Tips Mengatasi Anak Picky Eater

Memilih makanan sering kali menjadi masalah bagi orang tua dirumah maupun disekolah. Misalnya saat jam istirahat guru terkadang menemukan anak yang yang tidak mau memakan bekal yang dibawa atau saat kegiatan makan sehat ada beberapa anak yang menolak untuk makan menu yang disajikan.

Anak-anak yang suka pilih-pilih makanan seringkali membuat para orang tua serba salah. Mereka takut jika memaksakan anak makan akan membuat anak rewel. Sementara kalau anak dibiarkan tidak makan, perut anak akan kosong dan jadi mudah sakit dan gizinya tidak terpenuhi.

Anak anda termasuk picky eater?

Anak anda termasuk picky eater?
Anak anda termasuk picky eater?

Anak usia batita hingga balita rata-rata mulai pilih-pilih makanan atau sering dikenal dengan istilah picky eater. Ia akan makan jika ia menyukai makanan tersebut dan tidak memakannya bila tidak menyukainya. Anak-anak usia ini seringkali tidak menyukai makanan jenis sayur-sayuran, buah-buahan, ikan dan jenis makanan tertentu.

Apa saja penyebab anak anda menjadi picky eater

Perubahan makanan yang terjadi dari proses peralihan makan-makanan halus ke makanan padat, beberapa anak memerlukan waktu untuk terbiasa dengan tekstur dan rasa dari berbagi makanan.

Selain itu, pola makan anak bergantung juga dari kebiasaan makan orang tua. Dengan mengenalkan makanan yang berevariasi setiap hari dapat membatu anak untuk mengenal berbagai jenis makanan. Memberi makan yang kurang bervariasi atau hanya itu-itu saja dapat memungkinkan menjadikan anak pemilih dan bisa menyebabkan gizi yang kurang seimbang.

Tips Mengatasi Anak Picky Eater

Kenalkan Menu Baru

Kombinasikan bahan makanan agar gizi seimbang
Kombinasikan bahan makanan agar gizi seimbang

Anda harus sabar mengenalkan makanan baru kepada anak anda. Anak tidak akan mencoba mekanan baru sampai ibu menawarkannya berkali-kali dengan sabar agar anak mau mencobanya dan mau menerimanya.

Dengan selalu menyediakan makanan baru untuk anak, pilihan jenis makanan anak akan lebih beragam dan menghindari anak menjadi picky eater.

Jadilah seorang seniman makanan

Tuangkan sedikit kreatifitas anda dalam menyajikan makanan untuk anak
Tuangkan sedikit kreatifitas anda dalam menyajikan makanan untuk anak

Dengan sedikit kreatifitas yang ada, buatlah macam-macam kreasi makanan agar dapat menarik minat anak. Kombinasikan warna pada makanan anak seperti wortel, brokoli serta sayur lainnya semenarik mungkin untuk disajikan pada anak anda.

Makanlah bersama anak anda

Makan bersama
Makan bersama

Makanlah bersama. Anak akan cendrung tertarik untuuk mencoba makanan ketika anak makan bersama anda, anggota keluarga lainnya atau dengan teman-temannya. Selain itu, jaga suasana makan bersama yang menyenangkan.

Libatkan Anak Dalam Membuat Menu Makanan

libatkan anak anda untuk menyiapkan bahan makanan
libatkan anak anda untuk menyiapkan bahan makanan

Anda perlu sesekali melibatkan apa saja daftar menu makanan yang akan disantap anak anda. dengan memberikan daftar pilihan menu selama sehari atau beberapa hari. termasuk melibatkan anak dalam membuat makanan tersebut.

Berikanlah Contoh

Makan bersama dengan suasana yang menyenangkan
Makan bersama dengan suasana yang menyenangkan

Berikanlah contoh dengan memakan makanan yang akan anda kenalkan kepada anak dengan antusias akan memberikan efek positif pada anak agar mau mencoba variasi makanan.

Baca Juga : Kelas Toddler Makan Siang Bersama

Menjadi teman Facebook TK Islam Darunnajah

 

 

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

TK Islam Darunnajah adalah lembaga pendidikan anak usia dini antara usia 3-6 tahun. TK Islam Darunnajah berlokasi di area Pondok Pesantren Darunnajah di Jakarta Selatan. Kami menyelenggarakan pendidikan dalam berbagai aspek pengembangan diantara aspek Bahasa, Kognitif, Motorik, Kreativitas, Sosial emosional dan Moral agama. Kami menyadari bahwa aspek-aspek ini sangatlah penting bagi perkembangan anak usia dini dalam menyiapkan diri menuju tingkat Pendidikan sekolah dasar dan jenjang berikutnya. TK Islam Darunnajah memiliki empat ekstrakurikuler yaitu menari, melukis, futsal dan jarimatika. Kegiatan mingguan di TK Islam Darunnajah meliputi senam pagi, kunjungan ke perpustakaan dan belajar komputer. Kegiatan bulanan yaitu renang dan makan sehat. Serta Kegiatan tahunan yaitu field trip, outbound, manasik haji, peringatan hari besar Islam dan nasional, pentas seni dan wisuda. TK Islam Darunnajah ingin mewujudkan TK yang berbasis Islam, peserta didik dibekali berbagai pengetahuan agama seperti mampu mempraktekan cara berwudhu dan shalat berjama'ah, menghafal doa-doa harian, menghafal surat pendek Al Quran, membaca iqro dengan lancar dan mampu menghafal Asmaul Husna.