Tidak ada hari libur bagi para santri. Istilah libur adalah perpindahan dari satu kegiatan dengan kegiatan lainnya, begitu seterusnya. Bahkan bumipun tidak pernah berhenti berputar pada porosnya walaupun setiap hari mengelilingi garis equator yang sama dan alampun tidak pernah lelah akan siklusnya yang meskipun setiap hari selalu sama. Karna itulah bagi mereka yang berjiwa santri tetap semangat meskipun hari-harinya selalu dilewati dengan aneka kegiatan. Tentunya kegiatan yang bermanfaat.

Seperti halnya seluruh santri Darunnajah Cipining, setelah rangkaian ujian semester 1 dan pembekalan usai di pagi yang begitu cerah, dengan semangat dan senyum yang merekah seluruh santri putra maupun putri berbondong-bondong berbaris menuju lapangan futsal kampus 1 untuk melaksanakan upacara pelepasan Kafilah Safari Dakwah, PDPM, KKN, dan Riset.

Pelepasan Safari Dakwah, PDPM, KKN, dan Riset
Pelepasan Kafilah Safari Dakwah, PDPM, KKN, dan Riset SMK

Mengapa perlu diadakan kegiatan tersebut?

- Advertisement-

Tujuan umum diadakannya kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan generasi penerus agar peka terhadap masalah-masalah social keagamaan dimana mereka berada dan mampu memberikan alternative jalan keluarnya serta menumbuhkan iklim bermasyarakat sedini mungkin, serta kegiatan yang diadakan dijadikan sebagai pengamalan ilmu yang telah dicapai selama belajar di Pondok Pesantren Darunnajah Cipining. Karena begitu penting dan kompleksnya masyarakat, oleh karenanya para santri diberikan kesempatan untuk belajar bermasyarakat sebelum benar-benar terjun dalam masyarakat nantinya.

Siapa saja yang mengikuti Safari Dakwah, PDPM, Riset, dan KKN?

Kegiatan Safari Dakwah ini adalah kegiatan rutin tahunan di pondok pesantren Darunnajah Cipining selama 3 hari yang diikuti oleh seluruh santri kelas 1 sampai kelas 5 TMI baik putra maupun putri yang terdiri dari 172 kelompok sedangkan kelas akhir, yaitu kelas 6 TMI mengikuti kegiatan PDPM (Praktik Dakwah dan Pengembangan Masyarakat) selama 10 hari yang terdiri dari 18 kelompok dan kelas 12 SMK mengikuti kegiatan Riset. Adapun KKN diikuti oleh Mahasiswa dan Mahasiswi Staida semester lima.

Peserta Riset SMK 2018
Peserta Riset SMK 2018
Peserta KKN Mahasiswi STAIDA Jakarta
Peserta KKN Mahasiswi STAIDA Jakarta

Tepatnya pada tanggal 17 Desember 2018 Upacara Pelepasan kafilah PDPM, Safari Dakwah, KKN Mahasiswa STAIDA, dan Riset diselenggarakan. Acara tersebut dimulai pukul 07.00 WIB di lapangan futsal kampus 1 dan dibawah komando Ust. Riski Akhri selaku pembawa acara.

Dalam acara pelepasan tersebut hadir Pimpinan Pesantren, KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc beserta Istri Hj. Rahmah Manaf Mukhayyar, seluruh Jajaran Biro, Kepala Sekolah, dan segenap asatidz dan ustadzah, yang mana hadir untuk memberikan doa terbaiknya dan wejangan nasehat serta dukungan moral berupa motifasi yang diharapkan dapat menambah ghirah para santri, sehingga tujuan kegiatan tersebut dapat tercapai dengan maksimal.

Sambutan Pimpinan Pesantren Darunnajah Cipining, KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc
Sambutan Pimpinan Pesantren Darunnajah Cipining, KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc

Acara tersebut berjalan dengan penuh khidmad, yang dibuka dengan membaca surah Al-fatihah yang salah satu faedah membacanya adalah diampuni dosa dan dijauhkan dari api neraka. Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan oleh Ka. Biro Dakwah dan Hubungan Masyarakat (Ust. Husnul Mubarok, S.Pd), dan Pimpinan Pesantren (K.H Jamhari Abdul Jalal, Lc). Setelah sambutan dibacakan tata tertib kegiatan oleh Ketua PDPM (Ust. Dimas Wijanarko) dan ditutup dengan doa, yang diharapkan dapat memperlancar dan menjadi kekuatan positif, sebagai sumber kesuksesan acara tersebut dan tentu dengan usaha yang sungguh-sungguh pula.

Setelah acara ditutup santri tidak langsung dibubarkan, tetapi terlebih dahulu tashofahan dengan seluruh asatidz dan ustadzah. Suasanapun berubah menjadi haru biru tatkala sholawat dilantunkan dengan pembawaan yang penuh penghayatan.

Tashofahan seluruh santri bersama asatidz dan ustadzat

Selanjutnya, setiap kelompok berjalan menuju mobilnya masing-masing dan bersiap untuk berangkat menuju lokasi shohibul bayt masing-masing serta bersiap untuk memulai misinyayaitu belajar bermasyarakat.

WARDAN/Iskana

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor menyelenggarakan pendidikan Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMP, SMA, SMK sampai Perguruan Tinggi. Pesantren ini memadukan kurikulum Pondok Modern Gontor, Nasional dan Salaf. Darunnajah Cipining menyediakan banyak beasiswa untuk santri berprestasi dan santri tahfidz Al-Qur'an. Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, silat, jurnalistik, drum band, dll. Kampus Darunnajah Cipining berada di atas lahan seluas 170 hektare, di Cigudeg Bogor Jawa Barat. Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olahraga, sekolah, perkantoran, laboratorium, komputer, internet, dll.