Tarbiyatul Mu’alliminUjian NIhai (FILEminimizer) wal Mu’allimat Al Islamiyyah (TMI) merupakan salah satu jenjang pendidikan utama yang diselenggarakan di pondok pesantren Darunnajah 9 Pamulang. Progam yang merupakan nama lain dari Kuliatul Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI-yang digunakan di pondok Modern Gontor) ini, ditempuh selama 6 tahun bagi lulusan SD/MI, atau 4 tahun bagi santri yang tamat SMP/MTs. Kurikulum yang digunakan merupakan perpaduan dari kurikulum pondok modern Gontor, pondok Salafiah dan Departemen Agama.

Secara umum, materi pelajaran agama sudah mulai disampaikan langsung dengan bahasa Arab semenjak di kelas 2 TMI (VIII SMP/MTs). Pelajaran tersebut antara lain: Aqidah, Nahwu, Shorf, Ta’bir, Muthola’ah, Mahfudzot, Tafsir, Hadits, Fiqh, Tarikh Islam, Imla. Dan secara berkesinambungan, pada setiap level yang lebih atas ditambahkan beberapa materi pelajaran, antara lain: di kelas 3 TMI (IX SMP/MTs) ditambahkan materi Tarbiyyah, di kelas 4&5 (X & XI SLTA/MA) ditambahkan materi Balaghoh, dan di kelas 6 TMI (XII SLTA/MA) ditambah dengan pelajaran Al-Mantiq dan Tarikh Tasyri’.

Adapun materi yang diajarkan menggunakan bahasa Inggris di semua kelas, antara lain; English, Grammar, Composotion, Conversation, Reading dan Translation. Sedangkan pelajaran umum seperti Matematika, PKn, Bahasa Indonesia, IPS, IPA, Ekonomi, disampaikan dalam Bahasa Indonesia.

Untuk mengetahui hasil belajar para santri, maka di pesantren Darunnajah Cipining diselenggarakan beberapa ujian. Di samping menyelenggarakan Ujian Mid Semester, Ujian Semester, Ujian Nasional, UJian Praktik Pendidikan Jasmani dan Kesehatan dan praktik Ketrampilan dan Juga UJian Akhir Sekolah, seperti pada lembaga pendidikan lainnya. Juga terdapat ujian lain yang merupakan ciri khas dari ujian di pesantren modern pada umumnya. Ujian tersebut adalah Ujian Lisan Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan ujian praktik Ibadah Amaliah.

Dan khusus bagi santri kelas nihai –sebutan kelas 6 TMI- juga diwajibkan mengikuti Ujian Nihai. Bahan ujian ini diambil dari seluruh materi pelajaran yang berbahasa Arab dan Inggris dari kelas 2-6 TMI. Materi lain yang juga diujikan dalam ujian Nihai tersebut adalah kepesantrenan. Pada tahun ajaran 2015.

Untuk memberikan motivasi para santri dalam menghadapi Ujian Nihai yang notabene Ujian Akhir versi pesantren ini, banyak upaya yang ditempuh oleh pesantren Darunnajah Cipining. Antara lain, Pengarahan yang disampaikan langsung oleh Ust. Irfan Kurniawan, S. Th. I Sebagai kepala sekolah MA Darunnajah 9.Mohon do’a mudah-mudahan mereka diberi kelancaran dan mendapatkan nilai yang terbaik.

 

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang adalah Pondok Pesantren khusus putri pertama di Tangerang Selatan. Berlokasi di daerah Pamulang, Pesantren ini sangat strategis dan mudah dijangkau dari mana saja. Pondok Pesantren putri ini menyelenggarakan pendidikan Islam berasrama pada tingkat MTS (Tsanawiyah) dan Aliyah (MA). Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah merupakan lembaga pendidikan Islam terpadu, menggunakan sistem pendidikan berkualitas yang sudah diakui dunia. Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah menyiapkan kader agama Islam dengan sistem Pondok Modern Gontor Ponorogo. Membentuk karakter santri dengan pengetahuan agama Islam, kemampuan dakwah serta keterampilan hidup (life skills). Santri dididik shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), dan beragam kegiatan menarik seperti percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, pramuka, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti silat, jurnalistik, marching band, dll. Kampus Al-Hasanah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olah raga, auditorium, sekolah, dan lain-lain.