Salah satu dari sekian banyak rangkaian kegiatan wajib bagi santri kelas 6 TMI atau biasa disebut dengan santri niha’ie/santri akhir adalah PDPM (Praktik Dakwah dan Pengembangan Masyarakat).

Apa itu PDPM?

PDPM (Praktik Dakwah dan Pengembangan Masyarakat) adalah kegiatan santri akhir baik putra maupun putri yang biasanya diadakan setelah ujian semester satu usai. Kegiatan ini berada di bawah naungan Biro Dakwah dan Hubungan Masyarakat Darunnajah 2 Cipining. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mewujudkan aktifitas santri di masyarakat sebagai pengamalan ilmu yang telah dicapai selama belajar di pesantren Darunnajah Cipining, mengkaji ilmu kemasyarakatan secara langsung dan praktis, dan membantu masyarakat dalam kegiatan baik pendidikan, keagamaan, dan social. Sehingga terdapat hubungan timbal balik dari masyarakat dengan santri yang dapat menambah pengalaman dan pengetahuan khususnya bagi para santri sebelum benar-benar terjun dalam masyarakat nantinya. Begitu pentingnya pengaruh masyarakat bagi perkembangan individu, oleh karenanya harus diimbangi dengan berbagai macam kegiatan positif yang kedepannya akan kembali kepada diri santri.

Praktik Dakwah dan Pengembangan Masyarakat (PDPM) 2018

Kapan kegiatan ini berlangsung?

- Advertisement-

Acara ini dilaksanakan selama 10 hari, mulai tanggal 17 Desember 2018 sampai dengan 26 Desember 2018.

Pada tanggal 17 Desember 2018, tepatnya pukul 07.00 WIB Upacara pelepasan kafilah PDPM, Safari Dakwah, KKN Mahasiswa STAIDA, dan Riset diselenggarakan di lapangan kampus 1. Acara ini berjalan dengan penuh khidmat pun semangat dari seluruh peserta PDPM yang diwujudkan dalam teriakan takbir yang menggemparkan bumi Pesantren Darunnajah Cipining. Beberapa pesan dan nasehat disampaikan dalam sambutan oleh Ka. Biro Dakwah dan Hubungan Masyarakat, Ust. Husnul Mubarok, S.Pd dan sambutan yang langsung disampaikan oleh Pimpinan Pesantren Darunnajah Cipining, KH. Jamhari Abdul Jalal,Lc. Kemudian ditutup dengan tashofahan yang merubah suasana menjadi haru biru.

Setelah acara pelepasan kemudian mereka diberangkatkan menuju lokasi yang telah ditentukan oleh panitia. Kegiatan PDPM pada tahun 2018-2019 ini diselenggarakan di kelurahan Cibuluh dan kelurahan Ciluar untuk kelompok putra dan kelurahan Tanah Baru, serta kelurahan Cimahpar kec. Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat untuk kelompok putri.

PDPM ini diikuti oleh santri kelas 6 TMI yang berjumlah 183 santri, terdiri dari 90 santri putra dan 93 santri putri. Peserta program ini berasal dari berbagai daerah yang terbagi menjadi 18 kelompok, 9 kelompok putra dan 9 kelompok putri.

Setiap kelompok dipimpin oleh amir/ketua kelompok dan masing-masing kelompok didampingi oleh seorang musyrif/musyrifah, yang bertanggung jawab untuk membimbing setiap kelompoknya. Bimbingan tersebut dimulai sejak tanggal 01 Noveber – 22 Desember 2018. Adapun materi bimbingan tersebut adalah 1. Qiroatul Qur’an, 2. Khitobah, 3. Tadrib Imamah, 4. Nisaiiyah, 5. Wirid dan Doa-doa, 6. Adab Harian, dan 7. Tahlil. Bimbingan tersebut dimaksudkan agar kelompok yang hendak terjun dalam masyarakat telah memiliki kesiapan bekal yang diharapkan mampu mengembangkan masyarakat.

Berbagai macam kegiatan baik keagamaan, sosial, pendidikan, karang taruna dan kegiatan kemasyarakatan lainnya pun dengan semangat diikuti oleh para peserta PDPM. Kegiatan di bidang keagamaan seperti, membantu mengajar baca tulis Al-Qur’an (TPA), mengisi dengan materi keagamaan, yaitu doa harian, surat-surat pendek, hadits, tafsir, praktek sholat, wudhu dan membacakan kisah-kisah nabi, mengikuti pengajian di Majlis Ta’liem, dan lain sebagainya. Sedangkan di bidang sosial seperti, membantu menjaga kebersihan lingkungan dengan melakukan kerja bakti di lingkungan, melakukan kunjungan ke pabrik sekitar, dan lainnya.

Selain itu para peserta juga banyak mengenalkan berbagai macam kegiatan olahraga, kursus-kursus, keterampilan, muhadhoroh dan kegiatan lainnya yang mereka dapatkan selama belajar di Darunnajah Cipining.

WARDAN/Iskana

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor menyelenggarakan pendidikan Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMP, SMA, SMK sampai Perguruan Tinggi. Pesantren ini memadukan kurikulum Pondok Modern Gontor, Nasional dan Salaf. Darunnajah Cipining menyediakan banyak beasiswa untuk santri berprestasi dan santri tahfidz Al-Qur'an. Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, silat, jurnalistik, drum band, dll. Kampus Darunnajah Cipining berada di atas lahan seluas 170 hektare, di Cigudeg Bogor Jawa Barat. Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olahraga, sekolah, perkantoran, laboratorium, komputer, internet, dll.