Rihlah Munadzomah atau yang lebih dikenal dengan sebutan Study Banding adalah kegiatan wajib bagi seluruh santri kelas 5 TMI Darunnajah 2 Cipining.

Rihlah Muadzomah ini bertujuan untuk silaturrahmi dan mempererat tali persaudaraan antara Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining dengan pesantren yang di kunjungi, dan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang keorganisasian, serta memantapkan jiwa keorganisasian santri kelas 5 TMI Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining yang nantinya siap, sigap, dan tanggap dengan organisasi yang ada di Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining.

Rihlah Munadzomah ini dilakukan setelah santri kelas 5 TMI Darunnajah 2 Cipining, dilantik dan disahkan sebagai pengurus Organisasi Darunnajah Cipining (OSDC) Dan Pengurus Koordinator Pramuka.
Tahun ini peserta Rihlah Munadzomah berjumlah 95 Orang dengan rincian 87 Santri dan 8 Pembimbing dari Asatidz, yang dibagi menjadi delapan kelompok dan 2 bus.

Adapun untuk destinasi atau tujuan Rihlah Munadzomah 2018 ini adalah Pondok Modern Darussalam Gontor Satu putra Ponorogo, Pondok Pesantren Al-Muqoddasah Li Tahfidzil Qur’an Ponorogo, Universitas Darussalam, Pondok Pesantren Al-Irsyad Tenggaran, dan Wisata Bahari Lamongan (WBL).

Alhamdulillah dengan penuh kesyukuran kepada Allah SWT karena tepatnya hari rabu pukul 02.50 rombongan Rihlah Munadzomah sampai di tempat tujuan yaitu Pondok Modern Darussalam Gontor 1 Putra, setelah menempuh perjalanan 23 jam perjalanan dengan bus.

Rihlah Munadzomah di Pondok Modern Darussalam Gontor 1 Putra ini akan berlangsung selama 3 hari, terhitung mulai tanggal 14-16 Februari 2018.

Alhamdulillah rombongan diterima langsung oleh Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor yang diwakili oleh Ust. Afif Amini sebagai bagian penerimaan tamu.

Rombongan diterima dengan acara seremonial, yang dibuka dengan membaca surah Al-Fatihah dan dilanjutkan dengan sambutan sambutan. Untuk sambutan pertama dari Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining yang diwakili oleh Ust. Zaenal Muttaqin, S.E dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Ust. Afif Amini sebagai perwakilan dari Pondok Modern Darussalam Gontor.

Setelah sambutan sambutan acarapun dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dimulai oleh pertanyaan ananda M. Nadhif Faruqi (Ketua OSDC III), disusul oleh Ahmad Daffa Hilmi (Ketua OSDC II), dan Muhajir Aziz (Bagian Keamanan), serta terakhir oleh ananda Muhammad Sulthon (Bagian Olahraga). Karena waktu yang terbatas maka untuk penanya hanya di perbolehkan 4 orang saja.

Setelah sesi tanya jawab dilanjut dengan pemberian kenang kenangan dari Pondok Modern Darussala Do’a pun tak lupa di panjatkan sebagai penutup dari seluruh rangkaian acara. Dan sesi perfotoan tak lupa sebagai bentuk dokumentasi dari Gontor kepada Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining dan sebaliknya.

Rombongan Rihlah Munadzomah pun melanjutkan kegiatan setelah shalat dzuhur dengan di dampingi oleh santri kelas 5 KMI, yang diisi dengan perkenalan fasilitas dan bangunan yang ada di Pondok Modern Darussalam Gontor.

Kebersamaan santri pun bertambah dengan adanya olahraga bersama antara Pengurus OSDC dan Santri Pondok Modern Darussalam Gontor.

Kegiatan pun dilanjut setelah shalat maghrib berjama’ah dengan kunjungan ke kantor kantor OPPM.Tak lupa rombongan Rihlah Munadzomah pun melanjutkan kegiatannya setelah shakat isya dengan melihat bagaimana susasana belajar malam santri. Dan dilanjutkan dengan laporan dan evaluasi bersama pembimbing Rihlah Munadzomah 2018.

Setelah 3 hari di Pondok Modern Darussalam Gontor 1 Putra, peserta Rihlah Munadzomah 2018 melanjutkan kunjungan dan observasi ke Pondok Pesantren Al-Muqoddasah Littahfidzil Qur’an, sesampainya tiba disana rombongan disambut hangat oleh segenap dewan guru dan santri di Pondok Pesantren Al-Muqoddasah Littahfidzil Qur’an, disana rombongan banyak melakukan perbincangan baik dengan para asatidz ataupun para santri mulai dari tips atau bagaimana cara menguatkan hafalan, menambah hafalan, dll.

Alhamdulillah begitu hangatnya sambutan dan antusiasnya rombongan Rihlah Munadzomah Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining tidak terasa bahwa waktu kunjungan telah usai. Rombongan pun melanjutkan perjalanannya ke Universitas Darussalam Gontor, atau yang dikenal dengan UNIDA. Banyak ilmu yang di dapat disana dari macam-macam jurusan atau prodi yang ada, bagaimana input dan outputnya, dll.

Ada hal yang sangat di tunggu-tunggu oleh rombongan Rihlah Munadzomah tahun 2018 yaitu kunjugan wisata ke Wisata Bahari Lamongan. Sesampainya disana rombongan pada pagi hari yang disambut dengan deburan ombak dan hempasan air laut yang khas dengan sensasinya yang berbeda. Di wisata bahari lamongan rombongan Rihlah Munadzomah tahun 2018 dibuat decak kagum oleh wahana-wahana yang menantang dan memacu adrenaline, dimana wahananya adalah wahana yang membuat jantung berdetak tidak karuan dan perasaan yang ditakuti dengan ekstrimnya wahana tersebut.

Akan tetapi alhamdulillah penuh dengan kesyukuran baik santri maupun asatidz begitu menikmati disetiap wahana yang ada karena mampu berekpresi dengan bebas, berimajinasi tinggi, dan mampu meluapkan segala apa yang menjadi benak dalam hidupnya. Diantara wahananya adalah planet kaca, waterboom, pantai dengan pasir yang lembut, swinger, insectarium, sarang burung, rumah kucing, taman berburu, galeri kapal perang, crazy wall, ranger, rodeo, bumber car, popeye, kano, balok apung, 3D Art, dan masih banyak lagi wahana-wahana yang seru dan memacu adrenaline.

Setelah usai di tempat wisata rombongan pun melanjutkan perjalanan ke Pondok Pesantren Al-Irsyad Tenggaran, Semarang, Jawa Tengah. Disana rombongan banyak mendapatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman. yang menarik adalah alumni dari Pondok Pesantren Pesantren Al-Irsyad Tenggaran, Semarang, Jawa Tengah setiap tahunnya bisa mencapai 40 orang untuk belajar atau menimba ilmu di timur tengah sana, baik di Universitas Islam Madinah (UIM), dll.

Kunjungan dan observasi pun selesai rasa syukur yang tak terhingga diungkapkan dan diucapkan oleh seluruh peserta dan pembimbing Rihlah Munadzomah 2018 karena rangkaian agenda ataupun kegiatan berjalan dengan baik dan lancar, serta bisa berjalan dengan maksimal. Dan rombongan bisa kembali ke Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining dengan selamat.

Harapannya adalah semoga dengan telah usainya Rihlah Munadzomah 2018 santri kelas 5 TMI atau pengurus OSDC & Koordinator Masa Khidmah 2017-2018 bisa menerapkan, bisa mengaplikasikannya dan bisa membawa perubahan perubahan positif kepada Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining tanpa menghilangkan apa yang sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan visi serta misi Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining. Dan semoga dengan adanya Rihlah Munadzomah ini semangat jiwa organisasi santri kelas 5 TMI Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining semakin mantap dan siap serta sigap, dan semoga dengan adanya Rihlah Munadzomah ini bisa membawa kemajuan untuk Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining. Aamiin.
(WARDAN/NJalu)

Kegiatan Hari Pertama Rihlah Munadzomah OSDC 2018

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor menyelenggarakan pendidikan Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMP, SMA, SMK sampai Perguruan Tinggi. Pesantren ini memadukan kurikulum Pondok Modern Gontor, Nasional dan Salaf. Darunnajah Cipining menyediakan banyak beasiswa untuk santri berprestasi dan santri tahfidz Al-Qur'an. Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, silat, jurnalistik, drum band, dll. Kampus Darunnajah Cipining berada di atas lahan seluas 170 hektare, di Cigudeg Bogor Jawa Barat. Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olahraga, sekolah, perkantoran, laboratorium, komputer, internet, dll.