Pengaruh peradaban islam spanyol di eropa

Pengaruh peradaban islam spanyol di eropa
Pengaruh peradaban islam spanyol di eropa

Kemajuan eropa yang terus berkembang hingga saat ini banyak berhutang budi pada khazanah islam.yang berkembang pada periode.memang bagaimana perdaban islam dapat mempengaruhi eropa,seperti kota pelabuhan sicilia,perang salib,kota genoa,dan lain lain.tetapi pusat peradaban islam eropa ada di spanyol.

Spanyol merupakan tempat yang paling utama bagi eropa menyerap segala peradaban islam,baik politik,social,ekonomi,maupun,budaya.bangsa eropa menyaksikan bahwa Negara spanyol dibawah kekuasaan islam telah menjauhi Negara Negara tetangganya ,terutama  di bidang sains,pemikiran,dan arsitek.yang terpenting  diantaranya adalah pemikiran  ibnu rusyd(1120-1198).ia melepaskan belenggu taklid dan mengajarkan pemikiran bebas .ia membahas pemikiran aristoles dengan cara yang menarik dan memikat bagi semua orang yang berfikiran bebas.ia mengedepankan sunnatullah menurut ajaran agama islam terhadap pantheisme dan anthroporphisme Kristen.saking besarnya pengaruh ibnu rusyd di eropa hingga muncul gerakan ibnu rusydisme yang menuntut kebebasan berfikir.yang membuat panik pihak gereja eropa yang menolak pemikiran tersebut.

Bermula dari gerakan tersebut di kemudian hari lah di eropa lahir gerakan reformasi pada abad ke 16 masehi dan rasionallisme pada abad ke 17 masehi,buku buku ibnu rusyd sendiri dicetak di venesia dari tahun 1481 sampai dengan 1500 masehi,banhkan edisi lengkapnya dicetak pada tahun 1553 dan 1557 masehi.karya karyanya juga diterbitkan pada awal abad ke 16 masehi di kota Napoli,bologna,dan,lyon.dan juga dicetak pada abad ke 17 di jenewa.

Pengaruh peradaban islam ,termasuk didalamya pemikiran ibnu rusyd berawal dari banyaknya pemuda keristen eropa yang belajar di universitas islam di spanyol seperti universitas cordova,Granada,Andalusia,Salamanca,Malaga,dan sevila,mereka menerjemahkan berbagai buku ilmuan muslim selama belajar di spanyol.pusat penerjemahan buku tersebut ada di kota Toledo.sekembalinya mereka ke negerinya masing masing mereka mendirikan universitas dan sekolah yang sama.universitas pertama kali yang berdiri di eropa adalah universitas paris pada tahun 1231 masehi.tiga puluh tahun setelah wafatnya ibnu rusyd,diakhir zaman pertengahan di eropa baru berdiri 18 universitas .dalam mendirikan universitas tersebut orang eropa menggunakan pelajaran yang diajarkan oleh universitas islam seperti ilmu kedokteran,aljabar,filsafat,astronomi dan lain lain.dalam bidang pemikiran filsafat banyak dipengaruhi oleh pemikiran ibnu sina,al farabi,dan ibnu rusyd.

Pengaruh ilmu pengetahuan islam atas eropa yang sudah dimulai sejak abad ke 12 masehi itu yang membuat timbulnya gerakan kebangkitan kembali(renaissance)budaya klasik yunani di eropa pada ke 14 masehi.berkembangnya pemikiran eopa kali ini merupakan manifestasi dari terjemahan terjemahan arab yang dipelajari kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa latin.

Walaupun islam akhirnya terusir dari negeri spanyol dengan cara yabg sangat kejam,tetapi islam telah banyak ,memberikan konstribusi terhadap gerakan gerakan penting di eropa.gerakan gerakan tersebut antara lain kebagkitan kembali budaya klasik(renaissance)pada abad ke 14 masehi yang muncul pertama kali di italia,gerakan reformasi pada abad ke 16 masehi,rasionalisme pada abad ke 17,dan pencerahan(aufklarung )pada abad ke 18 masehi.

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 berada di Pabuaran Serang Banten. Pondok Pesantren Modern terbaik ini memiliki dua jenjang pendidikan, yaitu SMP (Sekolah Menengah Pertama), dan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) jurusan Multimedia.

Pondok Pesantren Nurul Ilmi khusus menerima santri putra dan menyediakan beasiswa bagi santri berprestasi. Nurul Ilmi memiliki banyak kegiatan ekstrakulikuler seperti pramuka, seni bela diri, public speaking (latihan pidato), kursus programming, robot, desain, dan bebagai cabang olah raga seperti futsal, basket, volly, badminton.

Pondok Pesantren Modern Nurul Ilmi memiliki banyak prestasi dalam bidang IT (Informasi dan Teknologi), sering menjadi juara dalam perlombaan dari taraf regional sampai nasional.

Nurul Ilmi memiliki fasilitas lengkap seperti asrama, masjid, koperasi, laboratorium komputer, lapangan futsal, lapangan basket, lapangan badminton, guest house (penginapan), perkantoran, gedung sekolah, ruang rapat, kantor organisasi santri, dll.