Manfaat Air Hujan
Manfaat Air Hujan

Manfaat Air Hujan

Pernahkah kalian berfikir rintik demi rintik hujan yang Allah berikan kepada kita ? setiap apa yang diciptakan didunia ini sangat bermanfaat untuk kehidupan kita.

Salah satunya hujan. Air hujan selain bermanfaat sebagai sumber kehidupan , juga dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk mengobati penyakit dan memelihara kesehatan kita.

- Advertisement-

Tetapi yang perlu kita perhatikan bahwa air hujan memiliki suhu dibawah suhu air normal sehingga jika kita terkena air hujan dapat membuat tubuh kita kedinginan dan menggigil jika tubuh anda kurang fit maka jangan coba-coba untuk terkena air hujan secara langsung atau hujan-hujanan karena bisa menyebabkan flu.

Air hujan merupakan salah satu sumber air bersih yang  disediakan oleh alam yang dapat dipergunakan oleh manusia.

Adapun manfaat air hujan sebagai berikut

Apakah Manfaat Air Hujan Bagi Kesehatan ?

Air hujan sangat bermanfaat bagi kesehatan, manfaat pertama adalah mampu menghilangkan stres yang dirasakan oleh jiwa, coba saja kalian perhatikan anak-anak yang sedang bermain air hujan, mereka tampak sangat bahagia berlarian kesana kemari, bermain dan bercada.

Pemandangan seperti itu tampak sangat menyenangkan dan tidak setiap hari dapat dirasakan, karena hujanpun tidak setiap hari menamapakkan diri. Untuk orang dewasa sendiri terkadang ada yang memilih menangis sambil hujan-hujanan untuk menghilangkan stres.

Selain menghilangkan stres, air hujan juga dapat menyegarkan kulit, stiap hari kulit harus berhadapatan dengan debu akibatnya kulit tidak menjadi segar lagi. Mandi dengan air hujan dapat membantu menyegarkan kulit karena rasa dingin yang terkandung didalamnya.

Manfaat Air Hujan Bagi Hewan
Manfaat Air Hujan Bagi Hewan

Sepenting Apa Air Hujan Bagi Petani ?

Air hujan sangat berperan penting dalam bidang pertanian. Air hujan turun kemuka bumi sangat memberikan dampak baik bagi kehidupan petani, tak heran jika petani sangat senang dan bahagia apabila hujan turun,.

Karena dapat memberi pengaruh baik bagi hasil panen yang mereka tanam maka banyak petani menunggu musim hujan datang. Dan ketika musim hujan sudah datang, banyak sekali para petani yang melakukan panen dengan hasil yang memuaskan dengan mendapatkan banyak keuntungan

Apakah Hewan Membutuhkan Air Hujan ?

Air juga merupakan komponen penting dalam tubuh hewan, seperti halnya tubuh manusia , tubuh hewan juga sekitar tiga perlima terdiri dari air.

Semua bagian dari tubuh hewan mengandung air, jadi kebutuhan air untuk tubuh hewan hampir sama dengan kebutuhan manusia terhadap air.

Seperti halnya hewan unta, sangat membutuhkan air dipunuknya sekali minum dapat menampung hingga 7 liter air untuk persediaan selama 3 hari.

Air Hujan Sebagai Sumber Tenaga Listrik

Hujan juga dapat bermanfaat bagi sumber tenaga listrik. Kekuatan hujan terkadang dapat menimbukan kekuatan kekuatan untuk memunculkan energi listrik.

Air hujan yang jatuh ke laut akan menjadi sumber daya yang amat penting , air hujan yang masuk ke penampugan akan dirubah menjadi sumber listrik dengan beberpa alat teknologi.

Apakah Pengaruh Air Hujan Bagi Makhluk Hidup ?

Keberdaan air sangat penting bagi manusia air ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam hal, demikian pula hujan.

Oleh karena itu seringkali orang menyebutkan bahwa hujan yang turun merupakan suatu berkah yang dapat dirasakan oleh semua manusia bahwa keberadaan hujan adalah untuk kelangsungan hidup manusia.

Hujan juga bisa bermanfaat sebagai salah satu penyedia air minum untuk kelangsungan hidup manusia. Meskipun kita telah  mengetahui bahwa sanya air minum biasanya diambil dari sumber air didalam tanah atau dari daerah pegunungan.

Namum ternyata air minum juga bisa disediakan dari air hujan. Namun air hujan yang aka dijadikan air minum perlu diolah terlebih dahulu agar bersih dan juga terindar dari berbagai macam penyakit.

Manfaat Air Hujan Bagi Kelangsungan Hidup

Manfaat Air hujan untuk melestarikan lingungan hidup

Lingkungan alam yang asri dan indah juga butuhkan air hujan, mengapa demikian ?

karena air hujan dapat membantu pohon-pohon untuk melangsungkan proes fotodintesis, menyerap sumber air hujan menjadi air tanah. Melalui cara umum air hujan akan mempertahankan kehidupan alam semesta dengan beberapa kegunaan yang saling terkait.

Apa Pandangan Islam Mengenai Air Hujan ?

“Dialah yang meniupkan angin (sebagai) pembawa kabar gembira, dekat sebelum kedatangan rahmat Nya (hujan). Kami turunkan air yang amat bersih dari langit” (Al-furqaan : 48)

Air hujan disebut pula dengan istilah al ma’rufat yang berarti air segar dan nikmat untuk diminum. Fakta itu semakin diperkuat oleh firman Allah dalam surat Al-anfal ayat 11 yang artinya :

“ Ingatlah ketika Dia menjadikan kamu mengantuk sebagai ketentraman dari Nya dan Allah menurunkan hujan dari langit kepada kalian untuk menyucikan kalian dengan hujan itu dan menghilangkan gangguan –gangguan setan dari kalian, juga untuk menguatkan hati kalian, memperteguh telapak kaki kalian” (Al-Anfal : 11)

Ayat tersebut menjelaskan bahwa air hujan adalah air yang ditunjukkan untuk menyucikan diri. Air hujan juga dapat dijadikan sebegai sumber energi. Air hujan dapat berpengaruh terhadap kehidupan manusia.

Mari Jaga Alam Kita !

Ingatlah teman, banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil dari air hujan, maka nikmat tuhan mana lagi yang engkau dustakan, mulai sekarang kita harus bersyukur ya kawan, karena banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil dari kehidupan ini. Dan jangan merusak alam, cobalah mencintai ciptaan tuhan dengan apa-apa yang telah Allah ciptakan untuk makhluknya.

LISAN/Ning.T

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Putri Darunnajah 3 Al-Manshur Serang Banten adalah lembaga pendidikan Islam modern yang menerapkan sistem kurikulum terpadu, pendidikan berasrama serta pengajaran bahasa Arab dan Inggris yang intensif. Lingkungan asri dan alami yang didukung dengan fasilitas lengkap, membuat santri-santri Al-Manshur selalu bersemangat dalam menuntut ilmu. Pesantren Al-Manshur menyelenggarakan pendidikan dari tingkat Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), Madrasah Diniyah (MD), Madrasah Ibtidaiyah (MI) sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP/SLTP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA/SLTA).