Sekembalinya para santri ke Darunnajah Cipining pada tanggal 16 dan 17 Juli 2009 ini, maka dimulailah kembali segala aktivitas serta program pendidikan dan pengasuhan yang telah menjadi disiplin pesantren. Disiplin merupakan proses pembiasaan yang tersistematika, terukur, dan digunakan sebagai jalan menempuh prestasi. Para guru kehidupan mengajarkan ‘Disiplin itu tidak enak, tapi lebih tidak enak lagi bila tidak ada disiplin’.

guru DNC

- Advertisement-

Diawali dengan pemeriksaan barang-barang bawaan di pos keamanan, kemudian para santri menuju kamar-kamarnya masing-masing, beres-beres almari, ranjang dan salah satu yang nampak jelas adalah aktivitas jamaah di masjid jami’ Darunnajah. Mereka mengisi shaf-shaf kembali setelah meninggalkannya untuk beberapa saat selama liburan akhir tahun kemarin.

Selanjutnya untuk program KBM, Sabtu, 18 Juli 2009, segenap dewan guru dan seluruh santri mengadakan apel pagi perdana. Sebagai pembina upacara adalah Ustadz Drs. Abd. Rosyid Sholeh, kepala MA Darunnajah sekaligus wakil dari biro pendidikan.

Di hadapan para santri putra dan putri, beliau menyapa dengan ucapan selamat datang kepada mereka yang pagi itu telah hadir dan siap mengikuti program KBM di awal tahun 2009-2010. Beliau juga menyampaikan salah satu visi pendidikan nasional yaitu upaya pemerintah meningkatkan SDM dari lembaga pendidikan terendah yaitu TK/RA hingga ke tingkat yang paling tinggi. Dan pemerintah saat ini telah konsen terhadap optimalisasi dari semua lembaga pendidikan tersebut.

Selain itu, kepala MA kembali memotivasi santri yang telah berhasil naik kelas. “Teruslah belajar, karena kalian telah didukung oleh orang tua kalian yang memahami betul urgensi sekolah!” ungkapnya penuh energi. Masih menurut beliau, harapan akan peningkatan prestasi akademik yang dibarengi dengan kualitas akhlak yang baik menjadi harapannya di tahun ini. Di akhir sambutannya, beliau mengatakan bahwa pesantren akan juga meningkatkan pelayanan kepada mereka.

upacara

Menambahkan sambutan dari Ustadz Rosyid, kepala MTs, Ustadz Jeje Juraemi juga menghimbau agar para santri kembali belajar dengan baik. “Anak-anakku, belajar itu, selain amanat dari orang tua, juga amanat dari agama kita” jelasnya. Kemudian mengutip hadits Nabi, ‘Tuntutlah ilmu dari semenjak buaian hingga ke liang lahat’. Dan kembali menegaskan otomatisasi disiplin.

Dari bagian keamanan, Ustadz Husaini juga menekankan kepada seluruh santri agar mendisiplinkan diri sesuai dengan tata tertib yang telah diberlakukan. Selanjutnya, bagian keamanan mensosialisasikan bahwa di awal tahun, keharusan santri kelas 6 adalah mencukur rambut dengan gaya cepak seperti layaknya militer. Salah satu alasannya adalah agar kelas akhir ini memiliki jiwa militan yang dapat diandalkan.

Kesempatan selanjutnya adalah panitia Masa Orientasi Pesantren. Ustadz Septa Candra kembali mengingatkan bahwa tugas santri adalah mempersiapkan MOP yang akan dibuka tanggal 28 Juli nanti dengan sebaik-baiknya. Sebagai penutup, Ustadz Fathul Mu’min memimpin pembacaan do’a sebagai awal niat yang baik sehingga diberikan kemudahan oleh-Nya.

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor menyelenggarakan pendidikan Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMP, SMA, SMK sampai Perguruan Tinggi. Pesantren ini memadukan kurikulum Pondok Modern Gontor, Nasional dan Salaf. Darunnajah Cipining menyediakan banyak beasiswa untuk santri berprestasi dan santri tahfidz Al-Qur'an. Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, silat, jurnalistik, drum band, dll. Kampus Darunnajah Cipining berada di atas lahan seluas 170 hektare, di Cigudeg Bogor Jawa Barat. Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olahraga, sekolah, perkantoran, laboratorium, komputer, internet, dll.