PERKHUTSY, Perkemahan Khutbatul Arsy yang ke XXIV

perkhutsy pesantren darunnajah 2012

JAKARTA/dn.com – Kegiatan yang sudah menjadi sunnah di Pondok Pesantren Darunnajah adalah penyelenggaraan Perkemahan Khutbatul Arsy (PERKHUTSY) yang pada tahun 2012 ini sudah memasuki tahun ke 24 kegiatan ini (PERKHUTSY XXIV). Ini merupakan salah satu kegiatan orientasi bagi santri Darunnajah tentang kegiatan kepramukaan yang ada untuk menunjukkan pembinaan karakter pemuda yang mandiri, kreatif dan tangguh.

PERKHUTSY XXIV diselenggarakan selama 2 hari, yang diawali dengan upacara pembukaan pada hari Rabu, 12 September 2012 / 25 Syawal 1433 H bertempat di Lapangan Darunnajah Ulujami. Seperti pada tahun lalu, pada Perkutsy kali ini tak hanya diikuti oleh santri-santri Pesantren Darunnajah saja, tapi juga diikuti oleh beberapa Pesantren Cabang Darunnajah diantaranya Pesantren Darunnajah II Cipining, Pesantren Annur Darunnajah 8 Cidokom dengan regu penggalang dan penegak.

Pembukaan Perkutsy ini dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Pimpinan Pesantren Darunnajah Drs.H. Sofwan Manaf, M.Si., serta guru-guru. Acara yang dibuka  pukul 07.00 WIB berlangsung meriah dan khidmat. Sebuah Baliho raksasa yang terpasang di lapangan utama perkemahanpun terpasang dengan tegak dengan dipajang foto Para pendiri Pesantren. Di Buper putra terpasang gapura masuk area perkemahan dengan bangunan dari bambu yang saling dikaitkan dan terpasang gambar Bapak Pandu Dunia, Baden Powel dan Pejuang Pramuka tanah Air kita, KH. Agus Salim. Sedangkan areal putri menempati kwasan sekitar Rektorat Darunnajah.

Pada upacara pembukaan Perkutsy juga di suguhkan atraksi dan penampilan pramuka santri putri dan putra. Setelah mengikuti upacara, Pimpinan Pesantren beserta dewan guru meninjau tempat perkemahan, berkeliling  melihat fasilitas Bumi Perkemahan. Acara diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan dan foto bersama dengan pengurus pesantren serta santri.

SHARE
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta adalah Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang Play Group, PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMA sampai Perguruan Tinggi. Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, pramuka, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti silat, jurnalistik, marching band, dll. Kampus Darunnajah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, bank, ATM, production house, asrama, koperasi, guest house (penginapan), gedung olahraga (GOR), sekolah, perkantoran, laboratorium, dll. Darunnajah menyediakan beasiswa untuk kaderisasi. Pesantren Darunnajah memiliki 16 cabang di seluruh Indonesia.