Sebagian ulama mengatakan bahwa motivasi peribadatan itu terbagi tiga, yaitu al-rahbaniy, al-jananiy dan al-rabbaniy.
Adapun al-rahbaniy itu ialah orang-orang yang mengerjakan ibadat karena takut kepada neraka. Al-Jananiy ialah orang-orang mengerjakan ibadat karena menginginkan surga. Sementara al-rabbaniy itu ialah orang-orang yang beribadat karena rindu kepada Allah, bukan karena takut neraka atau ingin surga.
Kelak, pada hari kiamat, akan dikatakan kepada al-rahbaniy, engkau telah selamat dari neraka. Lalu ia berkata, “Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka-cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (Q.S. Fathir: 34) وَقَالُوا الحَمْدُ للهِ الَّذِى أَذْهَبَ عَنَّا الحَزْنَ إِنَّ رَبَّنَا لَغَفُوْرٌ شَكُوْرٌ (فاطر: 34)
Dikatakan kepada al-jananiy, engkau berhak mendapatkan surga. Lalu ia berkata, “Segala puji bagi Allah yang telah memenuhi janji-Nya kepada kami,”

(Q.S. az-Zumar:74) وَقَالُوْا الحَمْدُ للهِ الَّذِى صَدَقَنَا وَعْدَهُ وَأَوْرَثَنَا الأَرْضَ نَتَبَوَّأُ مِنَ الجَنَّةِ حَيْثُ نَشَاءُ فَنِعْمَ أَجْرُ العَامِلِيْنَ (الزمر: 74)
Sementara kepada al-rabbaniy dikatakan, Allah telah mengaruniakan kepadamu untuk memandang kepada-Nya tanpa perantara. Maka ia menjawab, “Segala puji bagi Allah yang telah menunjuki kami. Dan kami sekali-kali tidak akan mendapat petunjuk kalau Allah tidak memberi petunjuk kepada kami.”

- Advertisement-

(Q.S.al-A`raf:43) … وَقَالُوْا الحَمْدُ للهِ الَّذِى هَدَانَا لِهٰذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلاَ أَنْ هَدَانَا اللهُ …. (الأعراف: 43)

(diunggah dari M. Kadhafi Hamdie/Dj)

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Sekolah Dasar Islam Darunnajah adalah lembaga pendidikan milik Yayasan Darunnajah. SD Islam Darunnajah menggunakan sistem pendidikan terpadu antara ilmu pengetahuan umum dan pendidikan agama Islam untuk mewujudkan peserta didik yang berakhlak mulia, berprestasi, terampil dan mandiri berdasarkan iman dan taqwa. Lembaga pendidikan Islam ini menyediakan berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler yang menarik diantaranya seni bela diri, pramuka, sepak bola, renang, badminton, robotik, marawis, jurnalistik dll. Salah satu program unggulannya adalah hafalan Al-Qur’an juz 30 sehingga diharapkan lulusannya dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari terutama bacaan surat-surat pendek dalam ibadah shalat lima waktu.