Para siswa SD Islam Darunnajah ketika sedang mengikuti pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Laboratorium Komputer.

Di SD Islam Darunnajah terdapat laboratorium komputer yang terbagi menjadi dua ruangan. Tempat ini selalu ramai dikunjungi para siswa, selalu saja para siswa berebutan masuk untuk mendapatkan tempat duduk. Sepertinya tempat duduk menjadi sesuatu yang strategis untuk diperebutkan oleh para siswa.

Ini berlaku untuk semua siswa dari kelas 1 samapi dengan kelas 6 tanpa terkecuali, mereka akan mengantri di depan pintu labkom padahal belum waktunya masuk. Maka terciptalah sebuah kesepakatan tak tertulis diantara para siswa “siapa yang datang duluan, dialah yang berhak menduduki tempat yang dipilihnya”.

Mau tahu alasannya mengapa para siswa SD selalu berebut tempat duduk ketika masuk ke laboratorium komputer? Inilah beberapa alasannya.

Pertama, takut tidak mendapatkan komputer (padahal di setiap ruang labkom terdapat 20 unit dan hanya sekitar 16 anak yang masuk ke setiap ruangan, jadi masih ada sisa 4 unit)

Kedua, Untuk mendapatkan tempat duduk yang lansung menghadap ke layar proyektor, agar dengan leluasa dan jelas dapat membaca setiap tulisan yang ditampilkan (alasanya lumayan bagus).

Ketiga, untuk mendapatkan komputer yang aplikasinya lengkap, termasuk terdapat game-nya. (biasanya anak seperti ini lagi penasaran main game karena selalu kalah saat main)

Keempat, mencari komputer yang layarnya menghadap  belakang (tidak terlihat oleh guru), biasanya yang seperti ini siswanya sambil mengerjakan tugas sambil main game juga.

Kelima, mencari komputer yang ada jaringan internetnya (biasanya siswa kelas 4, 5, dan 6, tapi ada juga kelas 1 dan 2 yang sudah pandai membuka google dan cari game online), ini yang kadang membuat siswa jadi tidak konsentrasi mengerjakan tugas.

Dari kelima alasan diatas, alasan nomor empat dan lima-lah yang sering dijumpai oleh guru pengajar komputer, maka solusinya adalah memindahkan tempat duduk siswa tersebut dan mematikan jaringan internet.

Dan inilah ciri-ciri siswa yang mengerjakan tugas TIK sambil main game atau buka intenet:

  1. Duduk tenang, tatapan mata fokus ke layar komputer
  2. Bila dipanggil seperti tidak mendengar
  3. Biasanya duduk bergerombol di depan salah satu layar komputer
  4. Bila menang main game atau menemukan sesuatu gambar atau video yang menarik dia akan berbisik dan memberitahukan ke teman lainnya
  5. Biasanya kalau sudah ditegur akan mematikan aplikasi game dan internetnya, namun beberapa saat kemudian akan membuka kembali aplikasi tersebut.

Itulah beberapa alasan dan ciri siswa yang begitu senang mengunjungi laboratorium komputer, walaupun tempatnya di lantai 3 dan lumayan menguras tenaga untuk menaiki tangga namun tetap semangat untuk mendapatkan kursi incarannya.

Kadang menjadi hiburan tersendiri bagi guru pengajar TIK atas tingkah polah para siswa ini.Dan itulah realita yang teradi saat ini sebagai generasi milenial yang hidup di zaman yang begitu pesat perkembangan teknologinya.

Namanya juga anak zaman sekarang, Orang bilang ya begitulah “Kids Zaman Now” …….

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Sekolah Dasar Islam Darunnajah adalah lembaga pendidikan milik Yayasan Darunnajah. SD Islam Darunnajah menggunakan sistem pendidikan terpadu antara ilmu pengetahuan umum dan pendidikan agama Islam untuk mewujudkan peserta didik yang berakhlak mulia, berprestasi, terampil dan mandiri berdasarkan iman dan taqwa. Lembaga pendidikan Islam ini menyediakan berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler yang menarik diantaranya seni bela diri, pramuka, sepak bola, renang, badminton, robotik, marawis, jurnalistik dll. Salah satu program unggulannya adalah hafalan Al-Qur’an juz 30 sehingga diharapkan lulusannya dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari terutama bacaan surat-surat pendek dalam ibadah shalat lima waktu.