Santri siap tempur hadapi ujian

Ujian itu apa,sih ?

santri ujian
santri hadapi ujian dengan penuh semangat

 

santri ujian
santri ujian

Nah, sering kita dengar setelah menempuh setengah tahun belajar atau satu tahun belajar di sekolah pasti akan mendengar kata’ujian’ . sebenernya apasih pengertian ujian itu ? mari kita simak pengertian dari ujian ..

Ujian adalah kegaiatan pengukuran pencapaian atau kemampuan seorang peserta didik yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar dan merupakan dan salah satu syarat dari kelulusan satuan pendidikan dan mata pelajaran yang digunakan untuk ujian adalah pelajaran yang sesuai dengan kelas mereka masing-masing. Apakah itu sulit ? tentu saja tidaaaaaaak.Mengapa ? Karena seseorang yang bersungguh-sungguh bisa mendapatkan apa yang ia inginkan.

Cara-cara menaklukan Ujian

Banyak sikap yang harus kita lakukan dalam menghadapi ujian, seperti :

  1. Berdoa
  2. Berusaha dengan se-maximal mungkin
  3. Meminta doa dari kedua orang tua dan sanak saudara
  4. Bertawakal atau berserah diri dengan segala yang di hadapi

Hal-Hal apa saja yang dilarang ketika menghadapi ujian ?

Banyak sikap-sikap yang kita harus hindari ketika menghadapi ujian supaya ujian bisa berjalan dengan lancar dan menempuh nilai-nilai yang memuaskan. Sikap-sikap yang harus dihindari ketika menghadapi ujian atau sedang berlangsungnya ujian.

  1. Hindari sikap membanggakan diri sendiri
  2. Hindari sikap membicarakan orang lain ketika sedang masa ujian
  3. Hindari sikap bermalas-malasan
  4. Hindari sikap iri kepada teman yang lebih mampu
  5. Hindari bermain sosial media selama masa ujian berlangsung
  6. Hindari membaca buku-buku selain buku pelajaran seperti: Novel,Majalah,Komik dan sejenisnya
  7. Jangan membiasakan tidur larut malam ketika masa ujian berlangsung
  8. Jangan membiasakan membaca buku hanya sekali tetapi lakukanlah berulang-ulang agar lebih mudah dipahami dan dicerna
  9. Jangan menghina hasil ujian orang lain
  10. Hindari memegang handphone dan menonton Televisi
  11. Hindari berbicara kepada teman yang lain ketika sedang belajar
  12. Jangan mengganggu teman yang sedang belajar

 

Bagaimana cara melawan kemalasan ketika Ujian ?

Sering kita dengan bahwasanya seseorang yang tidak bersungguh-sungguh dalam melaksanakan ujian , akan bermalas-malasan dalam belajar.Hal tersebut harus segera dibasmi dan dihindari.mengapa ? Karena tidak akan membuahkan hasil yang memuaskan jika kita hanya berdiam diri dan bermalas-malasan dalam belajar.Bersikaplah sungguh-sungguh dan belajarlah dengan tekun dan giat agar dapat memperoleh hasil yang memuaskan dan bisa membanggakan diri sendiri serta membanggakan kedua orang tua dengan hasil yang telah dicapai.

Cara-cara Santri menghadapi ujian ?

banyak cara yang dilakukan oleh santri di Darunnajah 3 dalam mengahadapi masa-masa ujian seperti :

  1. Selalu berdoa agar dimudahkan dalam melaksanakan ujian
  2. Selalu mengulang pelajaran yang telah dibaca sebelumnya
  3. Menanyakan kepada Guru/Pengajar jika ada pelajaran yang belum mereka pahami
  4. Membawa buku kemanapun mereka pergi
  5. Menjadikan buku adalah teman ketika duduk
  6. Meminta doa dari orang tua dan guru-guru yang berada di lingkungan pondok
  7. Gunakan waktu yang kosong untuk belajar
  8. Belajar dimanapun mereka berada
  9. Bangun malam shalat tahajud kemudian dilanjutkan dengan belajar sampai waktu subuh tiba
  10. Minta maaf kepada orang lain jika berbuat kesalahan agar dilancarkan dalam menghadapi ujian.

Hal – hal yang paling nyaman yang dilakukan ketika belajar ?

Terkadang jika santri hanya belajar tanpa melakukan hal yang lain santri akan mulai merasa bosan dan lama-kelamaan santri akan mengantuk kemudian dan menyebabkan tidak belajar.

Berikut yang dilakukan ketika sedang belajar mengalami kebosanan :

  1. Membawa makanan ringan(snack)

Karena seiring waktunya kita sedang membaca buku perut akan terasa lapar dan menyebabkan malas belajar.Oleh karena itu,bacalah buku dan bawalah makanan ringan lalu makanlah makanan ringan tersebut nya dan jangan berlebihan.Mengapa tidak boleh berlebihan ? Karena jika memakan sesuatu dengan berlebih-lebihan kita akan merasa kenyang kemudian dengan rasa kenyang tersebut timbul rasa kantuk dan menyebabkan malas belajar.

  1. Mendengarkan Instrumen Musik

Biasanya santri merasa bosan jika hanya belajar,hal yang paling mudah adalah mendengarkan instrumen instrumen musik agar belajar bisa dengan tenang,penuh kepahaman dan lebih mencerna dengan materi-materi yang ada di buku.

Hadapi ujian dengan sempurna !

Jika kalian ingin sukses dalam melakukan ujian , hadapilah ujian itu dengan semaximal mungkin.jangan melakukan kegiatan-kegiatan yang dilarang ketika ujian berlangsung seperti :

  1. Membawa buku

Jangan sekali-kali memberanikan diri membawa buku ketika ujian.Karena jika kita membawa buku dan meletakkan dimeja akan terfikirkan kalian untuk melihat buku tersebut dan jika telah melakukannya adalah kesalahan fatal.dan akan membiasakan diri membawa buku dan membacanya ketika ujian di kelas sedang berlangsung.

  1. Jangan membiasakan diri ketika ujian bertanya kepada teman yang lain

hal ini sering dilakukan disaat otak yang ada didalam tubuh kita sudah tidak tau harus menjawab apalagi didalam lembar jawaban dan timbul rasa ingin bertanya kepada teman-teman yang lain.Hal ini yang menyebabkan seseorang tidak percaya dengan hasil mereka sendiri dan lebih mempercayai jawaban teman yang memberitahu tanpa berfikir panjang apakah jawaban yang diberikan sesuai dengan jawaban sesungguhnya.biasakan lah percaya pada jawaban diri sendiri,tidak masalah jawaban yang kita isi itu salah,hal yang paling utama adalah jawaban tersebut adalah jawaban murni kita sendiri yang menjawab daripada nilai kita bagus tapi hasil bertanya kesana-kemari.Hmmm….Enggak deh!

 

  1. Jangan membiasakan menyontek jawaban orang lain

Hal ini yang sering terjadi ketika masa ujian sedang berlangsung,karena seseorang yang bermalas-malasan dalam belajar hal yang paling mudah dilakukan adalah menyontek atau melihat jawaban orang lain.belum tentu jawaban yang dilihat benar dan sesuai dengan jawaban sesungguhnya,dan lebih tidak enak lagi seperti pepatah ‘sudah jatuh tertimpa tangga pula’ sudah menyontek ketahuan pula.

 

  1. Hindari membawa kunci jawaban.

Jika seseorang sedang menghadapi ujian jangan sampai membawa kunci jawaban ke Ruang ujian.Karena jika kunci jawaban tersebut di ketahui oleh seorang pengawas ujian , kertas ujian kita akan di robek dan kita tidak bisa mengikuti ujian tersebut.Alhasil nilai yang diperoleh oleh kita karena membawa kunci jawaban adalah 0

 

Motivasi-Motivasi Ketika Menghadapi Ujian ?

Berikut Motivasi kepada seseorang yang sedang menghadapi masa-masa ujian

  1. Don’t Give Up
  2. Kejarlah Cita-Cita Mu Setinggi Langit
  3. Barangsiapa Yang Bersungguh-Sungguh Ia Akan Mendapatkannya
  4. Jangan Mudah Putus Asa

 

 

 

 

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Putri Darunnajah 3 Al-Manshur Serang Banten adalah lembaga pendidikan Islam modern yang menerapkan sistem kurikulum terpadu, pendidikan berasrama serta pengajaran bahasa Arab dan Inggris yang intensif.

Lingkungan asri dan alami yang didukung dengan fasilitas lengkap, membuat santri-santri Al-Manshur selalu bersemangat dalam menuntut ilmu. Pesantren Al-Manshur menyelenggarakan pendidikan dari tingkat Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), Madrasah Diniyah (MD), Madrasah Ibtidaiyah (MI) sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP/SLTP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA/SLTA).