Wahai Anak Adam, Jangan Kau Hilangkan Permatamu Dengan Perkara Ini !
Wahai Anak Adam, Jangan Kau Hilangkan Permatamu Dengan Perkara Ini !

 

Rasulullah saw. Bersabda :

“Ada empat permata pada diri anak Adam yang dapat dihilangkan dengan empat perkara lainnya. Keempat permata tersebut adalah :

  1. Akal
  2. Agama
  3. Haya’ (rasa malu); dan
  4. Amal shalih

Kemarahan dapat menghilangkan akal sehat.Hasud (dengki) dapat menghilangkan agama.Tamak dapat menghilangkan haya’ (rasa malu).Ghibah (mengumpat) dapat meghilangkan amal shalih”.

 

Akal adalah permata rohani ciptaan Allah yang diletakkan pada diri manusia, sehingga manusia bisa mengetahui perkara yang haq dan yang batil.Akal juga merupakan pembeda yang nyata antara manusia dan hewan.

 

Agama adalah aturan Allah yang mengajak orang berakal sehat untuk menerima segala yang dibawa oleh Rasul.

 

Hasud adalah mengharapkan lenyapnya kenikmatan yang ada pada orang lain.

Berkaitan dengan perihal marah, Rasulullah saw. Bersabda :

يَا مُعَاوِيَةُ إِيَّاكَ وَالْغَضَبَ فَإِنَّ الْغَضَبَ يُفْسِدُ الْإِيْمَانِ كَمَا يُفْسِدُ الصَّبِرُ الْعَسَلَ

“wahai mu’awiyah, jauhilah olehmu marah, karena marah dapat merusak iman sebagaimana pahitnya shabr (bratawali) merusak manisnya madu”. (HR. Baihaqi)

Ghibah adalah menyebut-nyebut kejelekan orang lain di belakangnya dan kejelekan itu memang betul adanya. Apabila kejelekan yang disebut-sebutkan itu tidak ada padanya, maka berarti itu tuduhan fitnah. Jika menyebut-nyebut kejelekan orang lain itu dilakukan di hadapannya itu disebut memaki.

 

Semoga kita diberikan pertolongan oleh Allah agar selalu berhati-hati dalam menjaga mutiara yang diberikan kepada kita semua.Amin. (dn.com/as)

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Putri Darunnajah 3 Al-Manshur Serang Banten adalah lembaga pendidikan Islam modern yang menerapkan sistem kurikulum terpadu, pendidikan berasrama serta pengajaran bahasa Arab dan Inggris yang intensif. Lingkungan asri dan alami yang didukung dengan fasilitas lengkap, membuat santri-santri Al-Manshur selalu bersemangat dalam menuntut ilmu. Pesantren Al-Manshur menyelenggarakan pendidikan dari tingkat Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), Madrasah Diniyah (MD), Madrasah Ibtidaiyah (MI) sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP/SLTP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA/SLTA).