Tips Di Bulan Ramadhan

Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, bulan seribu ampunan, dan bulan berdo’a. Banyak yang bisa kita lakukan untuk mengisi bulan istimewa ini agar lebih Berkah dan berpahala, sebab di bulan Ramdhan pahala untuk seluruh kebaikan dilipat gandakan. Dalam satu bulan ini, seluruh umat muslim yang ada di bumi, dilatih untuk bersabar dan menahan hawa nafsu agar menjadi orang yang bertaqwa.

Taqwa adalah melakukan apa yang Allah perintahkan dan menjauhi apa yang Allah larang. Nabi Muhammad SAW, sangat mencintai orang-orang yang bertaqwa. Jangan sampai kita melewatkan bulan yang suci ini dengan tidak melakukan apapun, buatlah Ramadhan anda lebih berarti. Berikut penulis akan memaparkan beberapa tips untuk mengisi bulan Ramdhan agar menjadi berkah :

  1. Perbanyak Tilawah Al-qur’an
Tips Di Bulan Ramadhan

Ramdhan adalah bulan dimana diturunkannya Al-qur’an, pedoman hidup umat manusia. Maka seharusnya kita memiliki target untuk menuntaskan bacaan Al-qur’an. Lebih bagusnya kita menambah hafalan Qur’an. Mengisi waktu dengan kegiatan positif tentulah lebih baik, dibandingkan mengisi bulan yang suci ini dengan tuduhan, menggunjingkan keburukan orang lain, dan menonton hal yang tidak baik, membaca Al-qur’an adalah jawaban yang tepat untuk mengisi kekosongan. Karena disaat bulan Ramadhan Allah kalikan 10 kali lipat kebaikan saat kita membaca Al-qur’an.

 

  1. Mengerjakan Shalat Sunnah

    Shalat Sunnah

ada shalat sunnah yang hanya ada di bulan Ramadhan, yaitu Sahalat Tarawih, dikerjakan sehabis shalat isya berjamaah dimasjid. Ada sebagian yang mengerjakan shalat tarawih sebanyak 23 ataupun 11. Alangkah indahnya jika kita dapat mengerjakan shalat tarawih berjamaah di masjid full selama bulan Ramadhan ini.

Kunci kesuksesan manusia tergantung sebagus apa interaksi ia dengan Tuhannya, karena seluruh kejadian tergantung Allah bagaimana menghendakinya. Shalat adalah media kita untuk berinteraksi dengan Allah. Maka, sempurnakanlah  shalat wajib dengan mengerjakan shalat sunnah, apalagi di bulan Ramadhan yang setiap kebaikannya di lipatgandakan oleh Allah pahalanya.

  1. Memberikan Takjil kepada Orang yang Berpuasa

    Memberi

Berbagi di bulan Ramadhan itu Indah karena Rasullah SAW bersabda :

“Barang siapa yang memberi makanan orang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun juga.” (H.R. Tarmidzi)

Berdo’a

4.Perbanyak berod’aBerdo’a berarti kita beriman bahwasannya kita meminta kepada Dzat yang Maha memiliki, di bulan Ramadhan banyaklah berdo’a karena 3 golongan yang diijabah do’anya ialah : orang yang terzalimi,  Pemimpin yang adil, dan orang yang berpuasa. Ingin kuliah keluar negri ? tapi gak punya uang ? hal ini memang tidak mungkin dengan kalkulasi manusia, tapi kalau kata Allah kun fa yakun maka apa yang dikehendakinya akan terjadi.

  1. Menulis

    Menulis

Cobalah menulis walaupun sedikit untuk menyebar kebaikan. Menulis tidak harus menunggu kita sempurna dan pintar ingatlah “sampaikanlah walaupun hanya satu ayat.” Bisa jadi orang tersadar lewat perantara tulisan yang kita tulis, walaupun hanya beberapa kata saja. Di bulan Ramadhan ini, daripada banyak waktu yang terbuang percuma, menulis beberpa kata untuk mengingatkan kebaikan sama saja seperti dakwah. Insya Allah akan berimbas kebaikan untuk diri kita juga.

  1. Membaca

    Membaca

Buku adalah gudang ilmu, membaca sama saja dengan kita belajar dari belahan dunia. Ramadhan dengan tenaga yang terbatas, baca buku bisa menjadi kegiatan yang pas untuk mengisi bulan istimewa ini. Membaca seharusnya bukan hanya menjadi hobby namun seharusnya disadari menjadi sebuah kebutuhan.

Berikut tadi adalah beberapa tips kegiatan yang Insya Allah bisa mengisi Ramadhan agar menjadi lebih berkah, selamat mencoba.

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta adalah Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang Play Group, PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMA sampai Perguruan Tinggi. Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, pramuka, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti silat, jurnalistik, marching band, dll. Kampus Darunnajah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, bank, ATM, production house, asrama, koperasi, guest house (penginapan), gedung olahraga (GOR), sekolah, perkantoran, laboratorium, dll. Darunnajah menyediakan beasiswa untuk kaderisasi. Pesantren Darunnajah memiliki 16 cabang di seluruh Indonesia.