Kegiatan safari dakwah massal yang di lakukan oleh santri Darunnajah Cipining memang memiliki banyak manfaat, oleh karena itu kegiatan yang dilakukan dua kali dalam satu tahun tersebut terus berjalan dengan baik serta mendapatkan banyak dukungan dari masyarakat.

Safari dakwah massal tengah tahun ini dilakukan pada tanggal 19-21 Desember 2017, seperti biasa kegiatan ini dilakukan diawal liburan tengah tahunan. Tahun ini safari dakwah masal diikuti oleh 1487 santri yang terdiri dari kelas 1 – 5 TMI yang terbagi menjadi 135 kelompok, 63 kelompok santri putra dan 72 kelompok santri putri dengan rata rata setiap kelompok berjumlah 10 santri.

Kegiatan ini di awali dengan upacara yang dihadiri oleh seluruh peserta, pembimbing, dan jajaran dewan guru Darunnajah Cipining yang berlokasi di lapangan footsal kampus 1 putri. Sebagai bekal awal berbagai pesan dan motivasi didapat oleh seluruh peserta dari ustadz Husnul Mubarak, S. Pd (Kepala Biro Humas dan Dakwah) dan dari ustadz Muhlisin ibnu Muharom, S. H (Kepala Biro Pengasuhan Santri). Dan juga do’a serta amanat dari Pimpinan Pesantren Darunnajah Cipining KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc.

Do’a restu dari seluruh guru Darunnajah Cipining juga menyertai mereka lewat salaman (jabat tangan) disertai gemuruh bacaan shalawat, sebelum setiap kafilah pergi menuju lokasi safdak dengan armada yang sudah menunggu di perkiraan Pesantren.

Hal pertama yang dilakukan setiap kelompok setelah sampai di lokasi adalah silaturahmi, seperti tujuan dari kegiatan safari dakwah adalah belajar bermasyarakat, setiap kelompok mempunyai kewajiban untuk silaturahmi bersosialisasi ke berapa tempat, seperti shohibul bait (tuan rumah), kepala RT dan RW, tokoh Masyarakat (kyai/guru), tokoh pemuda dan masyarakat disekitar lingkungan tempat kegiatan.

Untuk mendukung kelancaran setiap kafilah safdak dalam bersosialisasi dengan masyarakat, terlebih dahulu setiap kelompok di tugaskan untuk uji coba bertamu ke beberapa rumah guru senior, kepala sekolah dan guru singel sebagai simulasi pembelajaran sebelum bersosialisasi dengan masyarakat sebenarnya, manfaatnya setiap kelompok mendapatkan kritikan, saran dan petunjuk cara berinteraksi dengan masyarakat nantinya.

Dengan akhlak yang baik pastinya akan mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat yang dikunjungi, hal tersebut yang di rasakan oleh setiap kafilah safdak di lokasi pelaksanaannya. Seperti kesan yang disampaikan oleh ustdzah Muniroh pembimbing safdak kelompok 110 putri, ”Kesan dari  kami terhadap masyarakat yang ada di kampung  ini adalah,
– Respon mereka yang sangat baik, karena kami disambut dengan hangat serta ramah
– Alhamdulillah fasilitas memadai (Tempat belajar-mengajar)
– Mereka sangat senang karena ada agenda yang bisa mengisi kekosongan anak-anak dan membantu mengajak belajar anak-anak
– Tokoh masyarakat juga ikut senang karena ada niat dan amalan baik dari santriwati untuk bisa belajar mengamalkan ilmunya di masyarakat”.

Untuk mensukseskan kegiatan safdak ini setiap kelompok sudah memiliki jadwal harian, yang dimulai dari shalat sunnah qiyamul lail, shalat subuh berjamaah, berolahraga, membersihkan lingkungan masjid/musholla dan rumah shohibul bait, mengadakan kegiatan bersama anak-anak disekitar dan lain sebagainya. Demi mendukung lancarnya berbagai kegiatan safari dakwah ini, setiap kelompok melalui pembimbing diharuskan melaporkan kegiatan harinya ke sosial media Pesantren (Whatsapp dan Telegram) seluruh guru Darunnajah Cipining.

Berikut contoh format laporan kegiatan safari dakwah:

– Laporan Kegiatan Safari Dakwah Kelompok 101
– Pembimbing: Ustdzah Uul Khofifah
– Alamat:
Jl.H.Muhasyim 2 No 10A, RT/RW 03/10, Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Depok

– 10:10-14:05
Perjalan dari pondok ke rumah Shohibul Baith

– 14:05-15:00
ISHOMA

– 15:00-15:15
Ta’aruf (perkenalan) dengan Shohibul Baith (tuan rumah)

– 15:15-16:00
Sholat ashar dan persiapan jaulah (keliling)

– 16:00-18:00
Jaulah ke Rt, Rw, DKM, ketua majlis ta’lim, dan ketua TPA

– 18:00-19:20
Sholat Maghrib dan mengajar anak TPA Al-Hidayah

– 19:20-19:55
Sholat isya

– 19:55-20:45
Mengisi majlis ta’lim Al-Hidayah

– 20:45-21:05
Makan malam

– 21:05-21:30
Evaluasi dan persiapan untuk besok harinya

– 21:30-22:00
Sholat hajat dan witir

– 22:00-03:30
Istirahat tidur malam

– 03:30-04:00
Sholat tahajud

– 04:00-04:30
Sholat subuh

– 04:30-05:00
Mengaji

Kesan:
– Alhamdulillah kedatangan kami di sambut dengan sangat baik dan ramah dari Shohibul Baith
– Alhamdulillah mendapatkan respon dan dukungan dari Rt, Rw, ketua majlis ta’lim dan ketua TPA, beliau sangat bersyukur atas kehadiran kami karena membawa pengaruh positif.

الحمد لله رب العالمين
والسلام عليكم و رحمة الله وبركاته.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari dua malam tersebut berjalan meriah dan mendapatkan antusias yang baik dari masyarakat khususnya anak anak yang mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan oleh setiap kafilah safari dakwah. Bahkan ada tuan rumah atau masyarakat berharap pelaksanaan safari dakwah berlangsung lebih lama.

(red/Aa)

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor menyelenggarakan pendidikan Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMP, SMA, SMK sampai Perguruan Tinggi. Pesantren ini memadukan kurikulum Pondok Modern Gontor, Nasional dan Salaf. Darunnajah Cipining menyediakan banyak beasiswa untuk santri berprestasi dan santri tahfidz Al-Qur'an. Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, silat, jurnalistik, drum band, dll. Kampus Darunnajah Cipining berada di atas lahan seluas 170 hektare, di Cigudeg Bogor Jawa Barat. Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olahraga, sekolah, perkantoran, laboratorium, komputer, internet, dll.