Apa Itu Prestasi?

Prestasi Belajar Yang Di Raih Setelah Berusaha Keras Akan Menghasilkan Kebahagiaan.
Prestasi Belajar Yang Di Raih Setelah Berusaha Keras Akan Menghasilkan Kebahagiaan.

Prestasi berasal dari bahasa Belanda yang artinya hasil dari usaha. Prestasi diperoleh dari hasil usaha yang telah dikerjakan. Prestasi diri adalah hasil atas usaha yang dilakukan seseorang. Prestasi dapat dicapai dengan mengandalkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual, serta ketahanan diri dalam menghadapi situasi segala aspek kehidupan.

Karakter Orang Yang Berprestasi.

Belajar Adalah Salah Satu Kunci Untuk Meraih Prestasi
Belajar Adalah Salah Satu Kunci Untuk Meraih Prestasi

Karakter orang yang berprestasi adalah mencintai pekerjaan, memiliki inisiatif dan kreatif, pantang menyerah, serta menjalankan tugas dengan sungguh-sungguh. Karakter-karakter tersebut menunjukan bahwa untuk meraih prestasi tertentu, dibutuhkan kerja keras.

Macam-macam Prestasi

Usaha Tidak Akan Membohongi Hasil, Semangat Berprestasi
Usaha Tidak Akan Membohongi Hasil, Semangat Berprestasi

Ada beberapa prestasi yang dapat dicapai setiap orang, diantaranya:

  1. Prestasi Belajar

Hasil yang diperoleh atas usaha seseorang dalam belajar. Misalnya mendapatkan penghargaan sebagai Santri Terbaik di setiap tahunnya.

  1. Prestasi Kerja

Prestasi kerja merupakan suatu hasil yang didapatkan dari usaha kerja yang telah dilakukan. Misalnya naik jabatan atas kerja keras selama ini.

  1. Prestasi Seni

Merupakan hasil yang diperoleh dari usaha seni. Misalnya prestasi seorang penyanyi atau presenter dan mendapatkan penghargaan di suatu acara statiun TV.

  1. Prestasi Olah Raga

Merupakan hasil yang diperoleh atas kerja keras dan usaha di bidang olahraga. Misalnya seorang olahragawan yang mendapatkan mendali emas atas juara pertama yang dicapai saat mengikuti Pekan Olah Raga Nasional maupun Internasional.

  1. Prestasi Lingkungan Hidup

Prestasi lingkungan hidup merupakan prestasi yang diperoleh atas usaha penyelamatan lingkungan hidup. Misalnya individu maupun kelompok mendapatkan penghargaan atas usaha penyelamatan lingkungan hidup berupa penanaman pohon kembali atau reboisasi di hutan.

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Seseorang

Guru Adalah Seorang Pendidik, Pembimbing, Juga Orang Tua Kedua Dalam Belajar
Guru Adalah Seorang Pendidik, Pembimbing, Juga Orang Tua Kedua Dalam Belajar

Ada 2 faktor yang dapat mempengaruhi prestasi akademik seseorang, yaitu faktor internal/diri sendiri dan faktor eksternal/dari lingkungan.

  1. Faktor Internal/diri sendiri.

a. Motivasi

Motivasi merupakan daya penggerak yang menjadi aktif pada saat-saat tertentu dimana ada kebutuhan untuk mendapatkan tujuan. Motivasi merupakan tenaga dorong selama tahapan proses belajar yang berfungsi untuk:

  1. Mencari dan menemukan informasi mengenai hal-hal yang dipelajari.
  2. Menyerap informasi dan mengolahnya.
  3. Mengubah informasi yang didapat ini menjadi suatu hasil pengetahuan, prilaku, keterampilan, sikap dan kreativitas.

b. Kepribadian

Kepribadian merupakan suatu organisasi yang dinamis dari sistem psikofisik seseorang yang menentukan bagaimana individu dapat menyesuaikan diri secara unik dengan lingkungannya. Kepribadian dapat berubah dan dimunculkan dalam bentuk tingkah laku. Sistem inilah yang akan mendorong seseorang untuk menentukan penyesuaian dirinya sebagai hasil belajar atau pengalaman.

 

  1. Faktor Eksternal

a. Lingkungan Rumah

Lingkungan rumah, terutama orang tua, memegang peranan penting serta menjadi guru bagi anak dalam mengenal dunianya.orang tua adalah pengasuh, pendidik dan membantu proses sosialisasi anak. Semakin tinggi tingkat pendidikan orang tua, maka semakin baik prestasi anak. Termasuk juga sejauh mana keluarga mampu menyediakan fasilitas bagi anaknya, seperti internet, televisi dan juga buku bacaan.

b. Lingkungan sekolah

Lingkungan sekolah yang baik adalah lingkungan yang nyaman sehingga anak terdorong untuk belajar dan berprestasi. Adapun beberapa karakteristik lingkungan sekolah yang nyaman sebagai tempat belajar, yaitu:

  • Sekolah mempunyai komitmen untuk mendukung semua usaha murid agar sukses dalam bidang akademik maupun sosial.
  • Adanya kurikulum yang menantang dan terarah.
  • Adanya perhatian dan kepercayaan murid serta orang tua terhadap sekolah.
  • Mempunyai tujuan untuk meningkatkan prilaku prososial seperti berbagi informasi, membantu dan bekerja sama.
  • Adanya kebijakan dan peraturan sekolah yang jelas.

Sikap Dalam Berprestasi

Keberhasilan Dalam Meraih Prestasi Memerlukan Perjuangan
Keberhasilan Dalam Meraih Prestasi Memerlukan Perjuangan

Sikap yang mendukung seseorang dalam berprestasi, diantaranya:

  1. Berorientasi pada masa depan dan cita-cita.
  2. Berorientasi pada keberhasilan.
  3. Berani mengambil atau menghadapi resiko.
  4. Rasa tanggung jawab yang besar.
  5. Menerima dan menggunakan kritik sebagai umpan balik.
  6. Memiliki sikap kreatif dan inovatif, serta mampu memanajemen waktu dengan baik.

Setiap orang mutlaknya berprilaku dalam menghasilkan sesuatu. Namun, prestasi atau keberhasilan yang diraih tak luput dari bantuan orang lain. Dalam proses mencapai keberehasilan, setiap orang akan menghadapi tantangan, diantaranya:

  1. Berasal dari diri sendiri

Tantangan dari diri sendiri ialah bakat, potensi, kecerdasan atau intelektual, minat, motivasi,     kebiasaan, emosi, kesehatan dan pengalaman pribadi.

  1. Berasal dari lingkungan

Tantangan dari lingkungan berupa tantangan dari keluarga, sekolah, masyarakat, sarana dan  prasarana, fasiliras, gizi dan tempat tinggal.

Arti Penting Prestasi

 

Perjuangan Dengan Berusaha Akan Menghasilkan Sesuatu Yang Berharga
Perjuangan Dengan Berusaha Akan Menghasilkan Sesuatu Yang Berharga

Prestasi dapat digunakan untuk meningkatkan potensi diri. Berikut ini adalah arti penting prestasi:

  1. Prestasi merupakan wujud nyata kualitas dan kuantitas yang diperoleh seseorang atas usaha yang diperoleh.
  2. Prestasi merupakan pengalaman yang dialami seseorang dan bisa menjadi pelajaran berharga untuk masa depan.
  3. Prestasi merupakan kebanggaan bagi diri sendiri, keluarga, kelompok, masyarakat, bangsa dan negara.
  4. Prestasi digunakan untuk mengukur tingkat pengetahuan, kecerdasan, dan keterampilan seseorang, kelompok, masyarakat, bangsa dan negara.
Contoh Pemuda Indonesia Yang Berprestasi Di Internasional

 

Penyerahan Bintang Penghargaan Kepada Prof. Dr. Ing. H. B. J. Habibie
Penyerahan Bintang Penghargaan Kepada Prof. Dr. Ing. H. B. J. Habibie
  1. J.Habibie

Siapa yang tidak kenal dengan B.J.Habibie. Beliau adalah Presiden Republik Indonesia yang ketiga. Ia belajar teknik mesin di Institut Teknologi Bandung tahun 1954. Pada tahun 1955-1965 beliau melanjutkan studi teknik penerbangan, spesialis konstruksi pesawat terbang di RWTH Aachen, Jerman Barat dan menerima gelar diplom ingineur pada 1960 serta gelar doktor ingineur 1965 dengan predikat summa cum laude. Beliau kemudian bekerja di Messerschmitt-Bolkow-Blohm di Hamburg, hingga mencapai puncak karir sebagai wakil presiden bidang teknologi.

  1. Anggun C. Sasami

Aggun C. Sasami mengawali kariernya dipanggung Ancol saat berusia 7 tahun. Pada usianya yang sangat muda Anggun telah berhasil mencapai puncak popularitasnya sebagai penyanyi rock di Indonesia dengan diraihnya penghargaan Artis Indonesia Terpopuler 1990-1991. Pada tahun 1994 Anggun memutuskan untuk meninggalkan Indonesia dan mewujudkan impiannya menjadi artis bertaraf Internasional.

  1. Agnes Monica

Agnes Monica adalah salah satu dari artis multi talenta muda dari Indonesia yang berhasil sukses di dunia Internasional. Agnes juga menjadi salah satu pemandu acara pada karpet merah pagelaran American Music Award 2010 di Los Angeles, Amerika Serikat.

Atlet Indonesia Yang Berpengaruh Di Dunia.

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang adalah Pondok Pesantren khusus putri pertama di Tangerang Selatan. Berlokasi di daerah Pamulang, Pesantren ini sangat strategis dan mudah dijangkau dari mana saja. Pondok Pesantren putri ini menyelenggarakan pendidikan Islam berasrama pada tingkat MTS (Tsanawiyah) dan Aliyah (MA).

Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah merupakan lembaga pendidikan Islam terpadu, menggunakan sistem pendidikan berkualitas yang sudah diakui dunia. Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah menyiapkan kader agama Islam dengan sistem Pondok Modern Gontor Ponorogo. Membentuk karakter santri dengan pengetahuan agama Islam, kemampuan dakwah serta keterampilan hidup (life skills).

Santri dididik shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur’an, menghafal Al-Qur’an (tahfidz), dan beragam kegiatan menarik seperti percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, pramuka, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti silat, jurnalistik, marching band, dll. Kampus Al-Hasanah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olah raga, auditorium, sekolah, dan lain-lain.