Disiplin Merupakan Bentuk Pondasi Kemajuan Suatu Pondok Pesantren
Disiplin Merupakan Bentuk Pondasi Kemajuan Suatu Pondok Pesantren

Ketika kita menyadari bahwa suatu lembaga pesatren yang kita amati bisa maju karena ada disiplin,dengan ada disliplin yang ada, para santripun akan menyadari bahwasannya berdisiplin itu sangat penting bagi kehidupan di dunia ini, apabila tidak adanya disiplin dalam kehidupan kita ,maka hidup kita juga tidak akan teratur dan tidak tertata rapi.Begitupula suatu Pesantren apabila seorang pimpinan tidak memberi disiplin kepada para santrinya ataupun kepada penghuni pondok maka pondok pesantren itu tidak akan bertahan lama dan bisa di bilang pondok itu akan hancur.

Mengenai tentang disiplin yang ada di suatu lembaga pesantren, terkadang santri hanya mengetahui peraturan – peraturan yang tertulis yang telah disampaikan oleh Pimpinan atau ustadz – ustadz yang ada di pondok tersebut baik itu secara lisan maupun tertulis,akan tetapi mayoritas para santri itu melakukan pelanggaran – pelanggaran yang ada di pondok, yang tidak tertulis ataupun yang telah di ucapkan oleh pimpinan dan para ustadz – ustadz mereka. Dan suatu solusi untuk menghadapi masalah seperti ini adalah kita harus memberitahu kepada penghuni pondok entah itu santri maupun para ustadz agar menta’ati peraturan – peraturan atau disilplin yang ada dipondok secara tertulis dan secara tidak tertulis, dan peraturan secara tidak tertulis ini tergantung kedapa hati kecil yang ada dalam diri kita, karena ini semua harus dengan kesadaran dan kedewasaan kita semua.

Telah kita ketahui pondok yang telah maju saat ini dikarenakan disiplinnya yang sangat kuat dan teratur sangat banyak sekali diantaranya, Pondok Pesantren Darunnajah, Pondok Modern Darussalam Gontor,dan masih banyak lagi yang lainnya . ini merupakan bukti dari pondok yang ada di atas tadi mereka semua bisa maju dan terkenal di seluruh Indonesia bahkan dunia , dikarenakan disiplin yang mereka terapkan kepada para penghuni pondok mereka masing – masing.

Di pondok pesantren, terkadang para santri selalu mengeluh dengan banyaknya disiplin yang ada di pondok tersebut dan selalu dapat komentator dari para wali santri yang berkunjung ke pondok.Kalau kita berfikir positif disiplin itu sangat benmanfaat bagi kita dan ketika kita slalu menerapkan disiplin pada diri kita, kita akan merasakannya dikemudian hari, dan apabila kita mengejakannya dengan ketulusan dan keikhlasan maka itu semua akan mendaji berakah. Ada suatu pepatah mengatakan “ JADIKAN YANG LELAH ITU MENJADI LILLAH MAKA AKAN MENJADI BERKAH “.

Maka dari itu, suatu lembaga pesantren akan maju apabila kita menerapkan disiplin yang sangat teratur dan mengerjakannya dengan jiwa keikhlasan lillahita’ala dan kita melakukannya dengan istiqomah ,maka semuanya akan menjadi berkah dan kitapun atau para penghuni pondok akan menikmatinya di keudian hari nanti.

( Fahim Amin )

 

 

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren An-Nahl Darunnajah 5 didirikan untuk menjadi lembaga pendidikan Islam internasional yang berkualitas. Baik dari segi kualifikasi mutunya, alumni, pelayanan juga manajemen pengelolaannya. Pondok Pesantren An-Nahl berada di tempat yang indah dan eksotis di pesisir pantai selatan, tepatnya di Cikeusik Pandeglang Banten. Pesantren Ini menyelenggarakan pendidikan Islam tingkat Madrasah Ibtidaiyah (SD), Madrasah Tsanawiyah (SLTP) dan Madrasah Aliyah (SLTA). Selain mempelajari Al-Qur'an, Hadits, pelajaran agama dan pelajaran umum, Pondok Pesantren Modern ini juga menyelenggarakan kegiatan ekstrakulikuler seperti Bahasa Arab dan Inggris, Pidato, Pramuka, Olah raga, Seni bela diri, Kesenian, Marawis, Qosidah, Komputer, dan lain-lain.