Penyuluhan Kesehatan Oleh PUSKESMAS Kecamatan Pamulang Di Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang

Penyuluhan Kesehatan Oleh PUSKESMAS Kecamatan Pamulang Di Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang
Penyuluhan Kesehatan Oleh PUSKESMAS Kecamatan Pamulang Di Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang

Pada hari Jum’at tanggal 13 Oktober 2017 telah dilaksanakan kegiatan Penyuluhan Kesehatan oleh PUSKESMAS (Pusat Kesehatan Masyarakat) Kecamatan Pamulang di Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang yang bertempat di ruang kelas santriwati.

- Advertisement-

Acara ini diikuti oleh santriwati kelas 1 sampai kelas 3. Penyuluhan Kesehatan ini disampaikan oleh Dr. Fitri Oryza tentang penyakit rubella atau campak. Penyakit rubella atau campak ini ditandai dengan ruam merah pada kulit. Penyakit ini dapat menular dengan mudah yaitu melalui pernapasan ataupun melalui butiran liur diudara atau bersin dan batuk.

Adapun gejala-gejala rubella atau campak yaitu : demam, sakit kepala, flu, tidak nafsu makan, mata memerah, pembengkakan pada kelenjar limfa pada telinga dan leher, bintik merah yang awalnya pada wajah lalu menyebar ke badan , tangan dan kaki hal ini biasa terjadi selama 1-3 hari.

Hal ini seringkali terjadi pada remaja yang tinggal di lingkungan pesantren, karena di lingkungan pesantren seringkali kali santri berkumpul lalu memakai peralatan nya bersama, misalnya : memakai handuk, sikat gigi, gunting kuku secara bersama. Hal ini sangat memungkinkan terjadi penularan penyakit rubella atau campak dengan mudah pada santriwati.

Hal yang seharusnya dilakukan ialah mempunyai barang pribadi masing-masing dan digunakan untuk diri sendiri saja ataupun bisa juga dengan disuntik vaksin MR. Pemberian vaksin MR ini direkomendasikan pada anak usia 9 bulan sampai dengan usia kurang dari 15 tahun, dan diberikan melalui suntikan pada jaringan lemak lengan atas.

Kemudian setelah Penyuluhan Kesehatan ini berlangsung lalu diadakan pula suntik vaksin MR pada santriwati guna mencegah terjadinya penyakit rubella atau campak. Pencegahan juga dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan misalnya, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. “Mencegah itu lebih baik daripada mengobati”, ujar Dr. Fitri Oryza.

Kegiatan Penyuluhan Kesehatan ini sangat bermanfaat bagi santriwati Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang. (SA)

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang adalah Pondok Pesantren khusus putri pertama di Tangerang Selatan. Berlokasi di daerah Pamulang, Pesantren ini sangat strategis dan mudah dijangkau dari mana saja. Pondok Pesantren putri ini menyelenggarakan pendidikan Islam berasrama pada tingkat MTS (Tsanawiyah) dan Aliyah (MA). Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah merupakan lembaga pendidikan Islam terpadu, menggunakan sistem pendidikan berkualitas yang sudah diakui dunia. Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah menyiapkan kader agama Islam dengan sistem Pondok Modern Gontor Ponorogo. Membentuk karakter santri dengan pengetahuan agama Islam, kemampuan dakwah serta keterampilan hidup (life skills). Santri dididik shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), dan beragam kegiatan menarik seperti percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, pramuka, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti silat, jurnalistik, marching band, dll. Kampus Al-Hasanah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olah raga, auditorium, sekolah, dan lain-lain.