Steve Jobs Dan Bill Gates

Tidak bisa dimungkiri, teknologi sudah melekat pada kehidupan manusia modern. Bukan cuma orang dewasa, anak-anak pun sering kali menggunakan teknologi, seperti komputer atau smartphone untuk memuaskan kebutuhan mereka, terutama untuk hiburan.

Namun, uniknya, dilansir dari thisisinsider.com, ternyata Bill Gates dan Steve Jobs sebagai orang elite yang membesarkan teknologi dunia, membatasi penggunaan teknologi terhadap anak-anak mereka. Apa sebabnya? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Penggunaan smartphone berbahaya untuk otak anak-anak dan remaja

Penggunaan Smartphone Oleh Remaja
Menurut laporan dari National Vital Statistics Reports, smartphone berbahaya bagi otak remaja karena bisa mengakibatkan depresi. Penyebabnya adalah penggunaan media sosial yang berlebihan.

Adapun, risiko depresi terbesar terjadi pada anak kelas delapan yang melonjak hingga 27 persen. Bahkan lebih fatal lagi, di Amerika angka kematian karena bunuh diri telah melampaui angka kematian karena pembunuhan.

2. Bill Gates membatasi anaknya bermain video game

Virtual Reality Game (VR)

Pada 2007, mantan CEO Microsoft, Bill Gates membatasi anaknya berada di depan layar sejak anaknya mulai adiktif dengan video game. Selain itu, dia baru memberikan smartphone saat anaknya berumur 14 tahun.

Dia khawatir akan efek buruk terlalu lama di depan layar. Sementara, rata-rata anak-anak sekarang mendapatkan smartphone saat berumur 10 tahun.

3. Sementara, Steve Jobs melarang anaknya menggunakan iPad yang baru saja dirilisnya

Penggunaan Ipad Oleh Anak Di Bawah Umur

Selain Bill Gates, Steve Jobs pun membuat peraturan ketat terhadap penggunaan teknologi terhadap anaknya. Menurut wawancara dengan New York Times pada 2011, dia melarang anak-anaknya menggunakan iPad yang baru saja dia rilis.

”Kami membatasi seberapa banyak teknologi yang digunakan anak-anak kami di rumah,” ucap Bill Gates.

Hal tersebut sangat ironis mengingat banyak sekolah modern yang telah menggunakan iPad untuk kegiatan belajar-mengajar. Menarik juga ya.

4. Akan ada masanya anak-anak bisa menggunakan teknologi

Penggunaan Teknologi Ada Masanya

Dengan banyaknya efek negatif dari teknologi terhadap anak-anak dan remaja, ada baiknya orangtua lebih bijak untuk membatasi penggunaannya. Akan ada masanya anak-anak bisa menggunakan teknologi, saat mereka sudah jauh lebih dewasa. Selain itu, orangtua pun perlu sadar bahwa penggunaan teknologi gak sekadar untuk hiburan, namun juga untuk belajar.

Orangtua perlu mencontoh bagaimana Bill Gates dan Steve Jobs membatasi anak-anaknya dalam menggunakan teknologi. Meski mereka yang menciptakan teknologi modern, bukan berarti mereka sembarangan memberikannya pada anak-anak mereka. Justru karena tahu akan dampak buruknya, mereka membatasi penggunaannya.

Sungguh beruntung sekali kita sebagai santri dapat terhindar dari bahaya penggunaan Teknologi, di dalam pesantren kita di didik 24 jam penuh yang dapat membuat kita menjadi manusia yang memiliki karakter dan mental tangguh.

(Santri Tv/Rafi)

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 berada di Pabuaran Serang Banten. Pondok Pesantren Modern terbaik ini memiliki dua jenjang pendidikan, yaitu SMP (Sekolah Menengah Pertama), dan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) jurusan Multimedia. Pondok Pesantren Nurul Ilmi khusus menerima santri putra dan menyediakan beasiswa bagi santri berprestasi. Nurul Ilmi memiliki banyak kegiatan ekstrakulikuler seperti pramuka, seni bela diri, public speaking (latihan pidato), kursus programming, robot, desain, dan bebagai cabang olah raga seperti futsal, basket, volly, badminton. Pondok Pesantren Modern Nurul Ilmi memiliki banyak prestasi dalam bidang IT (Informasi dan Teknologi), sering menjadi juara dalam perlombaan dari taraf regional sampai nasional. Nurul Ilmi memiliki fasilitas lengkap seperti asrama, masjid, koperasi, laboratorium komputer, lapangan futsal, lapangan basket, lapangan badminton, guest house (penginapan), perkantoran, gedung sekolah, ruang rapat, kantor organisasi santri, dll.