Study Banding ke Ponpes Darul MuttaqienPengurus Organisasi santri Darunnajah (OSDN) Bagian Kesehatan dan Lingkungan Hidup mengadakan kunjungan ke Pesantren Darul Muttaqien yang merupakan salah satu saudara Pondok Pesantren Darunnajah. Bukan rahasia lagi kalau Pesantren Darul Muttaqien yang terletak di Parung, Bogor – Jawa Barat ini memang sangat terkenal sekali akan kebersihan lingkungan pondok pesantren mereka.
Tujuan kita di Pondok Pesantern Darul Muttaqien tidak lain adalah kita ingin mengetahui bagaimana cara OPDM (Organisasi Pondok Pesantren Darul Muttaqien) dalam membimbing dan mengajarkan para santriwati betapa penting menjaga kebersihan baik kebersihan lingkungan hingga kebersihan badan mereka sendiri.
Setiba disana kami semua disambut dengan hangat oleh pengurus OPDM. Kami mengadakan pertemuan di gedung PAI ( Pendidikan Agama Islam). Untuk susunan acara sendiri dipandu oleh Ustd. Iskandar selaku Kepala Biro Pengasuhan Putra Pondok Pesantren Darul Muttaqien, “Meski usia Pondok Pesantren Darunnajah lebih tua yakni 40 tahun berdiri namun tidak ada salahnya jika kami belajar kepada Pondok Pesantren Darul Muttaqien yang relatif sangat muda yakni baru 23 tahun berdiri”, seperti yang disampaikan Ustd. Kholif dalam sambutannya pada pagi itu. Sementara untuk sambutan disampaikan oleh Ustd.Turhamun selaku kepala sekolah Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Muttaqien. Di dalam sambutannya Ustd. Turhamun berpendapat “bahwa kebersihan itu dimulai dari satu kesadaran untuk membuangnya” . Setelah itu kita pun mengadakan diskusi bersama antara Organisasi Pondok Pesantren Darunnajah dengan Organisasi Pondok Pesantren Darul Muttaqien bagaimana caranya untuk menerapkan kesadaran kepada para santriwati itu penting.
Banyak hal yang dapat kita ambil pada salah satu Pondok Pesantren yang tergolong relatif muda ini. Semoga dengan kunjungan kami ini membawa banyak hal positif untuk diterapkan di Pondok Pesantren Darunnajah. By : Petik PI 12-13

SHARE
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta adalah Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang Play Group, PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMA sampai Perguruan Tinggi. Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, pramuka, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti silat, jurnalistik, marching band, dll. Kampus Darunnajah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, bank, ATM, production house, asrama, koperasi, guest house (penginapan), gedung olahraga (GOR), sekolah, perkantoran, laboratorium, dll. Darunnajah menyediakan beasiswa untuk kaderisasi. Pesantren Darunnajah memiliki 16 cabang di seluruh Indonesia.