Zaman boleh berubah tapi nilai-nilai tidak boleh berubah. Pondok pesantren itu swasta. Jarang ada pondok pesantren berstatus negeri. Kalau pondok pesantren negeri itu namanya asrama, perumahan, boarding school dan lain sebagainya yang hanya dipakai oleh instansi-instansi terkait.

Pondok pesantren itu otonomi, artinya bebas melakukan pekerjaan sendiri tanpa komunikasi dengan pihak luar. Apa yang ada di dalam didesain sendiri, dikarang sendiri dan dikonsep sendiri oleh Kiyainya. Itulah keunikan pesantren.

Kehidupan pesantren juga diatur oleh aturan-aturan yang ada di pesantren. Pondok pesantren tidak berafiliasi kepada golongan, partai atau ormas. Wali santri tidak mempunyai hak suara, tapi boleh usul. Dan usul itu bisa ditolak atau diterima. (QS. Al an’am: 116)

وَإِنْ تُطِعْ أَكْثَرَ مَنْ فِي الْأَرْضِ يُضِلُّوكَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ ۚ إِنْ يَتَّبِعُونَ إِلَّا الظَّنَّ وَإِنْ هُمْ إِلَّا يَخْرُصُونَ

” Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. mereka tidak lain hanyalah mengikuti persangkaan belaka, dan mereka tidak lain hanyalah berdusta (terhadap Allah)[500].

Banyak yang berfikir bagaimana enaknya bukan berfikir bagaimana benarnya, yang terjadi kemudian satu dengan yang lainnya saling menyalahkan. Itu terjadi salah satunya karena rendahnya budaya berdisiplin. Ingat! Tidak ada kemajuan tanpa kedisiplinan. Tidak ada kedisiplinan tanpa keteladanan. Bersyukur kita punya disiplin yang berlaku untuk kita semua. Kita mendidik anak-anak ini penuh gerak. Mempunyai inisiatif, mempunyai gerak, mempunyai kegiatan-kegiatan yang berguna. Maka, anak-anak kita disini tetap akan digembleng, akan dibuat sedemikian rupa melebihi daripada yang diluar.

Etos kerja yang tinggi harus dikawal dengan disiplin. Disiplin-disiplin inilah yang menjadi kunci. Disiplin dalam seluruh aktivitas TMI, Pengasuhan santri, dan lain-lain dan yang paling penting adalah disiplin dalam diri kita sendiri.

Disiplin-disiplin ini (semestinya) tidak perlu ditulis dan ditempelkan di setiap sudut akan tetapi harus terpatri dalam nurani (dhamir). Andaikata disiplin-disiplin ini ditulis, justru malah tidak lengkap. Sebagai contoh, “santri dilarang belanja di orang kampung”. Frasa ini berbuntut panjang karena akan menuntut penjelasan. Misalnya, orang kampung itu siapa? Penduduk sekitar. Belanja itu apa? Kumpul-kumpul di warung. Berarti berarti kalau tidak kumpul-kumpul boleh? Akan selalu ada pertanyaan yang muncul sehingga disiplin tidak menjadi efektif. Karena itu, disiplin tertulis malah akan membuatnya menjadi tidak lengkap.

Dhamir atau nurani inilah yang harus kita asah. Jangan sampai kita bosan menjadi manusia yang baik.

 

Bogor, 4 Sya’ban 1437 H /12 Mei 2016 M

Kepala Biro Pendidikan

Ustadz Ridha Makky Jamhari, M.Pd.I

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor menyelenggarakan pendidikan Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMP, SMA, SMK sampai Perguruan Tinggi. Pesantren ini memadukan kurikulum Pondok Modern Gontor, Nasional dan Salaf. Darunnajah Cipining menyediakan banyak beasiswa untuk santri berprestasi dan santri tahfidz Al-Qur'an. Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, silat, jurnalistik, drum band, dll. Kampus Darunnajah Cipining berada di atas lahan seluas 170 hektare, di Cigudeg Bogor Jawa Barat. Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olahraga, sekolah, perkantoran, laboratorium, komputer, internet, dll.