini kamu cari

Kalau kamu sedang pusing dengan pekerjaanmu, kamu bisa memanfaatkan waktu berdua dengan seniormu untuk diskusi pekerjaan. Lumayan kan selain diskusi gratis, kamu bisa mendapatkan solusi yang selama ini kamu cari-cari. Tapi, kamu tetap harus melihat situasi ya, ada kalanya kamu harus berhenti membicarakan pekerjaan dan cukup menikmati suasana santai.

7. Tetaplah menjadi seorang yang rendah hati, jangan membanggakan dirimu sendiri ataupun merasa seolah-olah kamu tahu segalanya

Terlepas dari semuanya kamu tetaplah menjadi seorang yang rendah hati dan apa adanya, karena itu bisa meninggalkan kesan yang baik tentang dirimu pada seniormu. Jangan menguasai pembicaraan dengan membanggakan dirimu sendiri misalnya prestasi-prestasi yang kamu capai, atau seolah-olah kamu menutup diri dan merasa paling tahu segalanya. Karena prestasi cukup dibuktikan tanpa perlu dibicarakan, dan membuka diri terhadap ilmu yang baru adalah keuntungan bagi dirimu sendiri.

 

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 berada di Pabuaran Serang Banten. Pondok Pesantren Modern terbaik ini memiliki dua jenjang pendidikan, yaitu SMP (Sekolah Menengah Pertama), dan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) jurusan Multimedia. Pondok Pesantren Nurul Ilmi khusus menerima santri putra dan menyediakan beasiswa bagi santri berprestasi. Nurul Ilmi memiliki banyak kegiatan ekstrakulikuler seperti pramuka, seni bela diri, public speaking (latihan pidato), kursus programming, robot, desain, dan bebagai cabang olah raga seperti futsal, basket, volly, badminton. Pondok Pesantren Modern Nurul Ilmi memiliki banyak prestasi dalam bidang IT (Informasi dan Teknologi), sering menjadi juara dalam perlombaan dari taraf regional sampai nasional. Nurul Ilmi memiliki fasilitas lengkap seperti asrama, masjid, koperasi, laboratorium komputer, lapangan futsal, lapangan basket, lapangan badminton, guest house (penginapan), perkantoran, gedung sekolah, ruang rapat, kantor organisasi santri, dll.