Cara Agar Suasana Kelas Menjadi Hidup dan Menarik

Suasa Kelas Yang Hidup dan Menarik
Suasa Kelas Yang Hidup dan Menarik

Sekolah adalah tempat belajar bagi siswa, dan tugas guru sebagian besar terjadi dalam kelas yakni membelajarkan siswa dengan menyediakan kondisi belajar yang optimal, Yang berhubungan dengan bakat dan minatnya. Ruang kelas pun harus optimal, ruang kelas yang kaya secara visual dapat membuat siswa betah dan mendukung serta menginspirasi proses pembelajaran.

Suasana ruang  kelas yang hidup adalah gambaran suasana  kelas dimana guru  mampu membuat setiap siswa yang mengikuti kegiatan belajar mengajar terlihat aktif. Keaktifan siswa ditandai dengan ketekunan dan semangat anak didik. Suasana kelas yang hidup tentu menjadi harapan semua guru saat mengajar anak-anak didik.

Bagaimana untuk menciptakan suasana kelas seperti ini?

  1. Suasana Kelas yang Menyenangkan

Suasana Kelas Yang menyenagkan
Suasana Kelas Yang menyenagkan

Guru yang mampu membawa suasana kelas menjadi terasa meyenangkan tentunya adalah pribadi guru yang penuh semangat dan kreatif. Anak-anak menjadi tidak mudah bosan dengan apa yang guru ajarkan. Dengan suasana kelas yang menyenangkan maka materi yang di ajarkan pun akan lebih mudah diterima oleh anak-anak, apalagi anak-anak usia dini yang masih gemar dalam bermain.

2. Guru Aktif  “ Memaksa “  Anak Menanggapi

Guru Aktif
Guru Aktif

Agar anak-anak tidak hanya berperan sebagai pendengar, maka guru perlu aktif dalam memancing anak-anak didiknya agar mau aktif menanggapi. Caranya adalah dengan memancing pertanyaan-pertanyaan sederhana.

3. Ice Breaking

Ice Breaking
Ice Breaking

Saat awal-awal guru mengajar, adalah kesempatan penting bagi guru untuk menghidupkan suasana kelas. Guru perlu memancingnya dengan memberikan ice braking yang menyenangkan, misalnya dengan tebak-tebakan, permainan, bernyanyi, dan membaca dongeng.

4. Tepuk Tangan

Belajar dengan Media Tepuk Tangan
Belajar dengan Media Tepuk Tangan

Untuk menghidupkan suasana kelas guru juga bisa menggunakan berbagai tepuk. Biasanya anak-anak didik senang sekali jika gurunya sudah memberikan suatu hal dan mereka kemudian harus mengikuti hal tersebut. Begitu juga dengan tepuk, mereka akan senang mengikuti tepukan yang guru berikan. Adapun macam-macam tepukan seperti:

  • Tepuk  Anak sholeh
  • Tepuk Semangat
  • Tepuk Bakso
  • Tepuk Islam
  • Tepuk Rapih

5. Bernyanyi

Media Belajar Dengan Bernyanyi
Media Belajar Dengan Bernyanyi

Bernyanyi  bisa anda gunakan untuk menghidupkan susana kelas, bisa dengan nyanyian yang sudah ada maupun anda menciptakan sendiri. Agar lebih bersemangat anda bisa mengkondisikan anak-anak didik untuk bernyanyi sambil bertepuk tangan, berdiri, ataupun diiringi oleh musik. Adapun macam-macam bernyayi sperti:

  • Aku punya dua mata
  • Bintang Kecil
  • Balon Ku
  • Rukun Islam
  • Naik Kereta Api

6. Merubah Posisi Duduk

Fariasi Tempat Duduk
Fariasi Tempat Duduk

Posisi duduk yang monoton bisa juga menjadi salah satu penyebab anak-anak bosan dan jenuh.  Oleh karena  itu,  guru bisa merubah posisi duduk anak –anak didik. Bisa dengan melingkar, ataupun lesehan.

7. Kegiatan yang Menantang

Kegiatan Taman kanak-kanak
Kegiatan Taman kanak-kanak

Kurangnya variasi dalam mengajar bisa menyebabkan anak-anak jenuh. Oleh karena itu variasikanlah kegiatan yang anda lakaukan dalam mengajar dan hendaknya kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang menarik dan menyenangkan,  agar menarik perhatian anak-anak didik. Kegiatan tersebut bisa dengan mewarnai, menggambar, menyusun puzle ataupun kegiatan lainnya.

8. Memberikan Reward

Memberikan Reawed Untuk Anak didik
Memberikan Reawed Untuk Anak didik

Anak-anak biasanya akan sangat menggemari sistem “reward”. Dengan adanya “reward” anak-anak akan semakin termotivasi untuk lebih aktif dalam pembelajaran di kelas, karena adanya suasana yang kompetitif. Anak-anak menjadi berusaha untuk menjadi yang terbaik di kelas dari banyaknya reward yang didapatkan, ketika anak-anak turun dalam semangat belajarnya guru juga bisa memberikan “reward” kepdanya. Tujuannya agar, anak tersebut lebih semangat lagi dalam belajar tentunya suasana pembelajaran akan menjadi hidup.

9. Kemasan Rangkuman yang Menarik

Merangkum Materi Agar Menjadi MenarikMerangkum Materi Agar Menjadi MenarikMerangkum Materi Agar Menjadi MenarikMerangkum Materi Agar Menjadi Menarik
Merangkum Materi Agar Menjadi Menarik

Setiap guru memiliki kreatifitas tersendiri dalam mengajar anak-anak didiknya. Guru yang baik mampu memberikan rangkuman materi, yang terlihat sulit menjadi lebih sederhana dan menarik. Biasanya materi ni akan dirangkum dengan media permainan, membuat hasta karya, menggunakan alat peraga dan aktivitas menarik lainnya. Beberapa guru juga sangat kratif dalam manfaatkan lingkungan sekitar sebagai sarana belajar anak.

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menghidupkan suasana kelas saat anada mengajar. Bagaimana dengan kelas Iibu Guru? Sudahkan Ibu Guru mengajar anak-anak didik dengan membuat mereka lebih aktif dikelas? Apaka suasana belajar di kelas Ibu Guru sudah lebih hidup?

 


TK Islam Darunnajah

 


Profil TK Islam Darunnajah

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

TK Islam Darunnajah adalah lembaga pendidikan anak usia dini antara usia 3-6 tahun. TK Islam Darunnajah berlokasi di area Pondok Pesantren Darunnajah di Jakarta Selatan. Kami menyelenggarakan pendidikan dalam berbagai aspek pengembangan diantara aspek Bahasa, Kognitif, Motorik, Kreativitas, Sosial emosional dan Moral agama. Kami menyadari bahwa aspek-aspek ini sangatlah penting bagi perkembangan anak usia dini dalam menyiapkan diri menuju tingkat Pendidikan sekolah dasar dan jenjang berikutnya.

TK Islam Darunnajah memiliki empat ekstrakurikuler yaitu menari, melukis, futsal dan jarimatika. Kegiatan mingguan di TK Islam Darunnajah meliputi senam pagi, kunjungan ke perpustakaan dan belajar komputer. Kegiatan bulanan yaitu renang dan makan sehat. Serta Kegiatan tahunan yaitu field trip, outbound, manasik haji, peringatan hari besar Islam dan nasional, pentas seni dan wisuda.

TK Islam Darunnajah ingin mewujudkan TK yang berbasis Islam, peserta didik dibekali berbagai pengetahuan agama seperti mampu mempraktekan cara berwudhu dan shalat berjama’ah, menghafal doa-doa harian, menghafal surat pendek Al Quran, membaca iqro dengan lancar dan mampu menghafal Asmaul Husna.