Sejauh ini, pernahkah ujian kehidupan membuat anda tidak berdaya dalam menjalani hidup? Mengalami ujian kehidupan dapat menyebabkan rasa frustasi dan putus asa yang sepertinya datang menyergap secara bersamaan. Di tengah-tengah rasa frustasi dan putus asa itu, berusahalah mencari jalan keluar atas ujian kehidupan yang tengah anda alami itu.dari situ, anda akan menemukan beberapa jawaban dari diri sendiri, yang dapat menguatkan atau membuat anda semakin tegar untuk menghadapi ujian kehidupan tsb. Mungkin anda pernah terpuruk dalam waktu cukup lama. Kemudian anda bertanya kepada diri sendiri, “mengapa ujian ini begitu berat? Mengapa ujian ini menimpa saya? Mengapa tidak menimpa orang lain?”

Sikapi Ujian Kehidupan dengan Berpikir Positif
Sikapi Ujian Kehidupan dengan Berpikir Positif. Foto By. Abu Fawwaz,Ade Fahrizal WordPress.com

Jika demikian, sebaiknya anda menjawab, “Tuhan tidak mungkin salah memilih orang. Tuhan tidak mungkin salah melimpahkan ujiannya. Menjadi pilihannya adalah anugerah. Berpikirlah positif tentang semua itu! Tidak semua orang seberuntung saya!sesungguhnya, apa yang dilakukan tuhan kepadamu adalah untuk meningkatkan derajatmu. Di mata-nya sesunguhnya, di balik kesulitan itu ada kemudahan.” Memang , hal seperti itu tidak . mudah dirasakan, kecuali mau berpikir positif dan bersyukur atas ujian tersebut . sesungguhnya, ujian yang anda alami sudah dipilihkan tuhan sesuai dengan kemampuan. Oleh karena itu, yakinlah bahwa tuhan tidak memberikan ujian kecuali disertai dengan jalan keluarnya. Jadi, anda harus tetap berpikir positif dan bersyukur atas ujian tersebut.

Apakah anda tidak yakin bisa melewati ujian yang berat tersebut? Percayalah, tuhan memberikan ujian karena dia maha mengetahui segala kemampuanmu. Ujian adalah bentuk kasih sayang-nya yang hanya bisa dipahami jika kamu mau berpikiran positif tentang ujian tersebut. Adanya ujian itu karena tuhan ingin menguatkan kelemahanmu. Tuhan ingin melihatmu mampu melewati tangga-tangga kehidupan sehingga derajatmu semakin tinggi di hadapan-Nya.

Setelah melewati suatu ujian yang berat, anda akan menyadari bahwa ujian tersebut sama halnya dengan sekolah formal.ujian kehidupan menempa anda melalui praktik yang mengharuskan untuk belajar berpikir positif, bersyukur, ikhlas menerima, dan menikmati ujian agar semakin kuat.semua pembelajaran tersebut akan menikmati ujian agar semakin kuat. Semua pembelajaran tersebut akan meningkatkan iman dan takwa anda. Agar dapat melewati ujian dengan hasil yang memuaskan, maka anda harus belajar dengan bersungguh-sungguh. Setelah berhasil melewati ujian dengan hasil yang memuaskan, maka derajat anda pun akan naik ke tingkat yang lebih tinggi.

Siapakah anda untuk naik derajat ke tingkat yang lebih tinggi? Jika siap maka anda harus mempersiapkan diri dengan baik. Jangan sedikit pun berpikiran negatif. Apalagi, sampai mengeluh  apabila merasa kesulitan saat menghadapi ujian kehidupan. Jika memang belum mampu menghadapi ujian kehidupan tersebut, mungkin anda belum pantas untuk naik derajat ke tingkat yang lebih tinggi. Ingatlah baik-baik bahwa ujian kehidupan akan selalu diberikan tuhan kepada siapa saja yang disayangi-nya. Jadi, jaga diri anda untuk selalu berpikir positif tentang ujian tersebut. Jangan sedikit pun berpikiran negatif, apalagi sampai menggerutu di dalam hati bahwa ujian kehidupan hanya diberikan kepada orang yang hidupnya dalam kesusahan dan kekurangan.

Dengan ujian kehidupan, anda bisa mengenal lebih jauh dan melihat sejauh mana diri anda telah melangkah. Setelah ujian kehidupan dapat dilewati dengan baik, maka anda akan dihadapkan pada ujian kehdupan  berikutnya diibaratkan seperti teka-teki abstrak yang harus kita pecahkan agar bisa mencapai puncak. Mungkin, anda akan berhasil menghadapi ujian kehidupan berikutnya atau mungkin juga tidak. Namun, yang terpenting adalah bagaimana menyikapi ujian kehidupan itu dengan berpikir  positif sambil berusaha sekuat tenaga untuk memecahkan teka-tekinya.

By. Cidokom Post Crew (Ateam)

Sumber : Kedahsyatan Berpikir Positif dan Bertindak Progresif

Red: S. Rama Prayogo (Ateam)

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini