Selain Ujian tulis, salah satu metode ujian yang dilakukan oleh Pesantren adalah Ujian Lisan. Ujian ini biasanya (bagi santri asrama) dilaksanakan di awal rangkaian agenda Ujian Semester. Selanjutnya setelah Ujian Lisan selama satu minggu selesai dilaksanakan, maka ujian berikutnya adalah Ujian tulis.

Materi yang diujikan pada Ujian Lisan ini, dibagi menjadi tiga bagian;

  1. Ujian Bahasa Arab
  2. Ujian bahasa Inggris
  3. Ujian Ibadah Amaliya

Ujian Lisan Bahasa Arab untuk santri MTs dan MA juga Santri Intensif (Pra MA) adalah hari Sabtu sampai Senin, 29 November – 1 desember 2014. Materi yang diujikan adalah Muhadatsah, Bahasa Arab, Mufrodat, Terjamah, Nahwu, Sharaf, Muthala’ah, Mahfudzat dll.

Selanjutnya Ujian Lisan bahasa Inggris untuk santri MTs dan MA dilaksanakan pada tiga hari berikutnya, Selasa-Kamis, Tanggal 2-4 Desember 2014. Pada Ujian ini, materi yang diujikan adalah Conversations, English, Grammar, Translate, Vocabularies, dll.

Sementara untuk santri MTs dan MA non asrama (tidak mukim), ujian Bahasa Arab dilaksanakan pada Hari Sabtu-Ahad, 29 Nopember – 30 Nopember 2014, Bahasa Inggris Hari Senin-Selasa, 1-2 Desember 2014 dan Ujian Ibadah Amaliyah Hari Rabu-Kamis. 3-4 Desember 2014.

Berbeda dengan santri SMK dan SMP Darunnajah, Pelaksanaan Ujian Lisan dilaksanakan setelah ujian tulis dilaksanakan. Untuk bahasa Arab, Agendanya adalah hari Sabtu-Ahad, tanggal 29 dan 30 Desember 2014. Dan Bahasa Inggris hari Minggu-Senin, tanggal 14-15 Desember 2014. Serta Ibadah Amaliyahnya hari Selasa-Rabu, Tanggal 16-17 Desember 2014.

Materi yang diujikan untuk santri SMP dan SMK pun hampir sama dengan Kelas MTS dan MA asrama. Hanya dari sisi pelaksanaannya, kelas SMP dan SMK Nonasrama ini dilaksanakan pada akhir rangkaian agenda Ujian semester Ganjil 2014. [WARDAN/@abuadara]

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor menyelenggarakan pendidikan Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMP, SMA, SMK sampai Perguruan Tinggi. Pesantren ini memadukan kurikulum Pondok Modern Gontor, Nasional dan Salaf. Darunnajah Cipining menyediakan banyak beasiswa untuk santri berprestasi dan santri tahfidz Al-Qur'an. Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, silat, jurnalistik, drum band, dll. Kampus Darunnajah Cipining berada di atas lahan seluas 170 hektare, di Cigudeg Bogor Jawa Barat. Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olahraga, sekolah, perkantoran, laboratorium, komputer, internet, dll.