Pentingnya Menguasai PTK Bagi Guru Taman Kanak-Kanak

Apa Yang Dimaksud Dengan PTK?

Penelitian Tindakan kelas/ PTK
Penelitian Tindakan kelas/ PTK

Suatu bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki bahkan meningkatkan praktek-praktek pembelajaran di kelas secara lebih profesional.

Apa Saja Peran Guru Kelas?

Guru mempunyai peran sebagai observer, pembimbing, fasilitator. Namun setiap guru adalah individu yang berbda sehingga karakter dan ilmu yang dimlikinya berbeda-beda. Begitu pula dengan gaya mengajar, metode yang akan digunakan dan kreatifitasnya.

Usia Peserta Didik

Tahap jenjang pendidikan formal dimulai pada Taman Kanak-kanak (TK) atau Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pendidikan sejak usia dini menjadi sangat penting, karena merupakan pondasi bagi terjadinya tahap pembelajaran selanjutnya. Maka dari itu pada masa ini usia 0-6 tahun disebut dengan masa keemasan ( golden age ) sekaligus masa kritis dalam tahapan kehidupan anak, dimana anak tumbuh dan berkembang dengan pesat.

Manfaat Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru

Manfaat Penelitian Tindakan kelas
Manfaat Penelitian Tindakan kelas

Dengan melakukan penelitian, dapat dijadikan sebagai inovasi pembelajaran yang telah diterapkan selama proses pembelajaran yang telah dilaksanakan agar menjadi lebih mutakhir dan optimal.

Guru akan selalu menghadapi karakteristik dan kemampuan anak yang berbeda-beda di sepanjang tahun. Jadi, ketika guru melakukan penelitian di kelasnya sendiri.  Sehingga, akan menghasilkan solusi terhadap permasalahan yang terjadi di kelas.

Penelitian tindakan kelas dapat dikatakan pula sebagai kebutuhan seorang guru kelas untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif.

Untuk peningkatan profesionalisme guru. Sebagai seorang guru perlu mencoba untuk mengubah, mengembangkan dan meningkatkan gaya mengajarnya.

Manfaat Penelitian Tindakan Kelas Bagi Peserta Didik

Permasalahan yang dimiliki peserta didik dapat diatasi oleh guru setelah melakukan penelitian tindakan kelas. Sehingga terciptanya suasana belajar yang kondusif dan sesuai dengan karakter perkembangan peserta didik yang dilaksanakan secara bertahap dan berkesinambungan yang bersifat pembiasaan.

Seberapa Penting Guru Taman Kanak-kanak Melakukan PTK?

Sebagaimana yang telah dijabarkan dalam manfaat penelitian tindakan kelas, bahwasanya besar sekali manfaat yang didapatkan dengan melakukan penelitian tindakan kelas.

Penelitian tindakan kelas ini bisa menjadi sangat penting jika adanya suatu permasalahan dikelas yang mengganggu proses belajar mengajar. Bisa dari sisi karakteristik peserta didik, dari media yang digunakan, metode yang digunakan dan hal lainnya.

Ada banyak hal yang menjadikan seorang guru kelas melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Beberapa contoh seorang guru perlu melakukan PTK apabila:

  1. Jika guru menghadapi permasalahan rendahnya kemampuan anak dalam melakukan perintah sederhana. Maka untuk mengetahui apa kesalahan atau kekurangannya dan cara mengatasinya, guru dapat melakukan penelitian tindakan kelas.
  2. Jika menghadapi persoalan rendahnya minat baca buku pada anak. Untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar dikelas maka guru perlu lakukan tindakan kelas jika ingin mendapatkan hasil yang optimal.
  3. Untuk meningkatkan profesionalisme guru. Sebagai guru, harus dapat melakukan observasi, refleksi dan evalusi terhadap dirinya dan kondisi kelas.

Baca Juga: Belajar Bahasa Inggris Dengan Multumedia

Klik Untuk Kunjungi Facebook TK Islam Darunnajah 

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

TK Islam Darunnajah adalah lembaga pendidikan anak usia dini antara usia 3-6 tahun. TK Islam Darunnajah berlokasi di area Pondok Pesantren Darunnajah di Jakarta Selatan. Kami menyelenggarakan pendidikan dalam berbagai aspek pengembangan diantara aspek Bahasa, Kognitif, Motorik, Kreativitas, Sosial emosional dan Moral agama. Kami menyadari bahwa aspek-aspek ini sangatlah penting bagi perkembangan anak usia dini dalam menyiapkan diri menuju tingkat Pendidikan sekolah dasar dan jenjang berikutnya. TK Islam Darunnajah memiliki empat ekstrakurikuler yaitu menari, melukis, futsal dan jarimatika. Kegiatan mingguan di TK Islam Darunnajah meliputi senam pagi, kunjungan ke perpustakaan dan belajar komputer. Kegiatan bulanan yaitu renang dan makan sehat. Serta Kegiatan tahunan yaitu field trip, outbound, manasik haji, peringatan hari besar Islam dan nasional, pentas seni dan wisuda. TK Islam Darunnajah ingin mewujudkan TK yang berbasis Islam, peserta didik dibekali berbagai pengetahuan agama seperti mampu mempraktekan cara berwudhu dan shalat berjama'ah, menghafal doa-doa harian, menghafal surat pendek Al Quran, membaca iqro dengan lancar dan mampu menghafal Asmaul Husna.