Permainan Balok Untuk Belajar Konsep Matematika Di Taman Kanak-Kanak

Mengapa Permainan Balok?

Permainan balok di Taman Kanak-kanak
Permainan balok di Taman Kanak-kanak

Permainan balok adalah salah satu permainan yang paling cocok dimainkan untuk anak-anak. Karena dengan bermain balok dapat melatih kerja sama mata dan tangan serta koordinasi fisik.

Selain itu, anak akan belajar konsep matematika, melalui keseimbangan yang diperlukan dalam membuat bangunan yang disusun.

Melalui bermain, anak akan mengenal balok yang sama,atau yang dua kali lebih panjang dari balok lain dan berbagai ukuran serta bentuk yang ada.

Tahapan Bermain Balok Pada Anak

Permainan balok di Taman Kanak-kanak
Permainan balok di Taman Kanak-kanak

Tahapan pertama, anak berjalan sambil membawa balok ditangannya.

Tahapan kedua, balok akan diletakkan dalam susunan ke atas seperti menara, atau diletakkan secara berdampingan atau berjejer.

Tahapan selanjutnya, anak akan mulai membuat jembatan, yaitu dengan meletakkan dua balok secara sedikit terpisah, kemudian meletakkan balok satu lagi di antara kedua balok tersebut.

Setelah itu anak-anak mulai mampu menyusun balok dengan berbagai variasi, membuat pola, belajar membuat bangunan yang seimbang.

Kemudian pada tahap akhir, anak-anak menggunakan balok-balok dan membuat bangunan sesuai dengan lingkungan yang ada diseketarnya.

Misalnya, membuat bangunan rumah, sekolah, jalanan, kandang, rumah sakit dan bangunan lain yang pernah dilihat anak.

Pada tahap permulaan membangun balok bangunan, seorang anak hanya menggunakan balok dalam jumlah yang tebatas dan menggunakan ruangan yang terbatas pula.

Tetapi, setelah kemampuannya berkembang, ia dapat melakukan elaborasi dalan bentuk bangunana yang dibuatnya. Sehingga pada tahap lanjut bermain balok, seorang anak dapat menggunakan jumlah balok yang lebih banyak dan ruangan yang lebih luas.

Cara Guru Mengenalkan Permainan Balok

Permainan balok di Taman Kanak-kanak
Permainan balok di Taman Kanak-kanak

Guru perlu memperkenalkan balok-balok dengan meletakkan atau menyimpan balok sedemikian rupa dengan mengelompokkan berdasarkan ukuran, bentuk atau warna.

Membiasakan anak untuk menyimpan kembali balok-balok tersebut apabila telah selesai memainkannya.

Hal-hal tersebut dapat guru sampaikan sebelum bermaian balik dilakukan, termasuk menjelaskan peraturan bermain balok.

Jika yang bermain balok anak usia muda, guru harus memberikan contoh bagaimana menyusun balok atau membuat jembatan.
Kemudian biarkan anak membangun imajinasinya lewat permaian balok.

Pertanyaan yang diajukan seperti: Apa yang akan dibuat? Bagaimana cara membuat bangunan agar seimbang? Berapa banyak jumlah balok yang diperlukan untuk membuat menara? Ada bagian-bagian apa saja dalam sebuah bangunan? Kenapa membuat bangunan seperti ini? dan pertanyaan-pertanyaan lainnya yang dapat menstimulasi kemampuan konstruktif dan pengenala  konsep matematika.

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

TK Islam Darunnajah adalah lembaga pendidikan anak usia dini antara usia 3-6 tahun. TK Islam Darunnajah berlokasi di area Pondok Pesantren Darunnajah di Jakarta Selatan. Kami menyelenggarakan pendidikan dalam berbagai aspek pengembangan diantara aspek Bahasa, Kognitif, Motorik, Kreativitas, Sosial emosional dan Moral agama. Kami menyadari bahwa aspek-aspek ini sangatlah penting bagi perkembangan anak usia dini dalam menyiapkan diri menuju tingkat Pendidikan sekolah dasar dan jenjang berikutnya. TK Islam Darunnajah memiliki empat ekstrakurikuler yaitu menari, melukis, futsal dan jarimatika. Kegiatan mingguan di TK Islam Darunnajah meliputi senam pagi, kunjungan ke perpustakaan dan belajar komputer. Kegiatan bulanan yaitu renang dan makan sehat. Serta Kegiatan tahunan yaitu field trip, outbound, manasik haji, peringatan hari besar Islam dan nasional, pentas seni dan wisuda. TK Islam Darunnajah ingin mewujudkan TK yang berbasis Islam, peserta didik dibekali berbagai pengetahuan agama seperti mampu mempraktekan cara berwudhu dan shalat berjama'ah, menghafal doa-doa harian, menghafal surat pendek Al Quran, membaca iqro dengan lancar dan mampu menghafal Asmaul Husna.