PRAKTIK DAKWAH DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT BAGI SANTRI KELAS AKHIR TMI DARUNNAJAH 2 CIPINING

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining adalah salah satu Pondok Pesantren yang masih berdiri kokoh di indonesia, diusianya yang ke-29 terus melakukan perubahan perubahan, salahsatu perubahannya adalah melalui bidang agama, dimana santri Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining dituntut untuk menjadi generasi yang IMAMA (Imam, Muttaqi, Alim, Mubaligh, Amil).

Dalam mewujudkan Alumni yang IMAMA (Imam, Muttaqi, Alim, Mubaligh, Amil). Santri Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining tidak hanya diajarkan teori teori tentang ilmu agama dikelas saja akan tetapi diajarkan juga kegiatan kegiatan diluar kelas lainnya seperti Olahraga, Muhadloroh, Kepanitiaan Kegiatan, Ta’lim, dll.

Dalam pepatah dikatakan teori tanpa praktik kosong begitupun sebaliknya maka dari itu harus seimbang. Kini saatnya Santri kelas akhir TMI Darunnajah 2 Cipining dituntut untuk belajar mempraktikan apa yang telah didapatkannya dimsyarakat dengan bekal apa yang telah didapat dan dipelajari selama di Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining .

Praktik Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat (PDPM) Adalah salahsatu kegiatan dimana santri kelas akhir TMI Darunnajah 2 Cipining belajar bermasyarakat. Kegiatan ini berlangsung 10 hari yang pada tahun ini dilaksanakan terhitung mulai tanggal 27 Desember – 05 Januari 2017 yang diikuti oleh 16 kelompok, dengan rincian 6 kelompok putra 10 kelompok putri dengan masing-masing anggota 9 dan 10 bahkan ada 11 santri.

Pelaksanaan Praktik Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat tahun ini di daerah Kecamatan Bogor Selatan, yang terbagi kedalam 3 wilayah, 1. Kelurahan Pamoyanan 2. Kelurahan Rangga Mekar 3. Kelurahan Mulya Harja.

Tujuan dari Praktik Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat ini adalah modal awal bagi santri kelas akhir TMI Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining  sebelum nantinya terjun dimasyarakat yang sesungguhnya “ Ujar Ka. Biro Humas & Dakwah Ust. Husnul Mubarok, S.Pd “

Pelepasan Praktik Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat tahun 2017 dipimpin langsung oleh Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc serta Asatidz/Ustadzat  Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining.

Kegiatan Praktik Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat juga menyisakan sebuah kisah dan catatan tersendiri bagi masyarakat yang menjadi tuan rumah dalam kegiatan ini,

Berikut adalah testimoni salah-satu tokoh masyarakat dan juga tuan rumah Praktik Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat, KH. Nurdin, Pimpinan Pesantren Nurul Shibyan yang dikirim via whatsapp kepada ketua pelaksana Praktik Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat, Ust. Mu’min Hidayat beberapa saat seusai agenda kunjungan :  ” Antum luar biasa . Betul- betul Darunnajah 2 Cipining. Yang antum kerjakan itu pas banget. Ana hanya bisa kagum dari keberhasilan pak Kyai Jamhari Abdul Jalal. Lc dan Asatidz/Ustadzat Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining yang telah berhasil menjadikan karakter santriwan dan santriwatinya berakhlak mulia . Ana hanya bisa haru dan tidak bisa berkata apa apa. kecuali di hati yang dalam mendoakan. hanya do’a yang bisa ana sampaikan untuk semuanya . Baik pak kyai Jamhari Abdul Jalal, Lc dan keluarga besar Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining. Jadikan dan berikan yang terbaik bagi kehidupan dunia akhiratnya. Aamiin.

Semoga Praktik Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat tahun 2016-2017 bisa menjadikan sebagai media belajar para santri dan menjadikan bekal bagi santri akhir TMI Darunnajah 2 Cipining  yang akan menjadi alumni, dan semoga Praktik Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat tahun berikutnya lebih baik lagi.

(WARDAN/NJalu)