Penting untuk diikuti (Jum’at, 12 Oktober 2018), yaitu agenda Fit And Propertest bagi Calon Ketua Organisasi Santri. Agenda ini termasuk rangkaian P3. Apa itu P3? Panitia Pergantian Pengurus. Jadi, di Pesantren 2 Darunnajah terdapat organisasi besar yang wajib dikelola oleh santri. Dari santri, oleh santri dan untuk santri.

Pentingnya Fit And Propertest
Pentingnya Fit And Propertest

OSDC, OSIDC, OSADC dan Koordinator (Organisasi Santri Darunnajah Cipining) inilah nama organisasi yang dimaksud. Ini adalah bentuk nyata pendidikan yang dikelola khusus oleh santri kelas 5 TMI atau setara dengan kelas 2 SMA.

Setiap tahunnya selalu ada pergantian pengurus organisasi. Tujuannya adalah agar sistem kaderisasi terus berjalan dengan baik. “Patah tumbuh hilang berganti. Belum patah sudah tumbuh belum hilang sudah ada gantinya”. Kalimat inilah yang terus ditanamkan di setiap jiwa para santri.

Mengapa agenda Fit and Propertest termasuk agenda penting? Karena dengan adanya tes uji kelayakan ini calon kandidat, bisa lebih memperdalam visi dan misi mereka. Setelah mereka faham, rasa tanggung jawab akan lebih melekat didalam diri mereka masing-masing.

Dari setiap kandidat, akan diberikan pertanyaan yang berbeda-beda, dengan kriteria tertentu. Mereka yang tidak dapat menjawab dan meyakinkan para penguji akan otomatis gugur dibabak penyeleksaian.

Sebanyak 46 kandidat putra dan 46 kandidat putri, mereka yang masuk ke babak Fit and Propertest, juga telah melalui pemilihan dan tes yang sangat ketat sebelumnya.

Pentingnya Fit And Propertest
Pentingnya Fit And Propertest

Penguji dalam agenda Fit and Propertesti adalah para Pengawas Pesantren, Kepala Biro, Kepala Sekolah, Kepala Asrama, Pembimbing utama organisasi, serta para guru pilihan.

Waw… bagaimana perasaan para kandidat yang akan diuji satu-persatu? “Yaallah…perasaan yang bercampur aduk ini membuat ana semakin dag-dig-dug duar!, Lebih baik ujian lisan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dibandingkan harus mengikuti agenda Fit and Propertesti. Tapi, sebisa mungkin ketika didalam ruangan penguji, ana jawab semua pertanyaan yang diajukan dengan jawaban yang maksimal dan memuaskan”. Ungkap Fitri Widyastari, Fera Desniyareta, Zahira dan beberapa kandidat lainnya yang sudah masuk dan belum masuk ruang pengetesan.

Ngeri juga ya, tapi inilah pendidikan, semua didesain dan dibentuk dengan sedemikian rupa. Nah, itulah mengapa setiap santri Darunnajah selalu memiliki keberanian dan tekad yang kuat. Karena pembentukan karakter serta mental, sudah dimulai sejak santri masuk pesantren.

“Siap di pimpin dan siap memimpin”. (WARDAN/Mbafer)

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini