Santri Peduli Rohingya, Apa Itu santri ?

Kata santri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti (1) orang yg mendalami agama Islam (peduli pada sesama muslim rohingya); (2) orang yang beribadat dengan sungguh-sungguh (orang yg saleh); (3) Orang yang mendalami pengajiannya dalam agama islam dengan berguru ketempat yang jauh seperti pesantren dan lain sebagainya. Kata satri sangat popular didunia pendidikan khusus nya di Indonesia.

Pondok pesantren telah banyak tersebar diseluruh pelosok dunia mulai dari sabang sampai merauke,dan bayangkan dari banyak nya pondok pesantren yang tersebar di indonesia maka  semakin banyak juga lulusan  pelajar yang yang dipundaknya tertulis  panggilan sebagai santri karena hasil dari didikan pesantren yang luar biasa sehingga bsa menciptakan beribu-ribu santri yang memiliki potensi yang begitu berkualitas.

Kegiatan percakapan (Muhadatsah/Conversation) santri putri
Kegiatan percakapan (Muhadatsah/Conversation) santri putri

 

Pondok pesantren tidak hanya mengajarkan kecerdasan intelektual, tapi juga ilmu agama yang bermanfaat untuk kehidupan mendatang. Berbeda dengan sekolah umum, siswa di pondok pesantren tidak hanya diajarkan untuk mengejar kecerdasan intelektual (IQ). Pondok pesantren juga menekankan kematangan emosional dan spiritual (EQ & SQ). Selain matang secara logika, siswa di pondok pesantren juga memiliki kecerdasan mengelola emosi dan kebutuhan batin.

Tak dipungkiri, belajar di pondok pesantren membuat anak-anak lebih terfokus untuk belajar. Hal ini karena budaya dalam pondok pesantren yang menjauhi kehidupan duniawi. Alhasil kabar soal tren terbaru sangat jarang sampai di telinga para penghuni pondok. Berita yang mereka juga lebih tersaring. Jadi hanya berita yang memang diperlukan yang akan disampaikan. Karena itu, mereka menjadi terfokus untuk belajar.

Pesantren Mengajarkan kita banyak hal  untuk saling berbagi satu sama lain saling membantu dalam berbagai hal bahu membahu dalam sebuah kegiatan, gotong royong dan lain sebagainya, pelajaran itu sudah sejak awal ditanamkan kepada diri setiap  santri agar selalu membantu kegiatan social lainnya.

Begitu juga di pondok pesantren darunnajah itu sendiri para santri diajarkan untuk saling berbagi untuk aksi kemanusian untuk muslim Rohingya, santri terlebih dahulu di jelaskan bencana  yang sedang terjadi di Myanmar muslim Rohingya. http://darunnajah.com/profil-darunnajah-charity/

Berbagi Sejarah Pemusnahan Etnis  Kepada Para Santri

Santri Peduli Rohingya
Santri Peduli Rohingya

Tahun 1942 M, bencana besar menimpa kaum muslimin Rohingya. Orang-orang Budha Magh membantai mereka dengan dukungan senjata dan materi dari saudara Budha mereka suku Birma dan suku-suku lainnya. Lebih dari 100.000 muslim pun tewas dalam peristiwa itu. Sebagian besar mereka adalah wanita, orang tua, dan anak-anak. Ratusan ribu lainnya melarikan diri dari Burma. Karena pedih dan mengerikannya peristiwa tersebut, kalangan tua –saat ini- yang menyaksikan peristiwa itu senantiasa mengingatnya dan mengalami trauma.

Sejak pemerintahan militer berkuasa di Myanmar melalui kudeta Jendral Ne Win tahun 1962 M, umat Islam Arakan mengalami berbagai bentuk kezaliman dan intimidasi. Dibunuh, diusir, diitekan hak-hak mereka, dan tidak diakui hak-hak kewarga-negaraannya. Mereka disamakan dengan orang-orang Bangladesh dalam hal agama, bahasa, dan fisik.

Menghapuskan identitas Islam dan pengaruhnya:

Hal ini dilakukan dengan cara menghancurkan peninggalan-peninggalan Islam. Yaitu menghancurkan masjid, madrasah, dan bangunan-bangunan bersejarah lainnya. Lalu kaum muslimin dilarang sama sekali untuk membangun suatu bangunan yang berkaitan dengan Islam. Dilarang membangun masjid, madrasah, kantor-kantor dan perpustakaan, tempat penampungan anak yatim, dll. sebagian sekolah-sekolah Islam yang tersisa tidak mendapatkan pengakuan dari pemerintah, dilarang untuk dikembangkan, dan tidak diakui lulusannya.

Umat Islam diusir dari kampung halaman mereka. Tanah-tanah dan kebun-kebun pertanian mereka dirampas. Kemudian orang-orang Budha menguasainya dan membangunnya dengan harta-harta yang berasal dari kaum muslimin. Atau membangunnya menjadi barak militer tanpa kompensasi apapun. Bagi mereka yang menolak, maka tebusannya adalah nyawa. Inilah militer fasis yang tidak mengenal belas kasihan.

Sekilas Tentang Darunnajah Charity

Darunnajah Charity adalah lembaga Darunnajah yang fokus di bidang sosial dan kemasyarakatan. Darunnajah Charity menerima donasi dalam berbagai bentuk, baik zakat, infaq, shadaqah, wakaf ataupun lainnya. Darunnajah Charity memiliki banyak program sosial kemasyarakatan. Diantaranya; Beasiswa dhuafa, panti asuhan, bakti sosial, posko bencana alam, dll. Lembaga ini juga melibatkan santri dalam kegiatannya sehingga santri dapat belajar peduli dengan sesama dan indahnya berbagi. Banyak sekali santri, warga, korban bencana dan pihak-pihak lain yang merasa terbantu dengan adanya lembaga Darunnajah Charity.

 

Darunnajah Charity Membuka Stand “Santri Peduli Rohingya”

Santri Peduli Rohingya
Santri Peduli Rohingya

Darunnajah charity membuka stand untuk muslim rohingya mulai dari tanggal 11 September 2017 dan telah dibuka dua stad yang dipasang yaitu di area santri putra dan di wilayah area santri putri dan setiap hari dibuatkan jadwal piket untuk para santri putra dan putri untuk stay menjaga stand santri peduli rohingya tersebut dengan tujuan supaya para santri bisa perperan aktif dalam penggalangan dana untuk para muslim rohingya selama satu bulan lebih stand santri peduli rohingya berjalan alhamdulilah mendapat banyak respon dari banyak pihak dan para donator yang telah menginfakan sebagian rezekinya untuk para muslim yang rohingya, Darunnajah charity berhasil mengumpulkan dana yang lumayan besar untuk membantu para muslim rohingya, semoga bermanfaat untuk para korban. kunjungi halaman ini http://darunnajah.com/dua-jam-lima-juta/

Pemberian Bantuan Untuk Muslim Rohingya
Pemberian Bantuan Untuk Muslim Rohingya

Alhamdulillah Darunnajah Charity telah menyalurkan sumbangan untuk Pengungsi Rohingya melalui Dompet Dhuafa Republika sebesar: Rp.38.000.000,- (Tiga puluh delapan juta rupiah) pada hari Kamis, 19 Oktober 2017 Kami sampaikan terima kasih kepada para donatur yang telah menyumbangkan sebagian hartanya kepada para muslim rohingya di Myanmar . Semoga Allah memberikan balasan pahala yang berlipat ganda. Aamiin

Kunjungi Facebook Darunnajah Charityhttps://www.facebook.com/Darunnajah-Charity-271697993270556/

Rekening Donasi

Bank Muamalat Indonesia(BMI)

No. Rek: 3040032050 a.n. Darunnajah Charity

Konfirmasi Transfer Donasi:

Ust Nasirin      :0815-8797977

Usth Nurrahmaniah: 0852-0508-2734

www.darunnajah.com

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Darunnajah Charity adalah lembaga Darunnajah yang fokus di bidang sosial dan kemasyarakatan. Darunnajah Charity menerima donasi dalam berbagai bentuk, baik zakat, infaq, shadaqah, wakaf ataupun lainnya. Darunnajah Charity memiliki banyak program sosial kemasyarakatan. Diantaranya; Beasiswa dhuafa, panti asuhan, bakti sosial, posko bencana alam, dll. Lembaga ini juga melibatkan santri dalam kegiatannya sehingga santri dapat belajar peduli dengan sesama dan indahnya berbagi. Banyak sekali santri, warga, korban bencana dan pihak-pihak lain yang merasa terbantu dengan adanya lembaga Darunnajah Charity.