Pada suatu zaman hidup seorang Raja yang mata kanannya buta dan kaki kirinya pincang. Pada suatu hari ia memanggil pelukis untuk melukis dirinya, kemudian sang pelukis melukis Raja seperti orang pejuang yang hebat. Mata nya bercahaya dan bersinar dan kakinya berotot seperti atlet. Raja tidak senang dengan karyanya.

“ Kamu pembohong. Ini bukan saya “. Dia memerintahkan pengawal untuk menangkap pelukis itu dan melemparnya ke dalam penjara. Pelukis kedua dipanggil, setelah mengetahui apa yang terjadi sebelumnya, pelukis ini melukis Raja persis seperti apa adanya. Raja juga tidak senang. “ Seni macam apa ini ?” dia bertanya kepada pelukis tersebut dengan marah dan mengirim dia ke penjara juga.

Pelukis ketiga pun dipanggil dan datang kemudian melihat Raja dengan seksama. Dalam lukisannya, Raja digambarkan sedang mengenakan pakain berburu. Dia sedang menembak dengan posisi berlutut, kaki kanannya ditekuk dan kaki kirinya menopang pangkal senapan yang sedang dipegannya. Hanya mata kirinya yang terbuka, karena ia sedang membidik serigala dari kejauhan. Raja sangat puas. Dia menghargai pelukis ini dengan sekantong emas dan memujinya sebagai pelukis terbaik di negaranya.

Seni Menyanjung
Foto Candid Percakapan Anak Santri Pesantren Annur Darunnajah 8 Cidokom

Komentar: Menyanjung adalah seni memberi tahu seseorang dengan tepat tentang yang orang itu pikirkan tentang dirinya.Sebagai tanggapan terhadap kondisi social,sanjungan membantu orang untuk bertindak aman.Tetapi,hal ini harus digunakan secara bijak.Meskipun mengabaikan keburukan orang lain yang mencolok atau mengecilkan kesalahan dan kegagalannya merupakan bentuk sanjungan,melakukannya dengan cara halus amatlah penting untuk berhasil.

Rifal Mustaqim/Redaktur Ateam:Rama P (Kisah – kisah Kebijaksanaan China Klasik)

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini