Ibadah Amaliyah merupakan pratikum ibadah dan setoran hafalan do’a sehari- hari, surah pendek serta bacaan shalat. Dan setoran ibadah amaliyah ini merupakan kewajiban dan syarat setiap santriwati untuk mengikuti ujian.

Setoran hafalan Ibadah Amaliyah
Setoran hafalan Ibadah Amaliyah

Ujian semester ganjil hanya tinggal menghitung hari. Dalam 3 hari kedepan yaitu tanggal 28 November 2018 akan dilaksanakan ujian lisan bagi seluruh santriwati Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang dari kelas 1 sampai kelas 5 Tarbiyatul Muallimat Al-islamiyah (TMI).

- Advertisement-

Dan sebelum diselenggarakannya ujian, seluruh santriwati harus menyelesaikan setoran hafalan ibadah amaliyahnya tersebut.

Setiap kelas memiliki tingkat hafalan dan praktik yang berbeda – beda. Semakin  tinggi kelasnya, maka akan semakin naik tingkat level atau kesulitan surah, doa dan praktik yang harus mereka selesaikan di dalam buku setoran ibadah amaliyah.

Wali Kelas
Wali kelas

Seluruh santriwati memiliki buku setoran hafalan ibadah amaliyah. Di dalamnya, terdapat kolom yang harus di tanda tangani oleh wali kelas atau asisten wali kelas mereka.

Untuk menjadi bukti bahwa mereka telah selesai menyetor hafalan dan dapat mengikuti ujian dengan tenang.

Setoran hafalan ibadah amaliyah ini berguna untuk santriwati dalam menjalani kehidupannya sehari-hari, baik di dalam pondok maupun ketika terjun langsung di kehidupan masyarakat nantinya.

Karena di dalam setoran hafalan ibadah amaliyah tersebut, terdapat banyak praktik – praktik ibadah yang mereka belum pernah lakukan. Seperti shalat jama’ qashar, shalat jenazah dan masih banyak lainnya.

Tentunya dapat melatih para santriwati agar dapat melaksanakan ibadah tersebut jika terjadi di lingkungan mereka. Dan supaya mereka lebih terarah dan tidak bingung dalam menjalaninya sehingga dapat membuat kepercayaan masyarakat terhadap pondok pesantren khusuusnya Darunnajah meningkat.

(adm dn 9-Raihanah)

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang adalah Pondok Pesantren khusus putri pertama di Tangerang Selatan. Berlokasi di daerah Pamulang, Pesantren ini sangat strategis dan mudah dijangkau dari mana saja. Pondok Pesantren putri ini menyelenggarakan pendidikan Islam berasrama pada tingkat MTS (Tsanawiyah) dan Aliyah (MA). Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah merupakan lembaga pendidikan Islam terpadu, menggunakan sistem pendidikan berkualitas yang sudah diakui dunia. Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah menyiapkan kader agama Islam dengan sistem Pondok Modern Gontor Ponorogo. Membentuk karakter santri dengan pengetahuan agama Islam, kemampuan dakwah serta keterampilan hidup (life skills). Santri dididik shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), dan beragam kegiatan menarik seperti percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, pramuka, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti silat, jurnalistik, marching band, dll. Kampus Al-Hasanah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olah raga, auditorium, sekolah, dan lain-lain.