Rahasia dan Dahsyatnya Puasa Sunnah

Puasa adalah menahan lapar dan haus dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari, apakah puasa hanya menahan diri dari makan dan minum saja ? tentu tidak dong, puasa juga menahan kita untuk bisa menahan hawa nafsu.

Salah satu ibadah yang dimuliakan disis Allah adalah puasa, apa sih keutamaanya ? sebelum itu mari kita simak hadits dibawah ini.

- Advertisement-

” Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah SWT berfirman (yang artinya), ” kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan, yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabb-nya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Muslim no. 1151)

Bagi orang-orang yang beriman yang suka berpuasa, diakhirat nanti akan disediakan pintu khusus masuk surga untuk mereka. Yaitu pintu Ar-Rayyan. Banyak hikmah dibalik puasa itu sendiri, selain kita dilatih untuk bersabar dengan berpuasa pola makan kita akan lebih baik.

Puasa juga menjadi salah satu obat atau terapi untuk berbagai penyakit. Masya Allah ya, banyak sekali yang kita dapatkan dari Ibadah yang satu ini.

Oke, kali ini penulis akan memaparkan puasa-puasa Sunnah.

1.Puasa Senin-Kamis

Rahasia dan Dahsyatnya Puasa Sunnah

Sudah tidak asing lagi dengan puasa Sunnah yang satu ini. Puasa yang dilakukan setiap hari Senin dan Kamis. Pada hari Senin dan Kamis malaikat sedang melaporkan amalan-amalan kita, bukankah lebih indah jika catatan amalan kita dilaporkan disaat kita sedang menjalakan Puasa.

 

Rasululah SAW sebagai panutan kita pun sering melaksanakan puasa Senin-Kamis “ dari ‘Aisyah radhiallahu ‘anha : bahwa Nabi SAW sering melakukan puasa senin dan kamis.” (HR Ibnu Majah At-Tirmidzi dan An-Nasai)

2. Puasa Daud

 

Rahasia dan Dahsyatnya Puasa Sunnah

“Puasa yang paling dicintai oleh Allah adalah puasa Dawud, beliau (Nabi Dawud) berpuasa sehari dan tidak puasa sehari (puasa sehari selang seling).” (HR. Bukhari dan Muslim, lihat Al Wajiiz fi Fiqhi Sunnah wal Kitabil ‘Aziiz hal. 201)

Puasa Daud adalah puasa yang paling dicintai Allah. Banyak manfaat yang akan kita rasakan dari puasa tersebut. Yang terpenting saat melakukan puasa Daud tersebut adalah Istiqomah dalam melaksanakannya.

Nah, itu dia Ibadah Puasa sunnah yang sangat dianjurkan. Jangan lupa niatkan Ibadah kita karena Allah SWT, dan selalu Istiqomah dalam menjalankannya. Karena pekerjaan yang Allah sukai adalah yang berangsur-angsur dikerjakannya.

(DN.com/iffa)

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta adalah Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang Play Group, PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMA sampai Perguruan Tinggi. Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, pramuka, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti silat, jurnalistik, marching band, dll. Kampus Darunnajah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, bank, ATM, production house, asrama, koperasi, guest house (penginapan), gedung olahraga (GOR), sekolah, perkantoran, laboratorium, dll. Darunnajah menyediakan beasiswa untuk kaderisasi. Pesantren Darunnajah memiliki 16 cabang di seluruh Indonesia.