Seperti yang kita ketahui bahwa pondok pesantren adalah wadah untuk mendapatkan ilmu, keseimbangan ilmu umum dan ilmu agama.

jika kamu merasa ingin pandai mengaji, menulis arab, berbahasa asing, aktif dalam bidang akademik atau non akademik, semua itu bisa kita dapatkan di pondok pesantren, dimanapun itu!

- Advertisement-

Nah…. Ingin tau bagaimana cara masuk salah satu pondok pesantren terbesar di indonesia yang terletak di ibukota jakarta?

Dikesempatan kali ini saya akan memberikan tips dan trik nya agar segala persiapan yang kita lakukan maksimal dalam proses seleksi untuk masuk pondok pesantren darunnajah jakarta.

Pertama, yang perlu kita ketahui adalah kita mengetahui tata letak lokasi pondok pesantren tersebut.

Dengan mengetahui tata letak dan jarak, maka kita bisa mengestimasikan kedatangan kita ketika akan ujian sehingga tidak terlambat ketika akan ujian atau seleksinya berlangsung.

Kedua, Kunjungi Pesantren tersebut satu hari sebelum pelaksanaan dilakukan, agar memudahkan kita dalam bertanya ke lingkungan tersebut.

Berikut Langkahnya jika ingin mengetahui lebih dalam Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta dan menjadi Santri aktif di Pondok Pesantren tersebut,

yaitu sebagai berikut :

1. Bertanya kepada Pos Security atau Pos Pelayanan sekitar untuk menanyakan kembali dimanakah letak gedung atau kantor PPMB ( Panitia Penerimaan Murid Baru), hal ini dilakukan untuk memvalidasi agar tidak terjadi kesalahan masuk ruangan ketika survey diawal.

Pintu Kantor PPMB yang terletak di Sebelah masjid
Pintu Kantor PPMB yang terletak di Sebelah masjid

 

Kantor PPMB (Panitia Penerimaan Murid Baru)

2. Kedua persiapkan pertanyaan dari hari sebelumnya kemudian bisa ditanyakan pada saat bertemu dengan petugas PPMB ketika memasuki kantor tersebut.

Anda akan mendapatkan formulir tentang profil pondok pesantren darunnajah.

Formulir Profil darunnajah jakarta
Formulir Profil darunnajah jakarta
Formulir Profil darunnajah jakarta

3. ketiga, menanyakan fasilitas pembelajaran, fasilitas pendukung serta fasilitas pengembangan yang mendukung proses pembelajaran, serta menanyakan hal-hal yang merupakan peraturan pokok dan baku yang tidak bisa ditoleransi oleh pihak lembaga.

Dikarenakan Pondok Merupakan tepat dimana semua orang mencari ilmu, maka dari itu pondok mesti dibuat kondusif dan tidak terlalu banyak campur tangan orangtua, karena dikhawatirkan menyebabkan santri menjadi tidak betah di pondok dan cenderung ingin terus bersama orangtua.

Dalam hal pendidikan, sewajarnya ketika orangtua menitipkan anaknya kepada Pondok, maka orangtua bijaksananya bisa percaya dalam segala hal,

dikarenakan pondok merupakan tempat dimana kita mencari ilmu dan belajar arti kehidupan dan kesederhanaan.

maka santri seharunya dijauhkan dari aktkifitas yang sekiranya bisa membuat dia boros dan manja dengan fasilitas berlebihan yang diberikan orangtua ketika bertemu.

4. Setelah Bapak atau ibu sekalian tertarik program dan kinerja di Pondok, Maka Bapak atau ibu bisa segera mendaftarkan putera atau puterinya untuk bisa belajar di pondok dengan menanyakan mekanisme kepada Petugas PPMB, dan bagaimana cara mendaftar masuk pondok pesantren darunnajah.

Setelah itu Bapak atau ibu akan diarahkan untuk segera mendaftarkan santri di website kami yaitu : Santri.darunnajah.com melalui pendaftaran online.

Alur pendaftaran

5. Kemudian ketika melalukan pembayaran, maka akan mendapatkan nomor registrasi dari Darunnajah berupa virtual account yang berbeda dari akun user pendaftar lain.

6. Setelah pembayaran, anda dapat validasi dokumen yaitu meliputi, Ktp Orang tua, KK, Akta, Surat pernyataan masuk Pondok pesantren Tersebut, Nisn, dll

7. Kemudian akan dilakukan sesi foto dengan ukuran 3×4 background, merah siswa baru, setelah itu tunggu 5 menit.

8. Setelah lima menit anda akan mendapatkan cetakan kartu ujian siswa baru beserta nomor tes untuk ujian dan buku panduan masuk pondok pesantren darunnajah jakarta, yang dapat di pelajari di rumah, untuk memepersiapkan ujian tes nanti..

9. Selamat berjuang dan semoga sukses untuk masuk pondok pesantren, amin..

Cara mendaftar online masuk pondok pesantren darunnajah jakarta. 

Dn.com(evi_permatasari)

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta adalah Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang Play Group, PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMA sampai Perguruan Tinggi. Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, pramuka, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti silat, jurnalistik, marching band, dll. Kampus Darunnajah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, bank, ATM, production house, asrama, koperasi, guest house (penginapan), gedung olahraga (GOR), sekolah, perkantoran, laboratorium, dll. Darunnajah menyediakan beasiswa untuk kaderisasi. Pesantren Darunnajah memiliki 16 cabang di seluruh Indonesia.