Pondok Pesantren adalah lembaga pendidikan islam yang berbasis asrama dengan sistem pendidikan selama 24 jam. Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining merupakan pondok pesantren dengan jumlah sumber daya manusia dan sumber daya alam yang melimpah ruah. Hal ini merupakan anugerah yang indah dari Allah SWT, maka daripada itu amat sangat disayangkan jika hanya di sia-siakan.Agar tidak menjadi hal yang sia-sia, segala macam usaha dikerahkan demi keberlangsungan dan kesejahteraan hidup para penghuni pondok.

Santri Bakery and Cake

Pondok yang telah berdiri selama 30 tahun ini telah memiliki banyak bidang usaha, mulai dari penginapan, produksi madu, produksi meja/kursi, waserda, wartel, dll. Rupanya dari melimpahnya sumber daya alam pondok, masih ada yang kurang dioptimalkan, maka dalam hal ini dari Biro Usaha merumuskan terobosan baru yaitu dengan menciptakan usaha produksi roti khas “Darunnajah 2 Cipining”, dengan julukan (brand) “Santri Bakery and Cake”.

Berikut bincang-bincang dengan Ustadzah Tiara Monica, dkk

  • Bagaimana awal mulanya Santri Bakery and Cake berdiri?

Berawal dari keinginan Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining agar segala sumber daya alam yang dihasilkan tidak terbuang sia-sia, dan juga untuk mengoptimalkan kinerja dari sumber daya manusia yang ada di pondok ini. Dari keinginan tersebutlah berlanjut ke realisasi usaha pembuatan roti ini.

  • Siapa yang mencetuskan untuk produksi roti?

Ustadzah Tiara Monica, dkk dengan bimbingan dan arahan dari Ustadz Trimo

  • Mengapa lebih memilih usaha produkis roti?

Awalnya Ustadzah Tiara Monica, dkk diberi amanah agar bisa memajukan bidang nisaiyyah (keputrian) yang meliputi, design, salon, dan produksi roti. Melihat situasi, kondisi, kemampuan serta ketertarikan untuk produksi roti maka dipilihlah produksi roti.

  • Kapan awal pengoperasian dan produksi Santri Bakery and Cake?

Dimulai dari rencana yang mulai digarap dari bulan Agustus, akhirnya pada bulan Oktober Santri Bakery and Cake bisa beroperasi.

  • Apa kendala dalam produksi Santri Bakery and Cake dari awal rencana sampai sekarang?

Kendala terbesar yaitu dalam segi ketenaga kerjaan, dikarenakan hanya berjumlah 4 orang tenaga kerja.

  • Dimana untuk pembelian bahan-bahan produksi roti?

Untuk membeli bahan-bahan biasanya ke pasar terdekat, biasanya pasar Cigudeg.

  • Berapa banyak roti yang bisa dihasilkan dalam sehari?

Sehari bisa menghasilkan 6-8 kg atau sebanyak 250 buah roti.

  • Ada varian rasa apa saja?

Ada coklat, pisang, pisang coklat, bluberry, strawberry, pizza, sosis.

  • Bagaimana cara pemesanan Santri Bakery and Cake?

Bisa menghubungi no. 081536600663 atau bisa langsung datang ke pabrik

  • Apa harapan ke depannya untuk Santri Bakery and Cake?

Harapan ke depan diantaranya, agar adanya kader untuk melanjutkan usaha produksi roti ini. Selain roti, harapan ke depannya akan direalisasikan kuliner lainnya, yaitu kue “khas Darunnajah 2 Cipining” yang bisa dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Darunnajah 2 Cipining.

Dengan hadirnya Santri Bakery and Cake ini semoga Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining bisa lebih maju dalam segala bidang, baik bidang pendidikan, kesejahteraan, usaha ataupun lainnya.

(WARDAN/Kaput)

Tahsin Qira’ah Al-Qur’an di Pondok Pesantren Ummul Mu’miniin Darunnajah 17 Ciomas

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor menyelenggarakan pendidikan Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMP, SMA, SMK sampai Perguruan Tinggi. Pesantren ini memadukan kurikulum Pondok Modern Gontor, Nasional dan Salaf. Darunnajah Cipining menyediakan banyak beasiswa untuk santri berprestasi dan santri tahfidz Al-Qur’an.

Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur’an, menghafal Al-Qur’an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, silat, jurnalistik, drum band, dll.

Kampus Darunnajah Cipining berada di atas lahan seluas 170 hektare, di Cigudeg Bogor Jawa Barat. Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olahraga, sekolah, perkantoran, laboratorium, komputer, internet, dll.